Manfaat Tepung Gasol Untuk Makanan Bayi

Tepung gasol merupakan tepung yang terbuat dari bahan alami yang bebas dari zat yang dapat menganggu kesehatan. Ini sudah di buktikan oleh uji laboratorium jika tepung gasol sudah bebas dari residu peptisida. Selain aman tepung gasol juga terjangkau dari sisi harganya jadi tidak perlu khawatir tentang pengeluaran untuk membeli tepung yang sehat ini.

Kandungan tepung gasol

Di dalam tepung gasol terdapat kandungan seperti :

  • Karbonhidrat yang baik sebagai sumber energi untuk melakukan aktifitas sehari – hari. (Baca juga : manfaat karbonhidrat)
  • Protein bertugas untuk membantu meregenerasi sel – sel kulit mati dan diganti dengan sel kulit baru.(Baca juga : Manfaat protein)
  • Zat besi yang baik untuk mencegah penyakit anemia akibat kekurangan hemoglobin dalam darah.( Baca juga : Manfaat zat besi)
  • Vitamin – vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah beberapa kandungan zat dan vitamin yang terdapat pada tepung gasol. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencoba menjadikan tepung gasol sebagai salah satu makanan pendamping asi bagi bayi. Sekarang ini sudah banyak produk yang beredar di toko – toko. Namun sebagai ibu yang pintar anda benar – benar harus memperhatikan dengan teliti kandungan komposisi dari makanan pendamping tersebut. Jangan hanya tergiur tentang harga yang terjangkau yang lebih penting adalah kesehatan yang ditawarkannya. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat tepung gasol. Berikut ini ulasannya untuk anda :

1.Untuk makanan pendamping bayi

Manfaat tepung gasol untuk makanan bayi lebih tepatnya sebagai makanan pendamping asi bagi bayi. Bayi yang baru lahir di berikan air susu ibu oleh ibunya untuk mengenyangkan bayi secara keseluruhan. Karena saat baru lahir organ pencernaan bayi hanya bisa menerima asi yang diberikan oleh ibunya. Manfaat asi sangat penting bagi bayi seperti menjaga kesehatan bayi dan mendekatkan hubungan emosional bayi dan ibunya. Asi dianjurkan oleh dokter untuk di beri secara ekslusif sampai usia bayi 6 bulan. Namun sebenarnya organ pencernaan bayi sudah bisa menerima makanan pendamping selain asi saat bayi berusian 4 bulan. Hanya saja yang perlu di perhatikan selama asi cukup bagi bayi maka tidak perlu makanan tambahan. (Baca juga : Manfaat asi ekslusif bagi ibu dan anak)

Namun jika tidak mencukupi seperti berat badan bayi yang tidak kunjung naik kemudian bayi sering menangis kelaparan karena asi tidak mencukupi. Maka pemberian makanan pendamping asi bisa diberikan untuk seterusnya. Para ibu jika ingin mencoba memberikan tepung gasol sebagai makanan pendamping bagi bayi bisa mencoba melakukan langkah – langkah penyajian di rumah seperti berikut ini :

  • Buka kemasan dari tepung gasol kemudian gunting ujungnya.
  • Ambil beberapa sendok untuk makanan bayi dan masukkan ke dalam panci yang sebelumnya sudah di beri air yang cukup takarannya sesuai dengan jumlah tepung yang di ambil.
  • Panaskan selama 10 – 15 menit dengan api sedang.
  • Aduk hingga rata sesudah itu matikan dan tunggu hingga dingin.
  • Setelah dingin maka tepung gasol bisa di angkat dan disajikan diatas tempat makan bayi anda.

Untuk menyimpan tepung gasol yang sudah di gunting ujungnya tadi boleh di lipat dan di beri karet. Kemudian masukkan ke dalam toples yang rapat dan disimpan di dalam lemari. Perlu diperhatikan jika penggunaan tepung gasol lebih dari dua minggu alangkah baiknya jika di simpan saja di dalam kulkas untuk menjaga kesegaran dari tepung gasol tersebut. Dan sebagai ibu pintar tolong perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari tepung gasol yang anda pakai. Tanggal kadaluarsanya ada di kemasan jadi sebelum di buang diperhatikan dengan seksama dulu.

Untuk ibu tidak perlu khawatir jika bayi merasa bosan makan tepung gasol karena tepung ini juga memiliki berbagai rasa antara lain :

a.Kedelai

Untuk rasa kedelai ini tepung gasol di budidayakan dengan kedelai yang di tanam secara organik.Kedelai mengandung protein yang tinggi beserta asam amino dan glisin. Fungsinya adalah sebagai senyawa yang berkaitan dengan insulin yang di keluarkan oleh prankeas sehingga jaringan tubuh menjadi meningkat pada bayi.

Baca juga :

b. Beras merah

Beras merah kaya akan manfaat bagi tubuh bayi daripada beras putih. Ini karena beras merah mengandung vitamin b yang baik untuk mencegah penyakit beri – beri. Selain itu juga mengandung zat besi yang sangat diperlukan bagi bayi. Zat besi berguna untuk mencegah anemia sehingga peredaran darah menjadi lancar dan bayi sehat selalu. (Baca juga : Manfaat beras merah)

c. Kacang hijau

Tidak ketinggalan tepung gasol juga ada rasa kacang hijaunya. Kacang hijau kaya akan vitamin e yang baik untuk mencegah kerusakan kulit dan juga merupakan salah satu sumber protein nabati. Bayi memerlukan protein untuk membantu meningkatkan kerja sistem di dalam tubuhnya agar berkembang lebih sempurna lagi. Kacang hijau dari tepung gasol ini bisa menjadi pilihan bagi para ibu untuk bayi yang sehat dan lincah.

Baca juga :

d. Beras coklat

Setelah tepung gasol rasa beras merah ada juga saingannya yaitu tepung gasol beras coklat. Nah tepung ini adalah beras putih yang dijadikan sebagai bahan dasar. Kandungannya beragam ada protein, vitamin, mineral dan juga serat. Serat penting bagi bayi untuk menjaga sistem pencernaannya. Karena bayi memiliki sistem pencernaan yang masih sensitif. Jadi makanan yang di berikan sebagai tambahan bagi bayi haruslah aman dan tidak menyebabkan masalah nantinya pada sistem pencernaan bayi.

e. Kacang merah

Sudah dipastikan bahwa tepung gasol ini berasal dari kacang merah 100 %. Kacang merah yang kaya akan serat, vitamin, folasin, zat besi, fosfor dan kalsium. Semua kebutuhan bayi bisa di penuhi dengan pemberian tepung gasol ini secukupnya. Bagaimanapun juga kacang merah bisa menjadi pilihan para ibu agar bayi tetap sehat selalu. (Baca juga : Manfaat kacang merah)

f. Ubi

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang kaya akan karbonhidrat. Bagi bayi karbonhidrat bisa mencukupi kebutuhan energi untuk melakukan aktifitas seperti belajar duduk dari posisi sebelumnya yaitu berbaring. Jadi kebutuhan akan karbonhidrat bisa dipenuhi juga bagi bayi di dalam ubi ini yang cocok dengan sistem pencernaannya. (Baca juga : Manfaat ubi jalar)

g. Pisang

Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan hampir semua yang berbahan dasar pisang di sukai oleh bayi. Tepung gasol rasa pisang mengandung kalium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan kepadatan tulang. Bayi yang masih kecil hampir semua tulangnya masih berupa tulang rawan. Untuk itu butuh makanan yang bisa membentuk kepadatan tulangnya. Salah satunya tepung gasol rasa pisang.

Baca juga :

Itulah beberapa jenis rasa tepung gasol yang bisa ibu ganti – ganti untuk menjauhi kebosanan bagi bayi. Juga kandungan gizi yang berbeda di tiap rasa baik untuk mencukupi kebutuhan harian bayi ibu.

2. Bahan pelengkap kue

Tepung gasol ternyata juga bisa mejadi bahan pelengkap kue. Jika anda selama ini menggunakan tepung terigu untuk membuat kue maka memberikan tepung gasol sedikit ke dalam bahan pembuatan justru akan membuat kue lebih padat dari biasanya. Namun pemberian tepung ini secukupnya saja. Jangan keseluruhan karena jika tepung terigu di ganti seluruhnya dengan tepung gasol yang ada kue jadi lebih padat dan sulit untuk di telan.

Baca juga :

Manfaat tepung gasol ini bisa menjadi pilihan anda karena sudah banyak yang membuktikan manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Kelebihan Tepung Gasol

Tepung gasol memiliki beberapa kelebihan yang baik untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Tepung gasol di produksi tanpa mencampurkan bahan – bahan seperti pengawet, perasa dan perwarna yang tidak baik untuk kesehatan.
  • Benar – benar menjaga kebersihan tepung saat di produksi menggunakan mesin.
  • Penanamannya di lakukan secara organik dan untuk benih bukan benih yang berasal dari hasil rekayasa genetika.

Demikianlah kelebihan dari tepung gasol yang bisa dipertimbangkan untuk menggunakannya dalam memenuhi kebutuhan bayi dan juga sebagai pelengkap bahan dasar membuat kue.

, , ,
Post Date: Monday 07th, November 2016 / 02:36 Oleh :
Kategori : Makanan