Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan Ayam Bangkok

Diantara pecinta ayam di tanah air, ayam Bangkok bukanlah hal yang tidak asing lagi. Konon, sesuai namanya ayam ini Berasal dari Bangkok, Thailand. Dinamakan ayam Bangkok, ayam ini terkenal dengan kualitas bagus sebagai ayam petarung. Serupa dengan ayam liar, ayam ini memiliki sifat petarung hinga mati guna mempertahankan daerah kekuasaannya.

artikel terkait:

Menurut sejarah, ayam Bangkok pertama kali ditemukan berawal dari orang-orang Thailand yang berhasil menemukan ayam jago yang memiliki gerakan cepat dan pukulan mematikan, bahkan otaknya aktif berjalan ketika sedang bertarung. Ayam ini disebut dengan Kings’s Chicken. Seiring dengan berjalannya waktu, ayam ini banyak disilangkan dengan berbagai jenis ayam aduan sehingga bahkan nyaris tidak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos serta ayam Bangkok dari Thailand.

Pada saat masuk ke Indonesia, ayam ini dipercaya pertama kali dikenalkan di daerah Tuban, Jawa Timur. Kini , ayam Bangkok telah banya menyebar ke seluruh Indonesia bahkan dikawin silangkan dengan ayam local. Ayam Bangkok yang telah menyebar di masyarakat Indonesia kabarnya merupakan ayam Bangkok keturunan yang dikawin silangkan, namun bentuknya tidak jauh berbeda dengan ayam Bangkok asli.

artikel terkait: manfaat burung merak

CIri-ciri Ayam Bangkok

Adapun ciri-ciri umum ayam Bangkok dapat dideskripsikan sebagai berikut.

  • Ukuran tubuh besar dan telihat tegap berdiri hampir sekitar 90 derajat
  • Bagian dada terlihat gagah
  • Mata terlihat cerah
  • Ukuran leher panjang
  • Warna bulu ayam beragam
  • Jengger berwarna merah berbentuk roes dan pial pendek
  • Paruh berwarna kuning berbentuk panjang dan tebal
  • Kaki berwarna kuning, terlihat bulat, kering dan rapih
  • Bobot pejantan dewasa berkisar antara 2,5-4 kg

Selain itu, menurut Wibisono juga membedakan ayam Bangkok berdasarkan corak dan warna bulunya.

  • Wiring, dengan warna dasar hitam dan bulu rawis serta ekor yang berwarna kuning
  • Wangkas, dengan warna dasar kuning kemerahan
  • Klawu, dengan warna dasar abu-abu
  • Blorok, dengan warna dasar bulu totol-totol dari kumpulan berbagai warna
  • Jragem, dengan warna dasar bulu hitam
  • Jail, dengan warna dasar lirik berupa percampuran beberapa warna garis-garis kecil
  • Putih, dengan warna dasar bulu putih

artikel terkait: manfaat telur untuk anemiamanfaat makan telur rebusmanfaat teh telur

Mendongkrak Kekuatan Ayam Bangkok dengan Telur Puyuh

Meskipun ayam Bangkok telah terkenal kekuatannya, namun tetap ada baiknya bagi pemilik ayam Bangkok untuk menjaga stamina ayam ini dengan cara memberikan telur burung puyuh. Caranya, Anda tinggal memberikan telur burung puyuh rebus sebagai pakan ayam Bangkok.  Andapun juga dapat memberikan telur puyuh mentah kepada ayam Bangkok secara langsung, namun cucilah dengan air panas terlebih dahulu.


Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa harus telur burung dengan ukuran 10 hingga 12 gram tersebut? Ada beberapa alasan mengapa telur burung puyuh bermanfaat bagi ayam Bangkok, antara lain:

  1. Meski berukuran kecil, kandungan gizi yang terdapat dalam burung puyuh lebih besar 3-4 kali lipat dibandingkan dengan telur ayam
  2.  Setiap 100 gram telur puyuh, terkandung 168 gram kkal energy yang dapat membantu memenuhi kebutuhan stamina ayam Bangkok saat latihan maupun beradu
  3. Protein yang terdapat dalam burung puyuh lebih besar dibandingkan dengan protein yang terdapat dalam telur ayam. Asupan protein yang terdapat dalam telur burung puyuh sangat membantu ayam Bangkok untuk menjaga kesehatannya
  4. Kalsium yang terdapat dalam telur burung puyuh juga dapat membantu ayam Bangkok untuk mejaga kesehatan tulang dan paruhnya
  5. Kandungan vitamin yang terdapat pada telur puyuh juga sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan telur ayam
  6. Telur puyuh juga menyediakan zat besi dan potassium sebanyak 5 kali lipat dibandingkan dengan telur ayam
  7. Selain itu, jika dibandingkan dengan meberikikan telur ayam mentah kepada ayam bangkok, telur puyuh mentah juga terhindar dari resiko terkena bakteri salmonella.
  8. Terlebih, memberikan telur puyuh setiap pagi pada ayam Bangkok dipercaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh ayam Bangkok.

artikel terkait:

, ,
Post Date: Saturday 08th, April 2017 / 07:00 Oleh :
Kategori : Makanan