Sponsors Link

Manfaat Telur Untuk Luka Jahitan Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Mempunyai cangkang dan biasanya dimasak sebagai lauk. Apalagi kalau bukan telur yang untuk sebagian orang telah menjadi salah satu makanan favorit. Sejak dahulu, telur memang menjadi makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi bukan hanya untuk mereka yang masih dalam masa pertumbuhan saja, tapi mereka yang sudah dewasa atau lanjut usia dan juga mereka yang sedang sakit.

Dalam sebutir telur, ada 3 bagian telur yang tentu saja telah banyak orang yang mengetahuinya, yaitu cangkang, putih telur, dan kuning telur. Untuk bagian cangkang sendiri, komposisinya hanya 11% saja, dan sedangakan untuk bagian putih telur, komposisinya sekitar 57%. Kemudian, bagian kuning telur hanya 32% dari komposisi sebutir telur. Dari komposisi telur di atas, maka bagian yang paling banyak dalam sebutir telur adalah bagian putihnya. Dalam hal ini, setiap bagian yang ada pastinya mempunyai manfaat masing-masing. Sebagai contoh cangkang telur yang dapat digunakan untuk kerajinan tangan, putih telur yang kaya akan protein, dan kuning telur yang kaya akan lemak.

Kandungan Gizi Telur

Telur mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan menyehatkan tubuh. Ada berbagai macam kandungan gizi yang terdapat dalam telur, antara lain:

  • Protein. Untuk kandungan proteinnya sendiri, telur mempunyai kandungan protein yang paling tinggi dengan asam amino yang paling lengkap pula jika dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Dalam telur, ada 8 jenis asam amino yang terkandung dan mempunyai fungsi yang berbeda pula yaitu triptofan, metionin, leusin, isoleusin, valin, treonia, lisin, dan fenilalanin. [artikel terkait:
sponsored links

Dengan kandungan yang terkandung dalam telur, khususnya kandungan asam aminonya yang lengkap, telur menjadi makanan yang sangat baik untuk luka jahitan. Dengan demikian, seseorang yang baru saja operasi dan mempunyai luka jahitan, mereka sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mempunyai kandungan protein yang tinggi seperti ikan dan telur. Manfaat telur untuk luka jahitan dijelaskan di bawah ini:

1. Membantu Pembentukan Jaringan Baru Bagi Tubuh

Seseorang yang mempunyai luka jahitan sangat membutuhkan asupan protein yang cukup sebab luka jahitan membutuhkan protein agar tubuh membuat jaringan baru sehingga luka jahitan akan cepat kering dan sembuh. Fungsi protein adalah membantu tubuh membuat jaringan baru pada luka. Tentu saja, jika asupan protein seseorang tercukupi dengan baik, maka proses penyembuhan luka pun akan semakin cepat. Sebaliknya, kekurangan protein dalam tubuh akan menyebabkan luka yang diderita seseorang akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses penyembuhan luka, termasuk luka jahitan.

2. Menyembuhkan Luka Jahitan

Pentingnya peran protein untuk penyembuhan luka jahitan sendiri disebabkan oleh adanya beberapa kandungan asam amino yang ada di dalam telur. Dalam hal ini, ada beberapa jenis asam amino pada telur yang mempunyai peran besar untuk menyembuhkan luka jahitan.

  • Leusin. Asam amino ini sangatlah baik untuk membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan nitrogen dan pembentukan sel pertumbuhan. Selain itu, fungsi jenis asam amino yang satu ini lainnya adalah untuk menstabilkan gula darah dan membantu proses penyembuhan luka pada tulang, otot dan kulit. Karena luka jahitan biasanya berada di area otot dan kulit, maka penyembuhan luka jahitan akan sangat terbantu dengan adanya jenis asam amino ini pada telur.
  • Isoleusin.  Jenis asam amino yang satu ini mempunyai fungsi untuk mencegah kerusakan pada otot sehingga otot yang rusak atau luka akan segera diperbaiki oleh tubuh dengan bantuan asam amino isoleusin.
  • Valin. Selain itu, ada juga asam amino yang dikenal dengan nama valin. Jenis asam amino yang juga terkandung dalam telur ini pun mempunyai manfaat luar biasa untuk luka jahitan. Dengan tercukupinya asam amino valin di dalam tubuh, maka proses penyembuhan luka akan lebih cepat. Hal ini dikarenakan fungsi dari valin sendiri yaitu mampu memperbaiki dengan baik jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan otot dan kulit.

artikel terkait: manfaat ikan betutumanfaat rivanolmanfaat minyak tawonmanfaat jamur tiram

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 05th, May 2016 / 07:58 Oleh :
Kategori : Kesehatan