Sponsors Link

21 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Advertisement

Seluruh makhluk hidup pasti akan melewati keadaan tidur dan keadaan sadar sepanjang harinya. Keduanya adalah hal yang bertolak belakang. Sebagian filusuf mengatakan bahwa, orang yang tidur berbeda dengan orang sadar, sebab orang yang sedang tidur itu berhubungan dengan alam semesta, sedangkan orang yang sadar hanya berhubungan dengan dunia semata. Orang yang tidur terlihat seperti orang mati, hanya saja jantungnya masih berdenyut, dadanya masih bernafas, dan dalam tidurnya manusia terus mengalami perubahan sikap badan dari satu posisi satu ke posisi yang lainnya. Selain itu orang yang sedang tidur tidak bisa merasakan peristiwa di sekitarnya, tidak bisa merasakan waktu yang ia lalui.

Pada dasarnya tidur merupakan aktivitas yang bersifat fitrah dan alami yang dialami oleh setiap makhluk. Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Tapi di sisi lain tidur merupakan indikasi kelemahan kita, karena manusia masih membutuhkan istirahat untuk melanjutkan aktivitasnya di waktu berikutnya, lain halnya dengan Allah yang tidak butuh tidur dan yang lainnya. Karena Allah maha segala-galanya. Namun di balik itu semua tidur memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Sebelum kita membahas tentang manfaat dari tidur, alangkah baiknya kita tahu mengapa kita bisa tidur, apa faktor-faktor yang menyebabkan kita tidur.

Faktor-Faktor Penyebab Tidur

  • Penyakit

Sakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tidur seseorang. Ada bebrapa penyakit yang membuat kita memerlukan waktu lebih banyak, contohnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi limfa, penyakit ini membuat kita tidur lebih lama dengan tujuan mengurangi keletihan yang kita rasakan. Ada juga penyakit yang membuat kita sulit tidur bahakan tidak bisa tidur, contohnya adalah vertigo. Penyakit ini membuat kepala kita pusing berat dan biasanya diselingi dengan muntah, hal ini akan membuat kita sulit untuk tidur.

  • Aktivitas

Aktivitas kita sehari-hari memberikan efek lelah dan letih bagi tubuh kita. setelah beraktifitas seharian kita pasti butuh istirahat yaitu dengan tidur. Semakin berat aktivitas yang kita lakukan, maka semakin banyak pula waktu yang kita perlukan untuk tidur.

  • Kondisi Psikis

Kondisi psikis yang dialami seseorang akan memberi pengaruh pada tidur kita. ketika kondisi psikis kita kacaua atau banyak fikiran dan tekanan, maka kita akan sulit tidur bahkan tidak bisa tidur. Dan sebaliknya ketika kondisi psikis kita nyaman tidak ada maslah maka tidur kita akan nyenyak dan berkualitas.

  • Obat-obatan

Kita sering mendengar efek samping yang ditimbulkan dari obat adalah ngantuk. Memang benar ada beberapa obat yang memiliki kandungan zat kimia yang membuat anda terasa ngantuk dan lebih cepat untuk tidur. Di sisi lain juga ada obat yang membuat anda sulit tidur bahkan tidak bisa tiudr seperti obat-obtan yang mengandung kafein.

  • Nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu komponen penting bagi tubuh kita. bukan hanya itu pasokan nutrisi dalam tubuh bisa mempengarhi tidur kita. terpenuhinya kebutuhan nutrisi dapat mempercepat proses tidur. Contohnya adalah protein, protein yang tinggi dapat mempercepat proses tidur, karena dalam protein terkandung trytophan. Begitu juga sebaliknya ketika seseorang kekurangan gizi, ia akan sulit untuk tidur.

  • Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi tidur kita. apabila kita berada di lingkungan yang tenang dan nyaman maka tidur kita akan nyenyak, sebaliknya jika kita berada di lingkungan kumuh dan berisik, pasti kita akan sulit untuk tidur mungkin juga kita tidak akan bisa tidur.

  • Motivasi

Berbeda dengan lingkungan, motivasi merupakan faktor dari dalam. Motivasi ini sangat penting, karena tidur atau tidaknya seseorang ditentukan oleh dorongan atau keinginannya. Selelah apapun orang itu tidak akan bisa tidur, jika mereka tidak ingin tidur dan sebaliknya jika mereka ingin tidur pasti akan langsung tidur.

  • Umur

Umur merupakan salah satu faktor yang menentukan tidur seseorang. Ketika masih bayi kita pasti banyak tidur, namun ketika muda kita sering begadang, dan ketika tua kita juga sering tidur karena butuh waktu untuk istirahat yang banyak.

Itulah bebrapa faktor yang menyebabkan kita tidur. Selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat dari tidur.

Manfaat Tidur yang Cukup

Tidur merupakan hal yang wajib dalam hidup kita, karena dengan tidurlah kita akan melepaskan semua benak yang ada di fikiran serta istirahat setelah beraktifitas. Perlu anda ketahui tidur yang baik itu memiliki porsi cukup, tidak lebih dan tidak kurang. Tidur yang cukup dalam sehari adalah 6-7 jam. Namun kebutuhan tidru juga harus disesuaikan oleh umur orang tersebut. Porsi tidur untuk anak usia 0-2 bulan adalah 10.5-18 jam per hari. Hal ini disebabkan karena dalam usia ini, anak masih tidak memiliki kegiatan, mereka hanya tidur dan makan, sehingga ketika dia tidak makan, biasanya nangis atau tidur. Periode tidurnya siang dan malam, tidurnya bersifat aktif, seperti senyum, menghisap jempol dan lainnya. Sedangkan untuk anak usia 2-12 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14-15 jam per hari, di fase ini anak sudah memiliki aktivitas seperti bermain, belajar berjalan dan lainnya, sehingga pola tidur lebih terlihat sistematis daripada sebelumnya.

Untuk anak usia 1-3 tahun waktu tidur yang diperlukan adalah 12-14 jam per hari. Fase ini merupakan masa peralihan dimana, kegiatan sehari-hari lebih banyak dari sebelumnya, keaktifan untuk bermain semakin besar. Selanjutnya untuk anak usia 3-5 tahun waktu tidur yang diperlukan 11-13 jam per hari. Pada usia ini biasanya tidur siang tidak begitu ditemui karena mereka lebih suka aktif daripada tidur. Dan untuk anak usia 5-12 waktu tidur yang dibutuhkan adalah 10-11 jam per hari. Pada fase ini waktu tidur memang berkurang, karena aktivitas sudah semakin padat, serta adanya pengaruh dari TV, Internet, game dan lainnya.

Untuk usia 12-18 tahun waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-9 jam, waktu tidur semakin berkurang, karena masa remaja ini sudah di hadapkan pada masalah-masalah dalam kehidupannya seperti tugas dan lain sebagainya. Untuk orang dewasa biasanya waktu tidur yang dibutuhkan hanya 6-7 jam saja. Karena mereka sudah dibebankan dengan pekerjaan. Waktu tidur ini tidak boleh dianggap remeh karena jika waktu tidur anda kurang, hal ini akan menyebabkan gangguan pada kesehatan anda. Namun apabila anda tidur dengan waktu yang cukup, maka banyak manfaat akan anda dapatkan, diantaranya :

1. Meningkatkan Kapasitas Memori

Perlu anda ketahui saat tidur anda mengalami proses konsolidasi yaitu mempraktekkan yang telah kita pelajarai. Di samping itu denagn tidur yang cukup otak kita akan lebih efektif untuk mengingat apa yang telah kita pelajari, sehingga daya ingat otak kita akan menjadi baik. Dan yang paling penting ketika anda tidak beristirahat, otak anda tidak akan bisa refresh sehingga hasil yang anda dapat tidak memuaskan, dengan kata lain apapun yang kita lakukan akan menjadi lebih baik jika kita kerjakan setelah tidur.

2. Memperpanjang Hidup Kita Di Dunia

Memang umur kita sudah ditentukan oleh yang Maha Kuasa, namun kita masih bisa menjaganya dan paling tidak menghindari kematian lebih dini. Karena dengan tidur yang cukup organisasi dalam tubuh kita kan berjalan lancar tanpa gangguan, selain itu kita juga terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini juga didukung dekngan adanya penelitian, yang mengungkap bahwa angka kematian orang yang tidur kurang dari 5 jam per harinya lebih besar daripada orang yang waktu tidurnya cukup antara 6-8 jam per hari.

3. Membuat kualitas Hidup Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri lagi orang yang tidurnya berkualitas dan cukup memiliki hidup yang baik dan terkonsep, mereka tidak pernah kualahan dan tidak pernah terlihat stress. Apapun yang mereka kerjakan dan lakukan berkualitas dan enak di lihat. Berbeda dengan orang yang sering begadang atau kurang tidur, maka hidup mereka tidak akan berkualitas, sulit mencapai tujuan dan selalu mendapat tekanan dari dalam maupun luar.

4. Mencegah Peradangan

Peradangan adalah kondisi yang terkait dengan penyakit-penyakit kronis, seperti jantung, stroke, diabetes dan penuaan lebih dini. Sebuah penelitian membuktikan bahwa di dalam tubuh orang yang kurang tidur memiliki kandungan protein inflamasi tinggi dari pada orang yang tidurnya cukup.

5. Meningkatkan Kreatifitas

Kreatifitas kita muncul ketika dalam otak kita tidak ada fikiran negatif atau tekanan dari manapun, dengan tidur kita membantu otak kita untuk merefresh ulang serta menghilangkan tekanan-tekanan yang ada dalam hidup kita. sehingga apabila kita cukup dalam tidur kreatifitas kita akn terus bertambah, kita akan menemukan inovasi-inovasi baru dalam hidup anda.

6. Unggul Dalam Bidang Olahraga

Tidur adalah salah satu cara para atlet untuk beristirahat dan memperoleh peningkatan kinerja. Hal ini telah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan tidur para atlet akan menjadi lebih baik, stamina mereka kuat, rasa lelah jarang terasa, meningkatkan kelincahan dan kecepatan. Dengan tidur yang cukup dan latihan yang bagus tidak menutup kemungkinan, seorang atlet akan mendapatkan juara.

7. Meningkatkan Prestasi Akademik

Kita tahu sendiri begadang itu tidak baik terutama bagi para pelajar, begadang akan membuat mereka ngantuk saat esok hari dan sulit untuk menangkap materi pelajaran dikarenakan kurang konsentrasi dan kurang fokus. Berbeda dengan anak yang tidurnya terpenuhi atau berkualitas mereka memiliki kondisi tubuh yang fresh, otak mereka mampu bekerja maksimal sehingga materi pelajaran akan mudah diserap dan difahami. Jadi bila ingin berprestasi di sekolah tidur kita harus cukup dan berkualitas.

8. Mencegah Hiperaktif Pada Anak

Jika memakai logika hal ini benar, karena anak yang kurang tidur pasti waktunya di habiskan untuk bermain dan beraktifitas lain. Jika anak terbiasa tidak tidur ditakutkan anak akan menjadi hiperaktif dan mengundang permasalahan dalam hidupnya.

8. Memiliki Berat Badan Yang Proposional

Perlu diluruskan tidak selamanya tidur itu membuat gemuk, sebenarnya dengan tidur yang cukup hal itu akan membuat berat badan kita pas, tidak gemuk dan tidak kurang. Bagi yang ingin diet diharapkan untuk menata waktu istirahatnya, jangan sampai sering begadang atau kurang tidur, karena ketika kita tidak tidur meskipun dalam keadaan mengantuk kita akan meningkatkan hormon-hormon tertentu dalam darah dan menyebabkan lapar. Sehingga ketika kita begadang dan menuruti keinginan kita untuk makan, maka diet anda tidak akan berhasil.

7. Mengurangi Stress

Kebanyakan orang stress disebabkan oleh tekanan dan kurangnya istirahat. Dengan tidur, kita akan mengistirahatkan semua organ tubuh kita sehingga akan segar kembali, beban dan tekanan akan hilang dengan sendirinya ketika kita tidur dan beristirahat yang cukup.

8. Menghindari Kecelakaan

Sebagian besar kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh ngantuk, sangat berbahaya ketika dalam kondisi ngantuk kita berkendari, karena organ-organ tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal, contohnya penglihatan kabur, pendengaran kurang sempurna sehingga besar resiko untuk terjadinya kecelakaan. Disarankan kepada anda yang kerja dengan berkendara, kuliah atau apapun sebaiknya anda menjaga tidur anda, jangan sampai kurang tidur karena akan memberi dampak negatif bagi kita dalam kehidupan sehari-hari.

9. Terjalin Interaksi Yang Baik Dengan Sekitar

Orang yang tidurnya cukup mampu berinteraksi dengan baik, karena mereka mampu memberi memberi solusi, bisa menjadi pendegar yang baik, fokus dan konsentrasi saat diajak berbicara, sehingga orang lain senang dan nyaman ketika berbicara dengan orang tersebut.

Inilah beberapa alasan yang mewajibkan kita untuk tidur yang cukup. Karena hal ini akan memberi dampak baik untuk hidup kita, seperti, stamina, fisik dan lain sebagainya. Ingat dalam hidup kita harus tetap terjadi suatu keseimbangan. Tidak boleh berlebihan atau kekurangan, namun cukup dan sesuai.

Manfaat Tidur dengan Posisi yang Benar

Ada 3 posisi tidur yang sering kita jumpai yaitu tidur telentang, tengkurap dan miring. Ketika kita memilih posisi miring usahakan jangan miring ke kiri, karena hal ini akan membebani jantung kita. Dalam posisi ini jantung akan mengalami kelelahan karena harus memompa darah lebih berat dan dalam waktu yang lama. Posisi yang baik ketika miring adalah ke arah kanan, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, posisi miring ke kanan karena dengan posisi ini, makanan akan tetap berada pada posisi yang bagus di dalam usus.

Sedangkan ketika kita nyaman dengan posisi terlentang, usahakan tetap konsiten karena posisi ini dapat memudahkan kepala, leher dan tulang belakang kita dalam posisi yang enak. Hal ini akan mampu mencegah gangguan sakit pada leher, dan punggung, mencegah keriput dan menjaga bentuk payudara yang indah.

Posisi terakhir adalah tengkurap, memang posisi ini tidak banyak yang melakukan karena dapat menimbulkan bahaya kesehatan bagi kita. Posisi ini membuat perut kita di bawah, sehingga dapat memberikan tekanan pada sendi dan juga otot yang akan menyebabkan nyeri dan kesemutan. Namun bagi yang terbiasa mendengkur posisi ini baik untuk anda, karena saluran udara di atas dapat terbuka lebih lebar.

Namun dari semua posisi itu, yang paling baik dan dianjurkan adalah miring ke arah kanan. Karena banyak manfaat yang diperoleh darinya, antara lain :

1. Memberikan Waktu Istirahat Untuk Otak Kiri

Pada dasarnya otak manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Keduanya saling menopang ketika salah satu melakukan aktifitas. Manusia dominan menggunakan organ tubuh kanannya untuk melakukan aktifitasnya, seperti makan menggunakan tangan kanan, menulis dengan tangan kanan, menendang bola dengan kaki kanan dan sebagianya. Pastinya otak kiri memerlukan tenaga lebih untuk menopang kegiatan anggota tubuh kanan, dengan tidur miring ke arah kanan, sama saja kita mengistirahatkan otak kiri kita yang seharian kita gunakan untuk beraktifitas. Apabila kita tidak mengistirahatkan otak kiri kita, maka akan timbul penyakit yang menganggu kesehatan kita. Penyakit tersebut antara lain, stroke, penyempitan pembuluh darah dan lain sebagainya.

2. Mengurangi Beban Jantung

Posisi tidur ini akan membuat cairan darah terdistribusi merata dan cenderung mengumpul di sebelah kanan (bawah). Hal ini akan menjadikan aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah sehingga jantung bisa istirahat.

3. Mengistirahatkan Lambung

Lambung terletak di bagian kiri bawah tubuh kita, lambung membutuhkan ruang untuk pengeluaran zat sisa hasil pencernaan. Untuk hal ini maka posisi tidur miring ke kanan membantu proses pengosongan lambung.

4. Memberi Waktu Lebih untuk Penyerapan Zat Gizi

Ketika tidur kinerja usus kita meningkat. Dengan posisi miring ke kanan, perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama. Hal ini sangat menguntungkan untuk penyerapan zat gizi.

5. Merangsang Buang Air Besar

Dengan posisi miring ke arah kanan, membuat usus besar cepat terisi oleh zat-zat makanan yang siap di bunag, hal ini akan merangsang usus besar untuk bergerak dan diikiuti oleh gerak relaksasi dari anus, sehingga mudah buang air besar.

6. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Kita lebih sering menggunakan kaki kanan untuk bergerak, sehingga kaki kiri kita terbebani dengan bertindak sebagai penopang. Dapat kita bayangkan bila tidur kita miring ke kiri, maka aliran darah tertekan dan kaki kiri semakin tertekan. Dari sinilah kita dianjurkan untuk miring ke arah kanan. Dengan begitu pengosongan vena kaki kiri lebih cepat dan rasa pegal akan lebih cepat hilang.

Manfaat Tidur dengan Keadaan Gelap

Kadang kala kita sering meremehkan hal yang kecil, seperti tidur dalam keadaan gelap. Banyak alasan yang kita sampaikan ketika disuruh tidur dalam keadaan gelap. Kita sering beralasan takut, takut tidak bisa bernafas, sumpek dan lainnya. Namun anda salah sebenarnya tidur yang benar adalah dalam keadaan gelap. Mengapa bisa seperti itu ? mari kita bahas bersama manfaat di balik keadaan gelap saat tidur

sponsored links

1. Membuat Tubuh Lebih Cepat dan Mudah untuk Tidur

Keadaan gelap akan mempermudah kita untuk tidur, karena mata kita tidak terganggu oleh hal lain, sehingga fikiran kita hanya terfokus untuk menutup mata kita. Lain halnya ketika dalam keadaan terang, kita sulit untuk tertidur karena mata kita masih terganggu dengan adanya cahaya.

2. Baik Untuk Produksi Hormon Melatonin

Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai pengusir penyakit dari tubuh kita. dengan keadaan gelap organ tubuh dalam kita terangsang untuk memproduksi hormon melatonin. Sehingga ketika kita rutin tidur dengan keadaan gelap otomatis kita akan terhindar dari penyakit.

3. Menstabilkan Emosi

Kita memiliki emosi yang labil, kadang marah kadang diam. Untuk mengontrol emosi kita supaya tidak berakibat buruk kita bisa melakukan hal yang simple dan mudah yaitu tidur tanpa lampu. Dengan hal ini kita akan terbiasa tenang sehingga emosi kita akan stabil jika teratur tidur dalam keadaan gelap.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Dalam keadaan gelap otomatis otak kita akan memiliki waktu lebih banyak untuk istirahat, dengan begini otak akan mampu bekerja maksimal ketika kita gunakan di esok harinya.

5. Mengurangi Obesitas

Mungkin kita sulit percaya dengan tidur dalam keadaan gelap dapat mengurangi obesitas. Perlu anda ketahui ketika gelap semua organ tubuh kita istirahat, hal ini memudahkan organ dalam kita terutama organ pencernaan kita. Dengan istirahatnya organ luar kita, maka organ pencernaan kita bebas bekerja sehingga pencernaan tidak terganggu dan kita tidak akan gemuk.

6. Mengurangi Depresi

Dengan kegelapan saat tidur kita terbiasa untuk menghadapi tantangan, kita bisa menjadi lebih berani. Dan hal ini akan terbawa saat kita beraktivitas.

Inilah beberapa manfaat tidur untuk kesehatan yang membuat aktivitas ini sangat diperlukan bagi tubuh kita. Mungkin kita bisa menambahkan tidur dalam kebutuhan pokok kita selain sandang,pangan dan papan. Namun perlu diingat, semua yang kita lakukan harus seimbang dan memiliki proporsi yang cukup untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, February 2016 / 04:34 Oleh :
Kategori : Kebiasaan