Sponsors Link

6 Manfaat Timun Laut Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Timun laut atau beberapa orang menyebutnya teripang, merupakan salah satu spesies hewan laut yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan. Spesies laut yang banyak ditemukan di samudra hindia dan samudra pasifik barat ini banyak dimanfaatkan sebagai obat,meskipun ada beberapa jenis yang memiliki kandungan racun di dalamnya. Pengobatan menggunakan timun laut sudah dilakukan oleh beberapa raja China bahkan sejak ribuat tahun lalu. Banyak ilmuwan yang melakukan penelitian tentang spesies hewan laut ini dan menemukan kandungan yang ada di dalamnya yang memiliki khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan dan menjaga kecantikan.

ads

artikel terkait:

Kandungan Timun Laut

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ilmuwan, bahkan dari beberapa negara, terdapat beberapa kandungan yang ada didalam timun laut diantaranya :

  • Protein yang mudah diuraikan oleh enzim pepsin
  • Kolagen
  • Kalsium Fosfar
  • Vitamin
  • Mineral
  • Asam Amino
  • Omega 3, 6 dan 9
  • Antiseptik
  • Saponin
  • Lektin
  • Mukopolisakarida, Glukcasaminoglicans

Beberapa kandungan dalam timun laut, memiliki manfaatnya masingmasing dalam mengatasi masalah kesehatan dan merawat kecantikan kulit.

artikel terkait: manfaat acar timun dan wortelmanfaat timun suri

Manfaat Timun Laut untuk Mengatasi Masalah Kesehatan dan Menjaga Kecantikan

Beberapa manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi, atau memanfaatkan timun laut untuk menjaga kesehatan dan kecantikan diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kolagen yang terkandung dalam timun laut mampu menyeimbangkan nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang bersama dengan kalsium. Kandungan kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tulang tanpa adanya peran kolagen, begitupun sebaliknya. Tanpa kolagen, tulang akan sangat padat seperti kaca dan mudah pecah. Sedangkan tanpa kalsium, tulang akan menjadi lunak dan lentur. Itulah mengapa, kalsium dan kolagen dalam tulang perlu takaran yang seimbang agar tulang tetap terjaga kesehatannya.

artikel terkait: manfaat acar timun

  1. Mengatasi Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes melitus atau biasanya menyebutnya dengan kencing manis, merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak disembuhkan. meskipun tidak dapat disembuhkan, penyakit diabetes melitus dapat diatasi dengan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Timun laut dapat melakukan kontrol kadar gula darah dengan merangsang kelenjar pankreas untuk memproduksi insulin. Dengan produksi insulin yang sesuai dengan porsinya, kadar gula darah dalam tubuh dapat dikontrol sehingga masalah diabetes melitus yang dialami dapat diatasi.

artikel terkait: manfaat mentimun

ads
  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Timun laut mampu membentuk jaringan baru dalam waktu yang singkat. Zat dalam timun laut seperti asam arakidonat dapat melakukan regenerasi sel secara cepat, sehingga dapat menyembuhkan luka secara cepat.

artikel terkait: manfaat daun beluntas untuk hipertensi

  1. Mengatasi Maag

Timun laut memiliki kandungan senyawa aktif yang mampu mengatasi penyakit maag. Senyawa aktif dalam timun laut mampu mengatasi luka yang terjadi dalam dinding lambung. Sehingga luka yang terjadi dalam dinding lambung dapat diatasi mencegah terjadinya maag. Selain membantu mengatasi masalah lambung seperti penyakit maag, senyawa aktif dalam timun laut juga dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan.

artikel terkait: manfaat mata berkedip

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Kandungan dalam timun laut seperti glikosida dan filinopsida A memiliki sifat anti kanker dan anti tumor. Pertumbuhan sel kanker dan tumor dapat dicegah dengan kedua zat tersebut. Selain menghambat sel kanker dan tumor untuk tumbuh, kedua zat tersebut juga mampu mematikan sel kanker dan sel tumor dengan menghambatnya untuk berkembang.

artikel terkait: manfaat teh untuk mata

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Masalah pernapasan yang dialami oleh beberapa orang dapat diatasi dengan mengkonsumsi timun laut karena kandungan mukopolisakarida yang ada di dalamnya. Zat ini memiliki sifat anti radang, anti jamur, antibakteri serta antivirus yang biasa mengganggu sistem pernapasan. Dengan adanya mukopolisakarida ini, sistem pernapasan akan terhindar dari beberapa masalah yang mengganggu.

artikel terkait: manfaat tanaman asoka

Salah satu spesies hewan laut ini memang belum familiar untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas, karena memang beberapa diantaranya memiliki kandungan racun yang malah dapat membahayakan bagi kesehatan. Kini sudah diproduksi juga ekstrak dari timun laut ini yang sudah banyak dipasaran. Namun beberapa orang yang mengolahnya sendiri, biasanya mengkonsumsinya dengan cara dikeringkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 02nd, December 2016 / 02:49 Oleh :
Kategori : Makanan