Sponsors Link

101 Manfaat Tepung Ikan – Tongkol, Gabus, Lemuru dan Layang

Sponsors Link

Indonesia punya luas lautan yang lebih besar dari daratannya. Lautan Indonesia terhampar dari  ujung Sabang sampai Merauke. Potensi laut ini yang membuat Indonesia kaya akan hasil lautnya, bahkan seringkali beberapa daerah perbatasan laut Indonesia menjadi santapan nelayan asing untuk menjaring ikan.

Ikan memiliki daya jual yang tinggi, itu sebabnya ikan menjadi salah satu hewan yang selalu diburu manusia. Hal ini karena ikan memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk tubuh dan tubuh memang memerlukan gizi-gizi yang terdapat dalam ikan. Ikan menjadi salah satu protein hewani yang perlu dikonsumsi masyarakat.

Salah satu protein hewani yang punya sumber gizi melimpah adalah ikan. Setiap ikan yang hidup di air tawar maupun air laut mempunyai kandungan nutrisi baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Banyak masakan dengan bahan utama ikan yang dapat diolah dengan mudah. Mulai dari digoreng, direbus, disup, dikukus, dijadikan camilan dan masih banyak lagi.

Artikel terkait dengan ikan :

Kandungan Nutrisi dalam Ikan

Mengapa begitu banyak variasi makanan dari ikan? Dewasa ini banyaknya variasi makanan dari ikan dikarenakan nutrisi yang terdapat dalam ikan begitu banyak. Kandungan nutrisi itu diantaranya karbohidrat, kalsium, lemak, vitamin, protein, mineral, vitamin B12 dan fosfor.

Artikel terkait nutrisi dan gizi :

Olahan Tepung Ikan

Banyaknya inovasi olahan ikan menjadikan sumber protein ini semakin disukai terutama bagi yang kurang menyukai olahan ikan dalam bentuk aslinya. Salah satu inovasi itu adalah tepung ikan. Para peneliti pangan, telah membuat terobosan tepung ikan agar nutrisi dalam ikan tetap diserap tubuh tanpa perlu khawatir dengan bau amis dari ikan.

Ikan yang sudah berwujud tepung memiliki keunggulan dapat bertahan lebih lama dalam suhu tanpa mengalami perubahan apapun. Keunggulan lain adalah tepung ikan berkadar air rendah namun masih memiliki kandungan protein dan mineral tinggi, dapat diolah menjadi berbagai produk makanan, dan menjadi campuran bahan pakan ternak.

Artikel terkait manfaat berbagai tepung :

Adapun jenis ikan yang dapat diproduksi menjadi tepung ikan diantaranya :

1. Ikan Gabus

Ikan gabus sangat melimpah di wilayah Sulawesi Selatan. Sayangnya ikan gabus ini kurang diminati masyarakat daerah tersebut dalam bentuk segar. Padahal banyak kandungan gizi yang ada dalam ikan gabus serta nilai ekonomis tinggi bagi masyarakatnya.

Oleh karena itu, beberapa peneliti pangan membuat tepung dari ikan gabus. Tepung dari ikan gabus ini nantinya dapat dikonsumsi dan divariasikan dengan olahan makanan lainnya serta limbah dari pembuatan tepung dapat dijadikan pakan ternak. Sehingga tidak ada bagian dalam ikan gabus yang terbuang sia-sia karena setiap bagiannya dapat dimanfaatkan.

Artikel terkait tentang ikan : 10 manfaat ikan gabus untuk kesehatan, 6 manfaat ikan lele untuk kesehatan

2. Ikan Lemuru

Ikan Lemuru banyak berkembang biak di Selat Bali. Ikan ini memiliki kandungan lemak tinggi sehingga perlu cara khusus untuk mengolahnya menjadi tepung ikan. Tati Nurhayati seorang peneliti dari IPB mencoba mengolah ikan lemuru ini menjadi tepung dengan berbagai percobaan sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk menghasilkan tepung ikan lemuru yang berkualitas, diperlukan penambahan beberapa zat yang tepat sehingga tepung ikan memiliki kandungan protein tinggi, dan rendah lemak.

Artikel terkait tentang ikan : manfaat ikan salmon, manfaat ikan sarden

sponsored links

3. Ikan Tongkol

Ikan tongkol biasanya hanya diolah sebagai pindang, padahal ikan ini dapat diolah menjadi tepung ikan dan dimanfaatkan untuk produk makanan lainnya. Kandungan ikan tongkol yang penuh nutrisi menjadikan ikan ini akhirnya dapat diolah menjadi tepung ikan.

Artikel terkait tentang ikan : manfaat ikan herring, manfaat ikan belanak

4. Ikan Layang

Ikan layang menjadi salah satu ikan yang banyak tersebar di Indonesia dan dapat ditemui di pasar-pasar tradisional. Ikan ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan berbagai nutrisi dari ikan layang membuat nilai gizi ikan ini dapat diserap tubuh walaupun sudah diolah menjadi tepung. Setelah diubah menjadi tepung, nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai produk makanan seperti stik ikan dan banyak lagi.

Artikel terkait tentang ikan : manfaat daging belut

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 31st, October 2016 / 07:30 Oleh :
Kategori : Daging