Sponsors Link

11 Manfaat Terong Pipit Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat dari terong pipit bagi kesehatan kali ini akan diketahui bersama-sama melalui artikel ini. Terong pipit dari namanya memang kurang populer di masyarakat. Namun, ketika ditunjukkan  wujudnya sebenarnya masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui apa itu terong pipit. Jenis terong ini memang berbeda dari terong pada umumnya. Tidak memiliki bentuk yang lonjong, terong pipit melainkan sangat kecil dan bulat. Menurut pengamatan yang dilakukan, terong pipit ini bibit awalnya berasal dari negara Malaysia namun tumbuh subur di Indonesia karena karakteristiknya yang tidak berbeda jauh.

ads

Terong pipit tumbuh dalam bentuk semak-semak dengan daun-daunnya yang hijau dan saling bertumpuk satu sama lain. Walau ukurannya sangat kecil, ternyata terong pipit memiliki banyak manfaat. Manfaat dari terong pipit bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungannya yang sangat kaya. Berikut ini beberapa kandungan terong pipit yang dapat anda ketahui.

Kandungan dalam Terong Pipit yang Bermanfaat

Terong pipit memiliki banyak manfaat karena iapun memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan tersebut dapat dijelaskan dalam bagian berikut ini. Setidaknya terdapat 6 kandungan dalam terong pipit yang menyebabkan manfaat terong pipit bagi kesehatan menjadi sangat banyak. Simak daftar kandungan dalam terong pipit berikut ini.

  1. Tiamin, tiamin adalah vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk mengatur sistem metabolisme dalam tubuh serta menjaga kesehatan syaraf. (baca juga: Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan)
  2. Nasunin, nasunin adalah kandungan senyawa yang banyak ditemukan dalam terong karna memberikan efek warna yang dimiliki terong. Senyawa ini diketahui berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh.
  3. Niacin, niacin merupakan vitamin B3 yang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Kandungan niacin yang cukup dalam tubuh dapat membantu mempertahankan sistem peredaran darah dengan baik, tubuh pun menjadi lebih sehat dan kuat.
  4. Vitamin K, selanjutnya terong pipit juga mengandung vitamin K. Kandungan dalam terong pipit ini juga banyak ditemukan dalam makanan hijau lainnya. Manfaat dari makanan dengan kandungan vitamin K antara lain adalah membantu proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.
  5. Vitamin E, kandungan terong pipit lainnya yang sangat bermanfaat adalah vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E adalah salah satu antioksidan alami yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh.
  6. Asam Folat, terong pipit juga diketahui mengandung asam folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam folat ini dapat membantu pembentukan sel darah merah dan produksi DNA untuk meningkatkan sistem kesehatan tubuh. (baca juga: Manfaat Daun Dewa)

Artikel Terkait:

Manfaat Dari Terong Pipit untuk Kesehatan Anda

Setelah mengetahui beberapa kandungan dalam terong pipit di atas, maka menjadi menarik untuk mempelajari apa sajakah manfaat dari terong pipit untuk kesehatan manusia? Sedikitnya terdapat 11 manfaat dari terong pipit yang bisa dirasakan untuk kesehatan manusia, simaklah penjelasannya berikut ini:

  1. Membantu Proses Diet

Proses diet saat ini sangat sering dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang mampu melakukan proses diet dengan benar dan sehat. Proses diet yang sehat tidaklah mengurangi makanan sehat anda tapi mengurangi makanan tidak sehat dengan menambah konsumsi makanan sehat. Konsumsi makanan sehat yang dapat anda lakukan adalah dengan mengonsumsi terong pipit ini. Terong pipit ini memiliki banyak nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan anda bahkan ketika anda tidak mengonsumsi banyak makanan seperti kebiasaan anda. (baca juga: Manfaat Mangga)

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
Sponsors Link

Jantung yang sehat tentu penting dalam mendukung tubuh yang sehat. Jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat, maka cara yang ampuh adalah dengan menggunakan manfaat terong pipit. Terong pipit memiliki kandungan yang sangat baik dalam melancarkan peredaran darah. Hal ini tentu sangat membantu kerja dari jantung yang bertanggung jawab untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Itulah mengapa konsumsi dari terong pipit diketahui dapat mengurangi beban kerja jantung dan menjaga kesehatannya dengan lebih maksimal. Kerja jantung yang tidak terlalu diporsir dapat meningkatkan peluangnya lebih sehat dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan kekurangan cairan yang banyak dialami, oleh orang-orang yang terlalu banyak menguras tenaga tanpa istirahat yang cukup. Terong pipit memiliki kandungan air yang cukup banyak dan mampu mencegah terjadinya dehidradi. Konsumsi dari terong pipit ini harus dilakukan secara rutin jika anda memiliki aktifitas yang padat. Kebutuhan air dalam tubuh anda pun dapat tercukupi dengan sering mengonsumsi terong pipit. Konsumsilah terong pipit ini untuk kehidupan yang lebih sehat dan jauh dari resiko kekurangan cairan. Itulah sebabnya, terong pipit pun banyak diolah dalam makanan. (baca juga: Manfaat Buah Naga)

  1. Mengatasi Kecanduan pada Rokok
ads

Kecanduan pada rokok sangat banyak dialami oleh masyarakat saat ini. Keadaan kecanduan ini memberikan efek samping yang tidak baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Dalam rangka penanggulangan kecanduan pada rokok ini, banyak masyarakat mengalami kesulitan. Kecanduan pada rokok sangat sulit dilakukan. Berbagai hal dapat dicoba, namun tidak semua memberikan hasil yang efektif. Itulah mengapa manfaat terong ppit selanjutnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Manfaatnya untuk mengatasi kecanduan rokok ini sangat besar. Dengan mengganti waktu merokok sebagai waktu memakan terong pipit, perlahan-lahan anda pun dapat terbebas dari kecanduan rokok. (baca juga: Manfaat Apel Merah Bagi Kesehatan)

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia atau kekurangan darah merupakan penyakit yang banyak menyerang manusia di segala usia. Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak dilakukan penanggulangan dengan tepat. Salah satu penanggulangan yang juga dapat menjadi alternatif untuk penyelesaian anda adalah dengan mengonsumsi terong pipit. Kandungan dalam terong pipit yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah dapat membantu proses pencegahan penyakit anemia. Oleh karena itu, konsumsilah  terong pipit ini untuk membantu anda menjadi kesehatan peredaran darah dan pembentukan sel darah merah. Penyakit anemia pun dapat dicegah dengan efektif. (baca juga: Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan)

Artikel Terkait:

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Pengaruh kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat saat ini, menyebabkan kadar gula dalam tubuh terus meningkat. Kadar gula yang terlalu tinggi ini kemudian dapat menjadi gejala diabetes. Jika seseorang telah mengidap gejala diabetes, maka penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya dapat turut menyerang. Oleh karena itu kadar gula harus dijaga dalam batas normal. Bagaimana cara menjaga kadar gula ini? Tentu dapat dilakukan dengan mengonsumsi terong pipit. Manfaat dari terong pipit alah satunya adalah untuk menjaga kadar gulan dalam batas yang normal dan tidak membahayakan kesehatan tubuh. (baca juga: Manfaat Nangka)

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan otak yang dijaga dengan baik akan melancarkan banyak proses dalam tubuh manusia. Otak yang berada dalam keadaan tidak sehat, tentu akan menyebabkan banyak hal yang merugikan seseorang. Lalu bagaimana untuk dapat menjaga kesehatan otak selalu dalam keadaan normal? Salah satu caranya termasuk dalam manfaat terong dari pipit untuk kesehatan. Manfaat dari terong pipit ini salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan otak. Terong pipit memiliki nutrisi yang baik untuk otak bahkan dapat meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu konsumsilah terong pipit dengan rutin. (baca juga: Manfaat Jeruk Nipis)

  1. Menutrisi Kulit Wajah menjadi Lebih Cerah

Seperti diketahui, terong pipit sangat kaya akan vitamin. Vitamin-vitamin dalam terong pipit ini dapat dimanfaatkan untuk menutrisi kulit wajah. Kulit wajah yang gelap adalah kulit yang kekurang nutrisi untuk memunculkan sinar alami pada wajah. Anda dapat menutrisi kulit wajah tersebut dengan mengonsumsi terong pipit. Terong pipit aman dikonsumsi untuk usia berapapun. Sehingga semakin cepat anda membiasakan diri mengonsumsi terong pipit, maka kesehatan dari kulit yang lebih cerah dapat anda rasakan lebih awal. (baca juga: Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan)

Sponsors Link

  1. Mengatasi Rambut yang Mudah Rusak

Rambut yang mudah rusak merupakan rambut yang sering mengalami masalah karena kekurangan nutrisi dan vitamin. Terong pipit mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan akar rambut. Sehingga nutrisi pada rambut pun dapat tersebar dengan merata. Nutrisi yang baik dalam rambut ini dapat mencegah terjadinya kerusakan rambut. Kerusakan rambut tentu sangat penting dihindari. Jika rambut telah mengalami kerusakan yang sangat parah, maka sangat wajar seseorang mengalami kehilangan percaya diri pada penampilan. Itulah sebabnya, kesehatan rambut harus dijaga dengan menggunakan manfaat terong pipit yang satu ini.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini juga merupakan salah satu keadaan yang banyak dikhawatirkan oleh masyarakat saat ini. Kulit yang semakin mudah terlihat tua akibat produk-produk kecantikan tentu harus ditanggulangi dengan tepat. Anda dapat melakukannya dengan mengonsumsi terong pipit atau mengolahnya menjadi perawatan kulit rutin anda. Jika anda rajin memberikan perawatan alami pada kulit anda, maka penuaan dini dapat segera dicegah efeknya. (baca juga: Manfaat Pare)

  1. Mengusir Bakteri dalam Tubuh

Terong pipit memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengusir bakteri jahat dalam tubuh. Sehingga penyakit-penyakit yang biasa disebabkan oleh bakteri pun dapat turut dicegah. Konsumsilah terong pipit ini untuk mencegah tubuh anda mudah terkena penyakit.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai 11 manfaat dari terong pipit untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan solusi kesehatan dengan tepat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 06:30 Oleh :
Kategori : Tumbuhan