22 Manfaat Tidak Menggunakan Bra Setiap Hari untuk Tubuh

Di Indonesia khususnya masyarakat modern, bra menjadi salah satu pakaian yang wajib dikenakan oleh wanita dewasa. Bahkan banyak produsen bra yang melakukan berbagai inovasi agar bra miliknya dapat digunakan dalam berbagai acara. Oleh karena itu, mereka menginovasi bentuk-bentuk bra agar dapat digunakan baik untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk olahraga. Penggunaan bra dipercaya dapat membuat tingkat kekencangan payudara menjadi lebih awet sehingga para wanita pun selalu mengenakannya bahkan saat mereka tidur. Namun, ada baiknya jika pada saat anda tidur anda lepas pakaian satu ini. Mengapa? Karena melepas bra saat tidur memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Mungkin pada awalnya anda akan merasa risih, namun jika sudah terbiasa maka melepas bra saat tidur bukan menjadi masalah lagi bagi anda. Kemudian apa saja manfaat tidak menggunakan bra? Berikut pemaparannya:

1.Melancarkan Peredaran Darah – Jika anda mengenakan bra seharian penuh maka sirkulasi darah di sekitar payudara anda akan terganggu. Mengapa? Hal ini tidak terlepas dari penggunaan bra yang mana talinya melingkari dan menekan tubuh anda. Tekanan seperti ini dapat mengganggu sirkulasi darah karena menghambat darah untuk mengalir. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda melepas bra ini ketika anda tidur sehingga dapat melancarkan peredaran darah anda utamanya di sekitar payudara.

Baca juga:

2.Mencegah Sesak Nafas – Bra yang terus mengikat dada seharian dapat menyebabkan sesak nafas. Dengan demikian, lepaslah bra anda ketika tidur agar dada anda tidak terjepit sehingga anda dapat bernafas dengan lebih lancar.

3.Menurunkan Rasa Gelisah – Ketika anda gelisah tentunya hati anda berdebar dan merasakan rasa yang tidak nyaman. Untuk mengurangi rasa gelisah seperti ini anda dapat mengurangi tekanan pada dada anda salah satunya melepas ikatan tali bra.

4.Menghindari Nyeri Punggung – Tali bra yang ketat dapat membuat anda mengalami nyeri pada punggung. Hal ini terjadi karena punggung mendapatkan tekanan secara terus-menerus. Untuk meringankan rasa nyueri seperti ini anda dapat melepaskan bra anda ketika malam hari menjelang tidur.

5.Menghindari Rasa Gatal di Sekitar Payudara – Kulit yang terus terikat akan cenderung menimbulkan gatal, apalagi jika ikatan tersebut tak kunjung dilepas-lepas. Hal ini juga berlaku jika anda menggunakan bra dengan waktu yang relatif lama. Dengan demikian, melepas bra saat tidur dapat menghindari gatal di sekitar payudara.

Baca juga:

6.Menghindari Bau Badan – Manusia senantiasa mengeluarkan keringat setiap harinya baik wanita maupun pria termasuk pada saat tidur. Jika ketika anda tidur, anda tetap mengenakan bra maka di sekitar bra anda akan muncul keringat lebih banyak keringat daripada di baju anda. Hal ini tidak terlepas dari tali bra yang menempel dengan ketat pada tubuh. Keringat ini, dapat menyebabkan bau tidak sedap. Untuk menghindarinya, sebaiknya anda tidak perlu mengenakan bra untuk menghindari bau badan yang tidak sedap. (Baca juga : Manfaat Daun Beluntas Untuk Bau Badan)


7.Menghindari Iritasi Kulit – Penggunaan bra yang terlalu lama tidak hanya menimbulkan rasa gatal tetapi juga dapat menimbulkan iritasi kulit. Dengan melepaskan bra saat tidur memungkinkan anda untuk menghindari iritasi kulit akibat penggunaan bra.

8.Menimbulkan Rasa Nyaman – Apa yang anda rasakan ketika anda melakukan sesuatu secara terus-menerus tanpa berhenti? Pastinya stress akan mengikuti anda. Tidak hanya anda saja yang dapat merasakan rasa stress ini, kulit, payudara maupun dada anda pun akan merasa stress jika diikat secara terus menerus dengan bra. Untuk menghilangkan rasa stress ini sebaiknya beri waktu kepada kulit, payudara, dan dada anda untuk terhindar dari jeratan bra. Anda bisa melakukannya ketika anda tidur sehingga membuat tubuh anda merasa lebih nyaman.

Baca juga:

9.Mencegah Insomnia – Seseorang yang kesulitasn tidur walaupun sudah waktunya jam tidur adalah mereka-mereka yang menderita insomnia. Insomnia ini banyak terjadi pada seseorang yang profesinya atau kegiatan sehari-harinya menuntut untuk lembur sampai malam. Karena kebiasaan tidur larut malam inilah insomnia dapat menyerang seseorang. Salah satu menghindari insomnia ini anda dapat membuat mengkondisikan tidur anda senyaman mungkin, salah satunya dengan tidak menggunakan bra.

10.Meningkatkan Kualitas Tidur – Rasa nyaman ketika tidur dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Untuk mendapatkan rasa nyaman tersebut, anda dapat melepaskan bra anda ketika tidur. Dengan demikian, secara tidak langsung tidak menggunakan bra saat tidur dapat meningkatkan kulaitas tidur anda.

11.Mengurangi Stress – Rutinitas dan aktivitas sehari-hari yang padat dapat meningkatkan stress. Untuk mengurangi stress ini anda perlu meninggalkan semua pikiran anda tentang pekerjaan ketika anda berada di rumah. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah membuat tubuh anda senyaman mungkin ketika di rumah. Adapun salah satu cara untuk mendapatkan kenyamanan ini adalah dengan melepaskan bra anda. Dengan kata lain, tidak mnggunakan bra juga sangat membantu anda dalam mengurangi stress.

Baca juga :

12.Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat – Saat tubuh mendapatkan kualitas tidur yang baik maka konsentrasi dan daya ingat pun juga meningkat. Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur seperti ini adalah tidak mengenakan bra ketika anda istirahat tidur. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa secara tidak langsung melepas bra ini dapat membantu anda meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

13.Meningkatkan Kebugaran Tubuh – Jika kualitas tidur anda meningkat maka tubuh anda akan lebih siap untuk melaksanakan rutinitas sehari-hari karena merasa lebih bugar. Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan melepaskan bra sehingga dapat dikatakan bahwa melepas bra juga membantu anda untuk meningkatkan kebugaran tubuh. (Baca juga: Mengatasi Lelah)

14.Mempercepat Sembuh dari Sakit – Salah satu saran yang diberikan dokter ketika anda sedang sakit pastinya adalah minum obat dengan teratur dan istirahat yang cukup. Ya, dengan istirahat yang cukup maka kondisi tubuh dapat membaik dengan lebih cepat. Namun, istirahat yang dimaksud disini bukan sekedar istirahat, tetapi istirahat yang berkualitas yaitu tidur. Karena tidak menggunakan bra saat tidur dapat meningkatkan kualitas tidur anda maka secara tidak langsung juga turut membantu tubuh anda untuk segera sembuh dari sakit. (Baca juga: Sistem Kekebalan Tubuh)

Baca juga:

15.Memaksimalkan Regenerasi Sel-Sel Tubuh – Malam hari merupakan waktu bagi tubuh anda untuk meregenerasi sel-selnya secara otomatis. Regenerasi ini biasanya dimulai pada pukul 11 malam pada saat anda tidur dalam keadaan nyenyak. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah melepas bra ketika tidur sehingga tindakan ini dapat dikatakan membantu anda untuk memaksimalkan regenerasi sel-sel tubuh anda.

16.Menurunkan Tekanan Darah – Tidur yang nyenyak dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Melepas bra saat tidur dapat meningkatkan kualitas tidur anda sehingga secara tidak langsung juga membantu menurunkan tekanan darah.

17.Mencegah Edema – Penggunaan bra yang terlalu ketat dengan waktu yang relatif lama dapat menyebabkan edema. Apa itu edema? Edema atau ordema merupakan suatu istilah yang digunakan di dalam medis untuk mengindikasikan pembengkakan yang terjadi akibat terakumulaisanya cairan di dalam jaringan tubuh. Akumulasi cairan seperti ini dapat terjadi pada kelenjar getah bening sehingga menyebabkan benjolan. Untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya anda melepaskan bra anda sesekali waktu terutama saat anda tidur.

Baca juga:


18.Mencegah Kanker Payudara – Anda sering mendengar bahwa menggunakan bra saat tidur dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Meskipun belum terbukti secara medis, tidak ada salahnya jika anda juga melepaskan bra anda saat tidur. Jika anda tidak mendapatkan manfaat pencegahan kanker payudara ini, setidaknya anda mendapatkan manfaat yang lainnya dari tidak mengenakan bra saat tidur.

19.Meringankan Gejala PMS – Bagi para wanita menjelang masa menstruasi adalah masa-masa yang menyebalkan. Terkadang jerawat yang muncul, terkadang emosi meledak-ledak, terkadang sariawan juga melanda, badan pegal-pegal, payudara pun ikut merasakan nyeri. Untuk meringankan gejala PMS ini khususnya nyeri pada payudara, anda dapat melepaskan bra anda menjelang tidur.

20.Bentuk Payudara Lebih Ideal – Bentuk payudara yang ideal merupakan impian banyak wanita. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan bentuk yang ideal ini adalah melepaskan bra anda saat tidur. Payudara yang selalu dibungkus dengan bra kemudian ditarik dengan kuat oleh tali bra dapat membuat otot payudara anda tertarik ke atas. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan bentuk pada payudara anda.

Baca juga:

21.Menyenangkan Hati Suami – Bagi anda yang sudah menikah, sudah kewajiban seorang istri untuk membuat hati suami anda selalu senang bahkan ketika tidur. Salah satu cara untuk membuat hatinya senang adalah tidak mengenakan bra ketika tidur.

22.Mencegah Adanya Tanda di Punggung – Bra yang ketat dan digunakan secara terus menerus menimbulkan tanda melingkar di dada dan punggung. Untuk menghindari tanda ini lebih baik kurangi penggunaan bra terutama menjelang tidur.

Demikianlah ulasan beberapa manfaat tidak menggunakan bra. Semoga anda para wanita dapat mengambil manfaat-manfaat tersebut. Selamat berbagi!

, ,
Post Date: Sunday 13th, August 2017 / 09:05 Oleh :
Kategori : Kebiasaan