Sponsors Link

20 Manfaat Terubus Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Terubus merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup unik yang berasal dari bunga tebu. Terubus sendiri memiliki nama lain seperti tiwu endog, trubus, tebu endog, tebu terubuk dan juga Saccharum edule Hasskarl yang masuk ke dalam famili Graminae. Tanaman ini dinamai terubuk karena memang bentuk dari tanaman yang terlihat seperti telur ikan terubuk.  (baca juga: Manfaat Talas untuk Diet  , Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet)

ads

Kandungan Terubus

  • Fosfor
  • Kalsium
  • Air
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin B Kompleks
  • Zat besi
  • Dopamin
  • Serotonin

Artikel terkait:

Batang terubus ini terdiri dari ruas-ruas berwarna coklat agak kemerahan dan memiliki rasa yang manis sehingga nikmat untuk di santap. Terubus dikenal sebagai salah satu masakan tradisional Pulau Jawa yang biasanya dibuat menjadi perkedel, lalapan rebus atau diolah kembali untuk dijadikan sayur lodeh, tumis, sayur bening, sayur asem dan lain sebagainya. Tanaman terubus ini terkenal karena bisa menambahkan stamina sebab mempunyai kandungan kadar gula tinggi, akan tetapi untuk anda yang memiliki diabetes sebaiknya menghindari konsumsi terubus ini. Untuk anda yang masih asing dengan tanaman terubus ini dan ingin mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat terubus untuk kesehatan, langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Terubus sudah terbukti bisa digunakan untuk meningkatkan daya tubuh karena memiliki berbagai kandungan seperti vitamin B kompleks, mineral dan selenium yang sangat ampuh untuk merangsang produksi dari hormon dan juga memperbaiki sistem imun tubuh seseorang.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Penambah Energi

Kadar gula yang tinggi di dalam tanaman terubus ini sangat baik untuk dijadikan sumber energi sehingga fisik bisa semakin berenergi dan juga terbebas dari segala macam penyakit sekaligus membuat hidup anda semakin bergairah.

  1. Mencegah Osteoporosis

Dalam tanaman terubus juga terkandung fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Selain itu, untuk anda penderita osteoporosis dan rakitis juga disarankan mengkonsumsi terubus ini untuk sumber fosfornya sehingga mengurangi resiko patah tulang atau retak saat terjadi benturan kecil.

Artikel terkait:

  1. Meringankan Gejala Depresi

Dalam bunga tebu atau terubus memiliki kandungan berbagai hormon aktif seperti dopamin, adrenalin dan serotonin yang ada pada tanaman terubus ini sangat baik untuk mencegah depresi.

  1. Menyembuhkan Batuk Kering

Batuk kering yang sangat menyiksa penderitanya karena dahak yang sulit untuk dikeluarkan ini akan membuat penderita juga sering merasakan sakit pada dada dan juga sesak nafas. Untuk menyembuhkan batuk kering ini, anda hanya perlu mengkonsumsi tanaman terubus ini dengan cara dibuat sayur atau di rebus menjadi lalapan.

  1. Mencegah Mata Silinder

Salah satu penyakit mata yakni silinder yang tentunya sangat mengganggu juga bisa dicegah dengan secara rutin mengkonsumsi terubus setiap harinya.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Kadar LDL

Dengan mengkonsumsi terubus secara rutin, maka untuk anda yang memiliki kadar LDL tidak stabil bisa kembali normal sehingga terhindar dari berbagai penyakit seperti gangguan pada jantung dan juga obesitas atau kegemukan.

  1. Mencegah Stroke

Terubus juga mengandung kadar lemak jahat yang rendah dan hanya mengandung kadar lemak baik sehingga akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit degeneratif seperti stroke, jantung koroner dan juga kolesterol.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Kebotakan

Kandungan mineral yang sangat banyak seperti zink pada terubus ini juga bisa menutrisi area kulit kepala dan juga rambut sehingga terhindar dari kebotakan dan juga uban pada usia dini.

ads
  1. Melancarkan Peredaran Oksigen Dalam Darah

Zat besi yang ada pada salah satu sayuran ini sudah terbukti sangat baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi terubus secara rutin, maka tumbuh anda akan selalu bugar dan tidak mengalami kekurangan hemoglobin yang berguna untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh lewat darah.

  1. Mencegah Penyakit Maag

Maag yang merupakan salah satu dari gangguan pencernaan ini juga bisa diatasi dengan menggunakan salah satu bahan alami yakni terubus. Konsumsi terubus secara rutin supaya anda terhindar dari penyakit maag.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Migrain

Untuk anda yang sering menderita migrain, jangan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Gunakan terubus ini sebagai menu sehari-hari, tidak hanya rasanya yang nikmat namun tanaman ini juga bisa mengatasi migrain anda secara alami.

  1. Regenerasi Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, terubus juga bermanfaat untuk membuat kulit anda terlihat lebih indah. Kandungan protein nabati yang cukup tinggi pada terubus juga akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan juga meregenerasi sel-sel dalam tubuh khususnya untuk regenerasi kulit.

Artikel terkait:

  1. Menyeimbangkan Asam Basa

Terubus juga tidak hanya mempunyai kandungan protein nabati yang cukup tinggi, namun juga mempunyai kandungan air cukup yang berguna untuk menyeimbangkan asam basa dengan cairan pada tubuh, sehingga akan menjaga stabilitas cairan yang ada pada tubuh anda.

  1. Diet

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi terubus secara rutin juga akan membantu diet anda supaya berjalan dengan baik. Kandungan protein pada terubus akan membuat menu diet anda bisa bertambah sehat.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Karena terubus mengandung fosfor yang cukup, maka dengan mengkonsumsi terubus secara rutin akan membuat fungsi dari otak semakin meningkat sehingga sangat baik untuk di konsumsi oleh anak-anak

  1. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Fosfor yang ada pada terubus sangat penting untuk menjaga ginjal agar selalu dalam keadaan sehat. Fosfor ini nantinya berguna untuk membuang racun pada ginjal lewat ekskresi dan buang air kecil. Dengan kemampuan ginjal yang baik maka kadar garam, lemak dan zat berlebih di dalam tubuh bisa dibuang.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Wasir

Wasir adalah salah satu penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar dubur sehingga buang air tidak lancar dan saat mengejan kuat maka timbul peradangan pada dubur. Kandungan serat tinggi pada terubus ini sangat baik untuk anda penderita wasir sehingga usus bisa bekerja dengan optimal dan buang air besar menjadi lebih lancar.

  1. Mengatasi Susah Nafsu Makan

Untuk anak-anak yang kurang nafsu makan, anda bisa mengolah terubus menjadi berbagai makanan lezat seperti perkedel, di goreng atau dijadikan lauk pauk tambahan. Kandungan serotonin yang ada pada terubus akan membuat nafsu makan anak bisa semakin bertambah.

Artikel Terkait:

 

  1. Menambah Tingkat Konsentrasi

Kandungan serotonin yang ada pada terubus ini juga sangat bermanfaat untuk anda para pekerja dan juga anak-anak, sebab serotonin juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan juga fokus yang sangat dibutuhkan saat bekerja dan juga belajar pada anak-anak.

Cukup sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat dari terubus untuk kesehatan tubuh untuk dewasa dan anak-anak. Semua manfaat yang sudah kami sebutkan diatas bisa anda dapatkan dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi sayuran terubus secara rutin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 07:32 Oleh :
Kategori : Sayuran