Sponsors Link

Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan

Sponsors Link

Terumbu karang ternyata tidak hanya berguna bagi biota laut, namun juga berguna bagi kehidupan manusia. Terumbu karang sebenarnya terbentuk melalui akumulasi zat kapur di dalam laut yang semakin mengeras sehingga terbentuklah terumbu karang. Selama ini, terumbu karang dikenal sebagai sumber keindahan dari taman bawah laut yang tentu saja dapat menjadi daya tarik wisata air untuk sebuah kawasan.

Namun lebih dari hal itu, keberadaan terumbu karang memberikan kontribusi bagi kehidupan yang tidak banyak disadari, seperti berikut ini :

1. Tempat Tinggal Untuk Biota Laut

Manfaat Terumbu Karang-Tempat Tinggal Biota Laut

Manfaat Terumbu Karang-Tempat Tinggal Biota Laut

Keberadaan terumbu karang untuk berbagai jenis biota laut ternyata sangatlah vital. Terumbu karang bisa disebut sebagai ujung tombak kehidupan biota laut. Hal tersebut karena terumbu karang inilah yang menjadi kawasan tempat tinggal utama, sekaligus sebagai sarana mencari makan bagi berbagai jenis biota laut. Tak tanggung-tanggung, apabila kehidupan terumbu karang ini rusak, maka kehidupan berbagai biota laut di sekitarnya pun akan berakhir.

 

 

 

 

2. Menjadi Penahan Ombak dan Arus

Manfaat Terumbu Karang-Penahan Ombak

Manfaat Terumbu Karang-Penahan Ombak

Terumbu karang bahkan juga memiliki manfaat untuk para manusia. Selain karena terumbu karang dapat menjadi tempat tinggal untuk berbagai biota laut yang indah, terumbu karang pun dapat menjadi penahan ombak dan arus sehingga kawasan di sekitar pantai tersebut tidak mudah tergerus ombak. Hal tersebut tentu saja sangat vital untuk kehidupan manusia, hanya saja, masih banyak manusia yang belum menyadari mengenai pentingnya menjaga kelangsungan hidup terumbu karang yang ada di kawasan pantai tersebut.

 

sponsored links

Manfaat Menjaga Kelestarian Terumbu Karang

Terumbu karang di Indonesia yang terkenal dengan keindahan biota lautnya misalnya kawasan taman Laut Bunaken. Hal tersebut dapat terjadi karena terumbu karang di daerah tersebut yang masih cukup terjaga dengan baik sehingga dapat menjadi tempat tinggal bagi banyak makhluk laut yang sangat indah. Tak hanya itu saja, di kawasan Raja Ampat pun dikenal memiliki taman laut yang sangat indah. Tak mengherankan, karena kawasan tersebut yang merupakan kawasan konservasi bawah laut sehingga terumbu karangnya masih sangat terjaga keasliannya.

Namun berbeda di wilayah Indonesia lainnya, terumbu karang sudah banyak di rusak serta dimusnahkan hanya untuk kepentingan segelintir orang saja. Kini sudah saatnya para manusia pun menyadari bahwa terumbu karang ini merupakan rumah untuk berbagai biota laut indah yang sudah dengan layak dan sepantasnya untuk dijaga kelestariannya.

  • Penjagaan terhadap keindahan dan juga kelangsungan hidup terumbu karang sangatlah penting dilakukan dalam rangka menjaga pula kelangsungan hidup biota laut yang ada di kawasan tersebut.
  • Menjaga terumbu karang dengan baik, maka kawasan pantai akan terhindar dari terjangan arus ataupun gelombang secara langsung karena terumbu karang yang dapat menjadi penahan alami terhadap terjangan ombak dan juga arus-arus tersebut secara langsung.
  • Tak hanya itu saja, bahkan manusia pun dapat mengambil keuntungan dari adanya terumbu karang yang tetap terjaga kelestariannya. Daerah terumbu karang dapat dijadikan kawasan wisata alam, ataupun sebagai kawasan penyelaman dan penelitian.

Hal-hal tersebut merupakan hal terpenting yang harus diketahui mengenai kegunaan terumbu karang bagi kehidupan. Dengan memahami fungsi  terumbu karang untuk makhluk hidup ini, diharapkan adanya kesadaran untuk menjaga kelestariannya dan dapat terus ditingkatkan dari hari ke hari. Hal ini akan berdampak baik bagi terumbu karang di Indonesia, agar semakin indah untuk dinikmati.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, January 2015 / 06:41 Oleh :
Kategori : Tumbuhan