10 Manfaat Tepung Maizena Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tepung Maizena adalah salah satu brand merek yang sudah sangat terkenal. Brand merek sangat berpengaruh dalam manfaat kegunaan nya. semakin banyak yang menggunakan tepung dengan merek maizena maka tingkat kepercayaan konsumen terhadap tepung maizena semakin meningkat. Brand merek juga sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, jadi apabila konsumen sudah percaya dengan tepung merek maizena maka konsumen akan menggunakannya kembali.

Tepung Maizena adalah tepung yang dihasilkan dari pati biji jagung yang memiliki kandungan gizi, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi. Tepung maizena merupakan salah satu bahan untuk membuat adonan kue kering atau kue basah yang akan menghasilkan tekstur yang sempurna. Kita bisa membuat adonan kue tanpa menggunakan tepung maizena tapi hanya kue – kue tertentu yang tidak menggunakan tepung maizena. Masih banyak manfaat tepung maizena lainnya dalam proses memasak :

1. Bahan Pengental kuah atau saus.

Tepung maizena yang sudah terkenal ini dan bisa kita dapatkan di toko – toko terdekat. tepung maizena ini membantu kita untuk mengentalkan kuah atau saus yang akan kita gunakan yaitu dengan mencampurkan sedikit tepung maizena dengan air agar menjadi pasta.

2. Membantu Merenyahkan disetiap kue kering.

Dengan penggunaan tepung maizena dalam pembuatan adonan kue kering maka kita bisa menghasilkan kue kering yang renyah. Untuk menghasilkan kue kering yang enak kita harus mencoba berulang kali untuk mendapatkan takaran adonan yang sesuai. Tetapi dengan sering kali nya kita mencoba membuat maka kita bisa menghasilkan kue yang renyah dan nikmat. Karena disetiap percobaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal pasti akan di iringi sama kegagalan.

3. Untuk menghaluskan kue bolu.

selain untuk merenyahkan kue, tepung maizena juga berfungsi untuk penghalusan dalam pembuatan kue bolu tetapi dalam pembuatan kue bolu kita harus memiliki takaran yang benar – benar sesuai. dalam penambahan tepung maizena kedalam adonan kue maka kita harus hati – hati .

Penggunaan tepung maizena dalam pengolahan atau pembuatan kue hanya sedikit karena apabila penggunaannya terlalu banyak maka adonan kue menjadi tidak baik. Dalam pembuatan kue memang harus sesuai dengan apa yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, apalagi tepung maizena ini penggunaannya hanya sebagai pelengkap dalam pembuatan adonan untuk mendapatkan tekstur yang sempurna. Jadi kita harus lebih hati – hati dalam takaran nya. Dalam pembuatan kue bolu misalnya kita hanya membutuhkan 15% untuk bahan dasar dalam pencampuran adonan. Selain untuk bahan pembuatan kue maka fungsi dari tepung maizena dalam kehidupan sehari – hari yaitu untuk.

4. Bahan Makanan Bayi dan Balita

Tepung maizena juga bisa digunakan untuk bahan makanan bayi dan balita karena mineral yang terkandung dalam tepung maizena yang dicampur dengan susu berpengaruh terhadap perkembangan otak dan sistem syaraf pada balita agar anak bisa berkembang dengan baik.

Kecantikan

Semakin maju nya teknologi yang modern ini dan banyak wirausaha menawarkan berbagai macam alat penunjang kecantikan bagi wanita. baik yang halal dan mudah didapatkan atau yang lainnya. dibawah ini di jelaskan ada beberapa macam manfaat tepung maizena.

1. Masker Untuk Wajah Berminyak

dalam tepung maizena ini yang memiliki kandungan gizi yang baik sehingga bisa untuk dijadikan bahan campuran dalam pembuatan masker. Masker adalah salah satu andalan wanita untuk mempercantik dalam penampilan. Dalam pembuatan masker tepung maizena kita bisa menambahkan bahan – bahan lainnya seperti madu, perasan air lemon, minyak zaitun atau lainnya. Selain untuk masker juga bisa digunakan untuk scrub dalam lulur.

Tepung maizena juga bisa di gunakan sebagai bedak sehari – hari, memang tepung maizena ini tidak mengandung mercury seperti bedak – bedak yang telah dipasarkan secara bebas tetapi bedak tepung maizena ini bisa membuat wajah kita menjadi segar karena tepung maizena ini bisa mengurangi minyak berlebih yang ada pada wajah kita. memang terdengar nya aneh tapi sudah ada yang membuktikan bahwa tepung maizena ini bagus untuk bedak.

Baca juga, bahan alami untuk kecantikan

2. Mengatasi minyak yang berlebihan pada rambut

Banyak wanita yang memiliki rambut berminyak. sebenarnya rambut yang berminyak adalah rambut yang sehat karena rambut kita di lindungi oleh minyak yang dihasilkan langsung dari tubuh kita, tetapi apabila minyak yang dihasilkan berlebihan maka tidak enak juga jika di lihat. Bagi wanita yang memiliki masalah dalam rambut, salah satunya adalah rambut yang berminyak maka kita bisa menggunakan tepung maizena untuk mengurangi rambut minyak rambut yaitu dengan menaburkan sedikit tepung maizena pada rambut.

Baca juga, Tips kesehatan rambut

Kesehatan

Selain untuk bahan untuk memasak dan membuat kue, tepung maizena juga bermanfaat untuk kesehatan seperti

1. Memperlancar Proses Pencernaan  

Serat yang terkandung dalam jagung sangat tinggi sehingga bisa membantu tubuh kita dalam proses pencernaan. Karena tubuh juga sangat membutuhkan serat agar pencernaan makanan bisa lancar.

2. Mencegah Anemia 

Sering dialami oleh setiap orang jika kita terlalu capek sehingga tekanan darah yang ada pada tubuh kita kurang maksimal, dengan adanya jagung yang memiliki vitamin B dan asam folat yang bermanfaat untuk mencegah anemia.

Baca Juga, cara mengatasi anemia

3. Kekuatan Tulang 

Jagung yang memiliki zat besi sehingga bisa membantu organ tubuh kita yaitu salah satunya tulang. kekuatan tulang juga sangat mempengaruhi kita dalam kehidupan sehari – hari. dalam tulang yang kuat disitu tersimpan jiwa yang sehat.

Baca juga, pentingnya kesehatan

4. Alergi Kulit

Dalam kehidupan sehari – hari kita sering mendengar yang namanya bintik kecil kemerah – merahan yang ada di punggung atau di bagian tubuh lainnya, bisa juga karena gigitan serangga atau ulat. Bintik – bintik merah bisa menimbulkan gatal sehingga kita bisa mencoba menggunakan tepung maizena untuk meredakan rasa gatal yaitu dengan cara menaburkan tepung maizena di area yang gatal. Selain gatal kita juga sering mendengar atau mengalami luka bakar akibat panas matahari atau mesin sepeda motor. untuk meredakan rasa panas yang kita rasakan pada luka tersebut maka kita bisa menggunakan tepung maizena yaitu dengan membuat pasta.

Baca juga, pengobatan alergi kulit lainnya :

jagung merupakan tanaman sayuran yang berupa biji – bijian makanan yang memiliki hasil karbohidrat tinggi. Semakin maju nya teknologi maka pengolahan yang berasal dari jagung mulai banyak seperti Tepung Maizena. jagung yang menghasilkan banyak energi sehingga berfungsi untuk menambah energi pada tubuh manusia. Dalam mengolah makanan yang berbahan dasar jagung sangat mudah mulai jagung muda sampai jagung yang sudah masak. Proses pembuatan tepung maizena yang memiliki banyak manfaat tidak melalui proses yang mudah karena untuk menghasilkan hasil yang maksimal juga harus melalui beberapa proses seperti pembersihan atau pemilihan dengan cara menyaring dan merendaman biji jagung yang akan diolah untuk dijadikan tepung, pemisahan lembaga yang kasar untuk dijadikan tepung maizena sedangkan yang halus digunakan untuk membuat minyak, pengeringan biji jagung yang telah dipilih dan direndam, jika semua telah selesai maka bisa dilanjutkan ke proses penggilingan.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, November 2016 / 08:46 Oleh :
Kategori : Makanan