Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Tidur Pakai Kaos Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat tidur pakai kaos kaki bagi kesehatan sangat besar perannya. Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang biasanya dilakukan pada malam hari. Tidur yang baik dan berkualitas tidak semata-mata dilakukan dengan cara memejamkan mata saja. Tidur yang berkualitas juga harus memperhatikan beberapa aspek seperti posisi tidur, alat penunjang yang bisa dipakai saat tidur, maupun konsumsi nutrisi-nutrisi tertentu untuk menghindari gangguan tidur. Salah satu benda yang bisa digunakan untuk menunjang tidur berkualitas adalah dengan menggunakan kaos kaki saat tidur. Kaos kaki lazimnya digunakan sebagai pelapis kulit kaki saat memakai sepatu.

Namun selain sebagai bahan penunjang saat memakai sepatu, kaos kaki ternyata juga memiliki manfaat besar untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. Apalagi jika cuaca sedang dingin, pemakaian kaos kaki dapat menambah kehangatan saat tidur, terutama rasa hangat pada kaki. Akibatnya tidur menjadi lebih nyenyak dan terasa nyaman.

Lalu, apa saja manfaat pemakaian kaos kaki saat tidur? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat pemakaian kaos kaki saat tidur.

1. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Anda sering memiliki gangguan sulit tidur? Mungkin Anda bisa mengatasi gangguan tersebut dengan menggunakan kaos kaki saat tidur. Gangguan tidur sering muncul karena aliran darah pada pembuluh darah tidak lancar, akibatnya tidur menjadi tidak berkualitas. Berdasarkan penelitian, pemakaian kaos kaki ternyata dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar. Perlu diketahui bahwa aliran darah di bagian kaki relatif sedikit. Jika aliran darah di kaki tidak lancar, kaki akan lebih cepat sakit atau tidak nyaman sehingga mempengaruhi tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Jadi pakailah koas kaki saat tidur agar aliran darah di kaki lebih lancar.

2. Menghangatkan Kaki

sponsored links
Dingin merupakan salah satu situasi yang sering menganggu orang-orang ketika mereka hendak tidur. Banyak orang mengeluhkan sulit tidur karena cuaca dingin. Untuk Anda yang sudah memakai selimut namun tetap merasa dingin, maka Anda dapat memakai kaos kaki untuk menghangatkan kaki Anda. Tidur akan menjadi lebih nyenyak dengan menggunakan kaos kaki. Saat cuaca dingin, kondisi hangat pada tubuh, termasuk pada kaki, akan memberikan sensasi nyaman dan menenangkan.

3. Mengatasi Keringat Berlebih pada Kaki

Gangguan tidur salah satunya adalah munculnya keringat yang berlebih pada kaki. Keluarnya keringat secara berlebih tersebut sering disebut dengan hiperhidrosis. Keringat tersebut akan memberikan rasa lengket pada kaki dan memberikan perasaan tidak nyaman ketika tidur. Keringat berlebih pada kaki juga akan menimbulkan bau kaki karena keringat tersebut akan menjadi media bekembangnya bakteri dan kuman. Jika Anda memiliki permasalahan keringat berlebih pada kaki saat tidur, maka Anda bisa mulai menggunakan kaos kaki saat tidur. Kaos kaki akan menyerap keringat berlebih pada kaki sehingga kaki menjadi lebih kering dan masalah bau kaki dapat dihindari.

4. Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri pada Kaki

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan tidur tanpa menggunakan selimut harus waspada terhadap paparan debu yang hinggap pada kaki Anda saat tidur. Debu yang mengandung banyak bakteri dan jamur dapat menimbulkan infeksi pada kaki Anda. Berbagai infeksi yang mungkin timbul seperti kadas, kurap, dan gatal-gatal. Jika Anda jarang menggunakan selimut saat tidur, maka pakailah kaos kaki untuk menutupi kulit kaki Anda. Memakai kaos kaki dapat mengurangi resiko terpaparnya kaki Anda dari bakteri dan jamur yang berasal dari debu.

5. Mencegah Tumit Pecah-pecah

Tumit pecah-pecah bisa jadi menjadi salah satu halangan dalam penampilan yang menarik. Banyak yang mempersalahkan tumit pecah-pecah sebagai sebuah kondisi yang memperburuk penampilan terutama saat memakai sepatu hak tinggi. Pada kondisi tertentu, tumit pecah-pecah yang sangat parah akan menimbulkan rasa sakit dan perih karena tumit menjadi luka. Tumit pecah-pecah tersebut bisa disebabkan salah satunya oleh cuaca dingin atau bisa jadi Anda tidur pada ruangan ber-AC. Kondisi dingin pada ruangan dapat membuat kulit menjadi kering dan berakibat pada tumit yang pecah-pecah. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat memakai kaos kaki saat tidur. Dampak negatif dari cuaca dingin dapat ditanggulangi dengan memakai kaos kaki sehingga kaki tetap terasa hangat, lembut, dan lembab.

6. Menghaluskan dan Melenturkan Kulit Kaki

Untuk Anda yang memiliki permasalahan kulit kaki yang kering dan kasar, Anda dapat memakai kaos kaki saat tidur. Pemakaian kaos kaki saat tidur juga dapat ditunjang dengan pemakaian pelembab kaki sebelum tidur. Sesudah memakai pelembab kaki, Anda bisa memakai kaos kaki. Metode tersebut dapat menjaga kesehatan kulit kaki sehingga menjadi halus dan lentur. Pemakaian pelembab dan kaos kaki juga dapat mengatasi masalah bau pada kaki.

Artikel tentang tidur lainnya

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan kaos kaki saat tidur. Selain menghangatkan, memakai kaos kaki ternyata juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan juga menjaga kesehatan kaki Anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Wednesday 27th, January 2016 / 07:55 Oleh :
Kategori : Kebiasaan