31 Manfaat Terapi Hiperbarik Oksigen Untuk Tubuh

Terapi oksigen hiperbarik adalah satu dari terapi penunjang dalam ilmu kedokteran kelautan yang berperan penting dalam pengembangan kesehatan prajurit militer kelautan. Namun, terapi ini juga sudah meluas penggunaannya dan sudah terbukti bisa menghindarkan pasien dari berbagai penyakit, kebugaran tubuh dan juga kecantikan. Dalam tubuh manusia memerlukan oksigen sekitar 5000 setiap hari supaya semua bagian tubuh bisa berfungsi dengan baik dan oksigen menjadi elemen penting dalam hidup manusia

Terapi oksigen hiperbarik adalah metode pengobatan yang diberikan pasien berupa oksigen murni 100% dengan tekanan udara yang 2 sampai 3 kali lebih besar dari tekanan udara atmosfer normal. Terapi ini diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1930 oleh Behnke yang diberikan pada penyelam untuk menghilangkan sakit dekompresi yang terjadi karena perubahan tekanan udara pada saat menyelam. Sedangkan untuk di Indonesia, terapi ini digunakan tahun 1960 oleh Lakesla yang bekerja sama dengan RSAL Dr. Ramelan Surabaya dan sampai saat ini menjadi fasilitas terbesar di Indonesia serta terdapat juga di beberapa rumah sakit besar lainnya seperti RS Petromer Sorong, RSAL Dr Mintohardjo Jakarta, RS Pertamina Cilacap, RS Gunung Wenang Manado dan beberapa rumah sakit lainnya.

Artikel terkait:

  1. Membantu Pembentukan Glutathione

Glutathione merupakan senyawa anti oksidan alami di dalam tubuh yang berguna sebagai sistem imunitas pada oksidan dan juga toksin, semakin baik kadar oksigen yang ada dalam tubuh maka tubuh bisa melawan toksin dalam tubuh lebih optimal. Semua residu dari fungsi metabolisme tubuh sehingga semakin efektif dalam urusan pembuangan di dalam tubuh.

  1. Membantu Regenerasi Kulit

Terapi ini juga bermanfaat supaya kolagen bisa melakukan proses regenerasi dengan baik. Kolagen tidak hanya memerlukan mineral dan juga vitamin supaya bisa terbentuk dengan baik, namun juga memerlukan oksigen. Saat kolagen bisa terbentuk dengan baik, maka sel kulit akan beregenerasi dengan sangat baik.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Kinerja pada otak sangat bergantung dengan banyaknya kadar oksigen di dalam tubuh dan lebih dari 50% oksigen yang masuk ke dalam tubuh dikonsumsi otak dan juga jaringan. Terapi ini akan meningkatkan suplai oksigen ke dalam tubuh sehingga kinerja otak akan semakin optimal. Tidak hanya bermanfaat untuk kecerdasan, konsentrasi dan juga daya ingat saja, namun bisa mengendalikan fungsi semua organ dan juga kemampuan refleks serta motorik tubuh.

  1. Menunjang Daya Tahan Tubuh

Oksigen yang dihasilkan terapi ini bisa membuat daya tahan tubuh semakin meningkat sehingga kendali pada otak bisa lebih ditingkatkan pada sistem kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid ini memerlukan otak dengan fungsi yang baik sehingga fungsi dari kelenjar tiroid juga bisa lebih maksimal. Aliran sistem getah bening akan menjadi elemen terpenting yang memerlukan oksigen sehingga fungsi bisa lebih ditingkatkan.

Artikel terkait:

  1. Mempercepat Proses Pembentukan Sel Induk Baru

Saat sel-sel sudah lama mati maka tidak bisa diregenerasi kembali. Akan tetapi, oksigen bisa menstimulasi pembentukan sel induk yang baru. Pada beberapa rumah sakit penderita stroke memiliki sel pembuluh darah baru dan menggantikan jalur pembuluh darah yang rusak dengan menerapkan terapi ini.

  1. Meningkatkan Daya Serap Glukosa

Setiap sel dalam tubuh sangat membutuhkan oksigen untuk proses pembakaran dan juga pembentukan energi. Dengan suplai oksigen yang cukup dari terapi hiperbarik maka sel akan semakin meningkat dalam proses pembakaran energi dan juga berpengaruh terhadap penyerapan glukosa di dalam darah dan inilah yang menyebabkan para penderita diabetes sangat membutuhkan suplai oksigen murni yang bisa di dapat dari terapi ini.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Rasa Linu Otot

Otot yang terasa linu sangat berhubungan dengan emboli di dalam pembuluh darah halus dan juga sistem jaringan sel otot. Hal ini umumnya di picu karena asam urat tinggi, toksin yang menumpuk pada jaringan otot dan juga rasa lelah yang terlalu berlebihan. Terapi oksigen ini akan sangat membantu mengatasi linu pada otot sekaligus membuat sirkulasi ke setiap sel menjadi lancar.

  1. Menambah Energi Tubuh

Dengan terapi oksigen ini, maka otak akan menjadi segar kembali dan tubuh akan lebih efektif saat produksi energi. Selain itu kinerja dari paru-paru dan jantung juga akan semakin mudah karena kadar oksigen di dalam tubuh semakin meningkat dan ini akan membuat tubuh berenergi serta bugar.

Selain beberapa manfaat penting dari terapi hiperbatik yang sudah disebutkan diatas, masih anda manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan saat menjalankan terapi ini seperti yang akan disebutkan berikut ini.

Artikel terkait:

Manfaat Lain Terapi Hiperbarik

  1. Meningkatkan konsentrasi oksigen di seluruh jaringan tubuh dan pada aliran darah yang berkurang
  2. Merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru sehingga lebih meningkatkan aliran darah di tempat yang memiliki sirkulasi kurang.
  3. Bisa menghambat produksi racun alfa toksin
  4. Dapat membunuh bakteri khususnya bakteri anaerob seperti Closteridium perfingens yang menjadi penyebab penyakit gas gangren
  5. Dapat menghentikan aktivitas bakteri seperti bakteri E. coli dan Pseudomonas sp. yang biasanya ditemukan pada luka ganas.
  6. Dapat menurunkan waktu paruh karboksihemoglobin dari 5 jam menjadi 20 menit pada penyakit keracunan gas CO.
  7. Meningkatkan viabilitas sel atau kemampuan sel dalam bertahan hidup.
  8. Bisa mempercepat proses penyembuhan pengobatan medis konvensional.
  9. Meningkatkan produksi antioksidan pada bagian tubuh tertentu.
  10. Meningkatkan sensitivitas sel pada radiasi.
  11. Menghambat proses penuaan dengan membentuk kolagen yang sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit.
  12. Membuat tubuh menjadi lebih segar, tidak mudah lelah, gairah hidup lebih meningkat, tidur menjadi lebih nyenyak dan pulas.
  13. Memperbaiki fungsi ereksi pada pria penderita diabetes.
  14. Cedera tulang remuk.
  15. Keracunan karbonmonoksida
  16. Keracunan gas sianida.
  17. Ulkus diabetikum, ulkus stasis venosus, ulkus dekubitus, ulkus insufisiensi arterial.
  18. Mencegah anemia.
  19. Untuk menghilangkan selulit.
  20. Mengatasi infeksi berat pada jaringan lunak
  21. Menyembuhkan luka bakar dengan inhalasi asap.
  22. Menyembuhkan tuli mendadak.
  23. Menyembuhkan infeksi tulang dan kulit yang diakibatkan jaringan mati.

Artikel terkait:

Namun, dengan begitu banyaknya kegunaan dari terapi hiperbatik ini, anda juga tidak boleh secara asal dalam menjalani terapi meskipun memang sudah terbuka untuk umum sebab terapi ini memerlukan beberapa tes sebab memiliki resiko yang juga cukup tinggi.

, , ,
Post Date: Tuesday 16th, May 2017 / 05:20 Oleh :
Kategori : Kesehatan