Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Manfaat Tepung Kroto Untuk Peliharaan dan Kesehatan

Sponsors Link

Nama ilmiah dari semut kroto atau semut rangrang Oecophylla Smaragdina. Kroto adalah sebutan bagi telur yang dihasilkan semut rangrang. Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari kroto ini membuatnya banyak diburu manusia. Oleh karena itu, banyak yang mulai membudidayakan semut kroto sehingga hasilnya dapat diperjualbelikan tanpa membuat ekosistemnya rusak atau hilang.

Semut kroto atau semut rangrang sangat melimpah pada tahun 1999-2006. Namun harus mengalami penurunan populasi pada tahun 2009-2012 karena banyaknya perburuan semut rangrang tanpa memperdulikan ekosistemnya. Penurunan populasi semut rangrang dapat terdeteksi karena adanya peningkatan populasi hama yang menyerang tanaman sehingga ini dikaitkan dengan menurunnya populasi semut rangrang sebagai pembasmi hama tanaman.

Banyaknya manfaat semut rangrang membuat semut jenis ini tersohor sampai belahan dunia, berikut ini sebutan semut rangrang di berbagai dunia. Di dunia barat semut rangrang dikenal dengan sebutan weaver ant (semut penenun), tree ant/ green tree ant (semut pohon/ semut pohon hijau), dan orange gangster. Sedangkan di Malaysia terkenal dengan sebutan fire ant (semut api). Di wilayah Afrika semut rangrang hidup di Gurun Sahara dan memiliki nama ilmiah Oecophylla Longinoda.

Artikel terkait kroto :  manfaat kroto

Prospek Bisnis dari Kroto

Kehadiran semut kroto masih sangat terbatas sedangkan permintaan pasar meningkat, membuat nilai jual dari kroto ini melambung tinggi. Satu kilo gram kroto dapat dihargai sampai seratus ribu rupiah, sehingga peluang untuk meraup keuntungan dari penjualan kroto cukup besar. Terlebih lagi kroto banyak dicari dan yang membudidayakan semut kroto masih sangat sedikit jumlahnya.

Artikel terkait bisnis :

Semut kroto dapat diolah menjadi tepung agar bertahan lebih lama. Berdasarkan hasil penelitian, tepung kroto ini mengandung banyak protein, berbagai jenis asam amino, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B12. Dengan kandungan-kandungan tersebut, tepung kroton sangat disarankan sebagai pakan ternak dan nutrisi bagi tanaman.

Artikel terkait nutrisi dan gizi :

Manfaat Tepung Kroto

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung kroto sangat baik untuk makanan ternak. Baik itu unggas, ikan, maupun ternak lainnya. Bahkan berbagai literatur mengungkapkan khasiat tepung kroto untuk berbagai ramuan yang dapat mengobati penyakit. Berikut ini beberapa manfaat tepung kroto diantaranya :

  1. Makanan Bergizi Burung

Pecinta burung tentu saja ingin binatang peliharaannya sehat dan berkicau merdu. Tepung kroto menjadi pilihan yang sangat disarankan agar gizi unggas ini terpenuhi bahkan tepung kroto dapat memperindah suara yang dihasilkan sang burung.

Artikel terkait burung : manfaat elang jawa bagi manusia, manfaat ebod joss

2. Pakan Bergizi Ikan

Kroto yang telah diolah menjadi tepung adalah bahan makanan bergizi tinggi bagi pakan ikan. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa tepung kroto ini membantu cepatnya proses reproduksi pada ikan patin sehingga produksi ikan patin semakin melimpah dan permintaan pasar untuk ikan patin dapat terpenuhi. Selain itu, tepung kroto pun biasa digunakan pakan ikan gurami yang berusia dua sampai enam minggu.

Artikel terkait manfaat ikan : manfaat ikan tuna

sponsored links

3. Pestisida Alami

Hasil riset di berbagai negara telah membuktikan bahwa dengan membuat pestisida organik dari tepung kroto menghasilkan tanaman yang berbuah lebat serta terhindar dari serangan hama. Belum lagi jika ada semut kroto hidup yang ditebar diantara tanaman-tanaman tersebut, maka kualitas buah yang dihasilkan sudah terjamin bagus.

Artikel terkait kesuburan tanaman : manfaat air bagi tumbuhan, manfaat kotoran sapi

4. Obat Tradisional

Beberapa negara di Asia Tenggara menggunakan tepung kroto dalam racikan obat tradisionalnya. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa kroto memiliki nilai gizi yang baik sehingga dapat diracik menjadi ramuan obat.

Artikel terkait obat tradisional : manfaat teripang laut

Demikianlah manfaat tepung kroto. Anda tertarik untuk memulai budidaya ktoto dan berbisnis kroto? Seluruh tutorial untuk budidaya kroto yang tersebar di internet begitupun cara pembuatan tepungnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel terkait manfaat tepung lainnya :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 31st, October 2016 / 07:16 Oleh :
Kategori : Hewan