Sponsors Link

13 Manfaat Timun Rebus Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Sebagai salah satu buah yang biasa dijadikan lalapan, mentimun menjadi sangat populer dan banyak dicari. Selain dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang memiliki kolesterol tinggi, mentimun dipercaya memiliki manfaat lain bagi tubuh manusia. Jika biasanya mentimun hanya dikonsumsi secara langsung, ternyata mentimun memiliki khasiat lain jika dikonsumsi setelah direbus.

ads

artikel terkait:

Manfaat timun rebus

Mentimun rebus memang masih sangat jarang didengar karena memang kebanyakan orang mengkonsumsi mentimun dengan dimakan secara langsung. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi mentimun rebus:

  1. Meminimalisir Rasa Haus

Meskipun belum ada penelitian pasti yang menyatakan bahwa manfaat timun rebus dapat mengurangi rasa haus sewaktu puasa, namun ada beberapa orang yang telah membuktikannya. Mengkonsumsi mentimun rebus dengan menambahkan sedikit garam dan lada dapat mengurangi rasa haus di siang hari pada saat menjalankan ibadah puasa. Mentimun yang direbus sebelum dikonsumsi mengandung banyak cairan dan serat, sehingga dengan mengkonsumsinya dapat membuat tubuh selalu fresh. Selain itu, dengan mengkonsumsi mentimun rebus ketika sahur, dapat memuat orang yang berpuasa menjadi tidak merasa lemas pada saat menjalankan puasa.

artikel terkait: manfaat acar timun

  1. Mengatasi Diare Pada Anak

Ketika anak mengalami diare, pasti anak akan menjadi lemas dan tak berdaya karena tubuh mengalami kekurangan cairan yang sangat banyak. Untuk mengatasi kekurangan cairan ini, biasanya anak akan diberi oralit sebagai pengganti cairan dalam tubuh. Namun, tidak banyak anak yang menyukai rasa dari oralit karena rasanya yang memang tidak begitu disukai anak anak. Selain menggunakan oralit untuk mengganti cairan dalam tubuh, mentimun juga dapat berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Cara mengolah mentimun sebagai obat diare yakni sebagai berikut :

  • Siapkan satu buah mentimun yang sudah dicuci bersih
  • Siapkan madu murni secukupnya
  • Rebus mentimun pada air yang telah disiapkan dan rebus hingga mendidih
  • Haluskan mentimun yang sudah direbus, kemudian peras dan saring untuk diambil airnya
  • Tambahkan madu secukupnya pada perasan mentimun rebus
  • Ramuan yang disebut Cucumis sativus ini dapat diminum hingga anak yang menderita diare sudah sembuh

artikel terkait: 45 manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mentimun merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A, B,C, mineral seperti magnesium, kalium, mangan dan silika. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah agar tidak keriput. Namun, ketika mentimun direbus sebelum dikonsumsi, mentimun dapat menjadi obat maag bagi penderita maag baik akut maupun maag ringan. Mentimun rebus memiliki fungsi seperti labu parang yang dapat mengatasi maag dengan bekerja sebagai anti radang. Selain mengatasi maag, mentimun rebus juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain seperti gastritis keasaman dan juga tukak. Racun pada sistem pencernaan juga dapat dihilangkan oleh mentimun rebus karena memiliki kandungan serat. Kandungan enzim erepsin pada mentimun juga dapat membantu pencernaan protein dalam sistem pencernaan.

artikel terkait: manfaat tomat rebus

Sponsors Link

Selain dengan cara direbus, mentimun segar yang belum direbus juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat mentimun segar yakni :

  1. Mengatasi Radang
  2. Mengobati Sengatan Lebah
  3. Mengobati Penyakit Tipes
  4. Menyembuhkan Penyakit Ginjal
  5. Menurunkan Panas yang Disebabkan karena Demam
  6. Sebagai Obat Panu
  7. Mengatasi Tekanan darah Tinggi atau Hipertensi
  8. Melancarkan Buang Air Besar
  9. Mengatasi Jerawat dan bekas Jerawat
  10. Sebagai Penyegar Mulut

artikel terkait:

Dari beberapa manfaat mentimun rebus dan mentimun segar tersebut, yang paling penting untuk mendapatkan hasil yang optimal untuk mengatasi masalah kesehatan yakni dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.  Meskipun mentimun memiliki banyak khasiat, namun tidak secara rutin dalam mengkonsumsinya, hasil yang didapatkan pun tidak maksimal.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 07:57 Oleh :
Kategori : Sayuran