9 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

Terong, siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini? Sayuran yang familiar di berbagai kalangan masyarakat. Sayuran yang dengan mudah ditemui dimana saja, baik di pedagang sayur keliling, hingga ke swalayan maupun supermarket. Terong atau Solanum melongena merupakan tumbuhan penghasil buah yang kemudian dijadikan sayuran. Terong ini berasal dari negara India dan juga Sri Lanka. Terong ini merupakan kerabat dekat dari Leunca dan juga Kentang. Namun terong juga merupakan kerabat yang agak jauh dari tomat. Terong ini lebih sering dianggap sebagai sayuran daripada buah- buahan, meskipun bagi orang- orang terkadang bingung mengklasifikasikan terong ke dalam golongan buah atau sayur.

Kandungan Terong Ungu

Terong ungu ini banyak dimanfaatkan oleh orang- orang di Indonesia sebagai sayuran yang dapat diolah menjadi hidangan yang sangat lezat. Banyak rumah makan atau warung di Indonesia yang menyajikan terong  ungu sebagai salah satu menunya. Terong ungu biasanya diolah menjadi terong balado, terong krispi, hingga terong penyet. Namun, sebenarnya manfaat apakah yang bisa kita dapat dari terong ungu ini? Mengkonsumsi terong ungu dengan intensitas sering apakah dapat menimbulkan efek samping tertentu? Setidaknya ada berbagai zat yang terkandung di dalam terong ungu, yaitu :

  • Vitamin, terong mengandung banyak vitamin. Setidaknya ada enam vitamin yang terkandung di dalam terong yaitu manfaat vitamin A, manfaat vitamin B Kompleks, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, manfaat vitamin D dan manfaat vitamin K.
  • Zat besi
  • Antosianin
  • Ellagic Acid. Ellagic Acid ini merupakan salah satu komponen fenolik yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah rusaknya gen, serta mencegah menggumpalnya darah.
  • Phycocyanian. Phycocyanian dalam terong ini merupakan protein kompleks yang berperan sebagai pembentuk sel darah merah dan juga putih, menstimulasi kerja sel batang yang terdapat dalam sumsum tulang belakang, menyembuhkan pendarahan, serta melawan radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan

Dilihat dari kandungannya yang begitu banyak, maka sudah pasti terong ungu ini mempunyai manfaat bagi tubuh. Manfaat terong bagi tubuh adalah :

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antosianin ini merupakan senyawa flavonoid yang mempunyai fungsi melindungi sel dari sinar UV, dan juga sebagi obat untuk penyakit kanker dan juga jantung.

2. Mencegah kanker

Kandungan antosianin ini juga berperan mengobati kanker dan kandungan Phycocyaniannya dapat mencegah serta melawan sel kanker.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan manfaat serat yang cukup banyak pada terong akan membantu memperlancar sistem pencernaan.

4. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Terong dikenal mengandung sedikit nikotin, sehingga dapat mencegah kebiasaan merokok bagi Anda.

5. Untuk diet

Manfaat terong ungu ini mempunyai peran yang sangat membantu bagi yang ingin melakukan diet. karena terong ungu ini dapat mencegah timbulnya lemak- lemak yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

6, Anti bakteri

Kandungan vitamin C pada terong berfungsi sebagai anti bakteri.

7. Mencegah anemia

Salah satu zat yang terkandung di dalam terong adalah zat besi. Manfaat zat besi ini berfungsi mencegah anemia.

8. Melembabkan kulit kepala

Vitamin yang terkandung dalam terong ini baik untuk melembabkan kulit kepala

9. Mengontrol gula darah

Terong ini memiliki kandungan serat tinggi dan rendah karbohidrat larut, sehingga dapat mengontrol gula darah karena penyerapan glukosa dengan baik.

10. Menggairahkan sex pria

Efek afrodisiak pada manfaat terong ungu ini dapat menggairahkan sex pria.

Karakteristik dan Jenis Tanaman Terong

Terong merupakan sayuran yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini memiliki ciri- ciri agak berbulu (hampir seperti tanaman tomat). Pohon terong dapat tumbuh tinggi hingga sekitar 40- 150 cm atau 15 sampai dengan 57 inchi. Daun terong besar dengan tekstur yang agak kasar. Pohon terong ini juga kadang berbulu. Ukuran daun terong bisa mencapai panjang 10- 20 cm atau 4- 8 inchi, dan lebar 5- 10 cm atau 2- 4 inchi. Namun jika pohonnya ini setengah liar, maka biasanya pohon akan berukuran lebih besar dan tumbuh hingga tingginya mencapai 225 cm atau setara dengan 7 kaki, dan daunnya bisa melebihi 30 cm atau 12 inci dan panjangnya bisa mencapai 15 cm atau 6 inci. Batang dari pohon terong ini biasanya berduri. Pohon terong juga mempunyai bunga yang biasanya berwarna antara putih hingga keungu- unguan. Terong ini mempunyai banyak biji. Jika dibelah, maka akan kelihatan bijinya yang sangat banyak. Biji tersebut dapat dimakan, namun memiliki rasa yang pahit. Hal ini karena biji terong mengandung nikotin, yaitu sejenis alkaloid yang banyak terdapat pada tembakau.

Terong ini jenisnya ada beberapa macam. Konon, terong yang tumbuhnya pada periode antara Agustus dan Oktober merupakan spesies terong yang terkaya dari segi nilai gizi dan juga rasanya. Berbagai jenis terong mempunyai perbedaan sendiri- sendiri, baik itu dilihat dari warna kulitnya, ukuran, tingkat mengkilapnya kulit, serta tingkat kekenyalannya. Setidaknya ada banyak sekali jenis-jenis terong yang ada di dunia ini. Diantaranya:

  • Terong Italia, yaitu terong yang memiliki ciri- ciri menampilkan volume tinggi buah dan berwarna ungu tua serta berbentuk seperti buah pir.
  • Terong Amerika “Globe”, yaitu terong yang mempunyai ciri- ciri seperti terong Italia, hanya saja ukurannya lebih besar.
  • Terong Jepang, terong ini mempunyai ciri khas yaitu ditandai adanya silinder yang bervariasi antara terang dan gelap. Dan kulitnya tipis berwarna hitam.
  • Terong Cina, terong Cina mempunyai warna yang menyimpang dari ungu ke ungu. Terong ini mempunyai rasa yang lebih enak daripada terong Amerika.
  • Terong India. Terong ini termasuk terong yang unik, buahnya bulat berukuran kecil dan berwarna merah Toby. Terong ini mempunyai tekstur lembut dan rasanya manis. Terong ini tidak perlu mengupas, dan masa panen ada pada bulan April- September dan November- Januari.
  • Terong Thailand. Terong ini tergolong terong unik lainnya. Terongnya berbentuk bulat dan berwarna hijau, serta mempunyai rasa yang lebih pahit. Jika dimasak, maka terong ini biasanya dibagi menjadi kubus kecil dan dicampur dengan saus panas maupun kari.
  • Terong putih. Terong ini berwara putih dan mempunyai bentuk oval. Terong ini banyak terdapat di Mesir dan biasanya dibentuk menjadi boneka.
  • Terong Belanda, dan lain sebagainya

Masih ada banyak sekali jenis terong yang tidak dapat dijelaskan satu per satu. Untuk di negara Indonesia, terong yang familiar adalah yang berbentuk panjang, dan berwarna ungu atau hijau muda. Terong terong ini adalah jenis terong lokal. Namun dalam penggunaannya sehari- hari, untuk memasak lebih banyak digunakan terong ungu daripada terong hijau.

,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 08:35 Oleh :
Kategori : Sayuran