10 Manfaat Tepung Kanji Untuk Kesehatan dan Sehari-Hari

Tepung kanji merupakan salah satu tepung yang berbahan dasar dari singkong. Jadi ketela dari umbi singkong dihaluskan kemudian dijadikan sebagai tepung kanji. Nama lain dari tepung kanji dikenal juga dengan sebutan tepung tapioka. Tepung kanji ini banyakdimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat makanan dan juga sebagai bahan perekat karena teskturnya yang lengket dan kental. Beberapa bahan makanan yang bisa di buat dari tepung kanji ini adalah bakso, cimol, lapis aci moli dan bubur kanji. Adapun kandungan yang terdapat pada tepung kanji adalah sebagai berikut :

  • Zat besi yang terdapat pada tepung kanji berguna untuk meproduksi hemoglobin yang bertugas mengikat oksigen dalam darah yang dapat membantu mencegah anemia. (Baca juga : Manfaat zat besi)
  • Rendah natrium yang jika berlebihan di konsumsi dapat menimbulkan penyakit kardioviskular. (Baca juga : manfaat natrium bagi tubuh)
  • Karbonhidrat yang berguna sebagai penambah energi dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. (Baca juga : Manfaat karbonhidrat)

Kandungan dalam tepung kanji ini juga ternyata memiliki segudang manfaat di bidang kesehatan. Berikut ini ulasannya:

1.Menaikkan berat badan

Anda punya masalah dengan berat badan yang tidak kunjung naik ? ternyata permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepungkanji. Penelitian menyatakan kandungan karbonhidrat di dalam tepung kanji dapat membantu menaikkan berat badan. Jadi konsumsi makanan dari tepung kanji baik bagi orang yang kurus.

Artikel terkait :

2. Menutrisi tulang

Kadungan dalam tepung kanji tidak hanya zat besi namun juga terdapat vitamin K yang berguna untuk memadatkan tulang sehingga meminimalkan terkena osteoporis. Osteoporosis merupakan periatiwa kerapuhan tulang karena terkikis yang berkembang sesuai dengan usia seseorang. Jadi untuk mencegah osteoporosis dapat dilakukan sejak dini lebih cepat lebih baik.

Artikel terkait :

3. Sistem pencernaan

Masalah pencernaan masih merupakan penyakit yang sering datang tiba – tiba. Sehat atau tidaknya sistem pencernaan dapat di lihat melalui pembuangan feses dengan intensitas berapa kali dalam sehari. Jika pencernaan sehat makan pembuangan feses akan lancar dan tidak ada kendala. Karena sistem pencernaan memerlukan serat untuk dapat melancarkan tugasnya. Tepung tapioka terbuat dari bahan alami yaitu singkong yang juga kaya akan serat.

Artikel terkait :

4. Otot

Tepung tapioka memiliki kandungan protein juga. Protein berfungsi untuk mengembangkan otot sehingga otot tampak lebih berisi dan kuat. Oleh sebab itu banyak para atlet yang mengkonsumsi protein tinggi untuk menunjang penampilan mereka.

Artikel terkait :

5. Tekanan darah

Tekanan darah dalam tubuh manusia haruslah normal. Tekanan darah yang tinggi dan tekanan darah yang rendah memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh. Tepung tapioka mengandung kalium, yang mana kalium berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap normal sehingga baik untuk kardivioskular tubuh.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat di bidang kesehatan yang dapat diperoleh dari tepung tapioka beserta juga dengan makanan yang terbuat dari tepung tapioka.

Manfaat Tepung Kanji Untuk Sehari-Hari

Selain memberikan manfaat di bidang kesehatan tepung kanji juga bisa mengatasi beberapa masalah sehari – hari dengan mudah. Berikut ini manfaat tepung kanji untuk kegiatan sehari – hari :

1.Membersihkan noda cat

Noda bisa saja mengenai pakaian anda saat sedang melakukan pekerjaan seperti melakukan cat ulang pada rumah. beberapa cat memang sulit untuk dihilangkan langsung dengan air karena berbahan dasar minyak. Untuk itu anda dapat menggunakan tepung kanji untuk membersihkan noda cat yang menempel di pakaian. Berikut ini cara – caranya :

  • Tepung kanji di masukkan ke dalam suatu wadah yang telah berisi air. Kemudian aduk hingga menjadi kental.
  • Letakkan tepung kanji yang telah kental tadi pada pakaian yang terkena cat.
  • Biarkan selama beberapa menit atau tunggu hingga kering.
  • Baru kemudian dicuci dengan bersih.

Untuk pemakaian olesan pertama mungkin akan tetap terlihat bekas catnya. Namun anda dapat melakukannya berulang – ulang kali agar noda cat tersebut perlahan memudar bahkan menghilang.

Artikel terkait :

2. Lem

Karena teskturnya yang lengket dan kental tepung tapioka bisa dijadikan sebagai bahan perekat. Caranya adalah :

  • Masak tepung tapioka dan beri sedikit air.
  • Tunggu selama 15 menit sambil terus diaduk hingga teksturnya berubahn menjadi kental.
  • Setelah kering angkat.

Jadi itulah tahapan dalam pembuatan tepung kanji sebagai lem. Bahan dasar lem alami ini dapat digunakan untuk merekatkan kertas atau juga menempelkan perangko ke atas kertas. (Baca juga : Manfaat lem fox)

3. Membersihkan kaca

Kaca yang lama dipakai tentu akan mengalami kabur karena terkena hujan dan panas. Agar tampilan kaca tetap bersih anda dapat menggunakan bahan alami yang terbuat dari tepung kanji karena ternyata tepung kanji bisa digunakan untuk mengangkat debu yang membuat kaca buram. Cara membuatnya anda harus menyiapkan bahan – bahan berikut ini :

  • Tepung kanji
  • Jeruk nipis
  • Cuka apel
  • Air

Kemudian campurkan tepung kanji dan jeruk nipis yang telah dibelah kemudian gunakan airnya tambahkan juga cuka apel satu sendok teh saja. Lalu aduk hingga rata baru kemudian tambahkan air secukupnya. Semprotkan pada kaca bahan – bahan tadi dan lap hingga kering. Maka anda akan melihat perbedaan antara kaca sebelumnya dan sesudah dibersihkan dengan campuran tepung kanji.

Artikel terkait :

4. Membersihkan sisa oli

Jika anda sedang berkendara atau memiliki profesi di bidang otomotif maka keseharian anda akan banyak bergelut dengan menganti oli kendaraan. Dan hal ini tidak menutup kemungkinan baju yang anda gunakan akan terkena dengan oli tersebut. Namun jangan khawatir anda dapat menggunakan tepung kanji untuk membersihkan sisa oli dipakaian. Cara nya mudah cukup dengan menaburkan saja tepung kanji keatas baju yang terkena oli kemudian bilas sedikit dengan kain yang basah sampai baju menjadi benar – benar bersih. (Baca juga : Manfaat oli bekas)

5. Bau sepatu

Menggunakan sepatu saat hari hujan memang tidak masalah. Namun saat sepatu mulai mengering maka aroma dari sepatu tercium sangat tidak sedap. Masalah ini bisa membuat anda jadi kurang percaya diri karena bau sepatu bisa saja tercium oleh orang di dekat anda. Ada cara ampuh untuk dapat menghilangkan bau sepatu dengan tepung kanji. Caranya yaitu dengan taburkan tepung kanji ke atas kain kemudian sisipkan ke dalam sepatu. Dan simpan sepatu di dalam lemari. Bisa di tunggu seharian makan secara lagnsung aroma dari bau sepatu akan hilang.

Artikel terkait :

Nah, itulah beberapa manfaat dari tepung kanji yang dapat digunakan dalam keseharian sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah harian.

Makanan dari Tepung Kanji

Tepung kanji nikmat dan banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan. Banyak makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar kanji. Bagi para pecinta makanan dan suka memasak makan resep dibawah ini bisa langsung dicoba dirumah untuk di sajikan bersama dengan keluarga tercinta.

Lapis Aci moci

Kue lapis ini hampir mirip dengan agar – agar dan memiliki warna yang beragam. Ras dari lapis aci moci ini manis dan lezat di lidah. Berikut ini bahan – bahan yang harus disiapkan untuk membuat kue lapis aci moci :

  • Gula pasir 300 gr
  • Santan cukup sebanyak 1 butir kelapa
  • 2 Batang serai yang telah di geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam
  • Tepung kanji
  • Perwarna makanan

Cara untuk membuatnya adalah :

  • Santan dituangkan pada wadah kemudian dipanaskan terlebih dahulu baru kemudian tambahkan serai, daun pandan, daun jeruk dan garam.
  • Aduk terus hingga kemudian mendidih.
  • Setelah mendidik saring dan tunggu hingga dingin.

Saringan dari kue lapis ini di letakkan kedalam loyang dan ambil beberapa sendok adonan untuk dipisahkan. Ini bertujuan untuk memberikan warna yang berbeda sesuai dengan selera. Dan biarkan juga sebagian tetap berwarna asli yaitu putih. Kukus selama 10 menit. baru kemudian kue lapis aci moci siap untuk dihidangkan.

, , ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 09:20 Oleh :
Kategori : Makanan