Sponsors Link

10 Manfaat Telur Penyu Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Penyu merupakan salah satu binatang laut yang tergolong dalam binatang amphibi, atau bisa hidup di dua alam. Penyu dapat bertahan hidup di laut dan juga di darat selama beberapa jam. Penyu diduga sudah hidup pada jaman dinosaurus dan dapat hidup selama 160 tahun. Binatang amphibi ini dapat ditemukan di seluruh samudra di dunia. Dalam sekali bertelur, telur yang dihasilkan oleh penyu dapat mencapai 150 butir. Ketika hendak bertelur, penyu akan datang ke bibir pantai dan menyimpan seluruh telurnya di dalam pasir. Telur penyu inilah yang banyak dicari karena dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait:

Manfaat telur penyu

Beberapa manfaat yang berasal dari mengkonsumsi telur penyu diantaranya:

  1. Membantu Pembentukan Otot

Telur penyu memiliki kandungan proten alami yang dapat menghasilkan asam amino. Asam amino yang dihasilkan oleh protein dalam telur penyu ini mampu membantu pembentukan otot. Dengan adanya asam amino yang membantu pembentukan otot, otot akan lebih terjaga dan lebih kuat dibandingkan dengan otot yang tidak mendapatkan asupan protein yang menghasilkan asam amino.

artikel terkait: manfaat  makan telur rebus

  1. Sebagai Sumber Energi

Energi dibutuhkan oleh tubuh agar mampu beraktivitas dengan normal. Apabila kebutuhan energi tidak terpenuhi, maka tubuh akan menjadi lemas dan kurang memiliki tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas. Energi untuk memenuhi kebutuhan tubuh dapat diperoleh dari mengkonsumsi telur penyu. Telur penyu memiliki kandungan trigliserida dan fosfolipida yang menghasikan energi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan trigliserida dan fosfolipida tersebut mampu memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masyarakat disekitar pesisir pantai yang memiliki pekerjaan berat memakan telur penyu untuk menambah energi. Mengkonsumsi telur penyu sangat cocok untuk orang yang melakukan pekerjaan berat karena kandungan trigliserida dan fosfolipida yang sangat tinggi.

artikel terkait: manfaat telur untuk anemia

  1. Menyehatkan Mata

Menjaga kesehatan panca indera memanglah sangat penting. Salah satu panca indera yang sangat penting untuk dijaga adalah mata, karena mata merupakan alat indera yang digunakan untuk melihat apa saja yang ada dihadapan kita. Gangguan pada mata harus segera diatasi agar tidak semakin parah dan tidak menimbulkan masalah lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata yakni dengan mengkonsumsi telur penyu. Telur penyu memiliki kandungan antioksidan dan lutein yang dapat membantu mencegah terjadinya gangguan mata. Gangguan mata yang dapat diatasi berupa gangguan mata akibat penuaan dan juga gangguan mata karena penyakit katarak. Melakukan pencegahan sebelum terjadinya gangguan mata yang terjadi dengan mengkonsumsi telur penyu, mata akan lebih sehat dan menghindari terjadinya rabun akibat penuaan dan penyakit katarak.

artikel terkait: manfaat telur ikan

  1. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan banyak orang. karena memiliki berat badan yang berlebihan akan mengganggu aktivitas, penampilan dan juga kesehatan. Kelebihan berat badan biasanya terjadi karena kelebihan lemak yang menumpuk di bawah lapisan kulit dan beberapa bagian tubuh lainnya. menjaga berat badan agar tetap ideal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi telur penyu. Mengkonsumsi telur penyu bermanfaat untuk proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi telur penyu dapat menurunkan berat badan berlebih dan menjaganya agar tetap ideal.

artikel terkait: manfaat telur untuk luka jahitan

sponsored links
  1. Baik Untuk Pertumbuhan

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, memerlukan nutrisi yang cukup agar masa pertumbuhan tidak teranggu. Agar pertumbuhan tubuh berjalan dengan baik, mengkonsumsi telur penyu dapat menjadi salah satu makanan yang dapat menunjang proses pertumbuhan anak.

artikel terkait: manfaat kulit telur

  1. Meregenerasi Sel Yang Rusak

Telur penyu memiliki kandungan asam amino yang lebih tinggi dibandingkan beberapa jenis telur lainnya. Asam amino dalam telur penyu, selain dapat membantu pembentukan otot juga mampu meregenerasi sel yang rusak. Regenerasi sel yang dilakukan oleh kandungan asam amino dalam telur penyu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka serta menggantikan dan meremajakan sel yang sudah mati dan tidak dibutuhkan.

artikel erkait: manfaat telur bagi ibu hamil

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain manfaatnya untuk kesehatan, telur penyu juga dapat membantu menyehatkan kulit dengan menutrisi kulit. Mengkonsumsi telur penyu dapat membantu meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, kulit akan menjadi lebih lembab dan mencegah terjadinya kulit kering. Kulit menjadi lebih terjaga kesehatannya.

artikel terkait: manfaat telur kalkun

  1. Menambah Gairah Seks Pria

Di beberapa daerah, telur penyu dikenal sebagai salah satu ramuan  yang digunakan untuk obat kuat. Telur penyu dikenal dapat meningkatkan stamina pria. Mengkonsumsi telur penyu beberapa saat sebelum melakukan hubungan seksual dapat membantu meningkatkan stamina dan gairah melakukan hubungan.

artikel terkait: manfaat telur hias

  1. Mengatasi Sariawan

Telur penyu memiliki berbagai nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi telur penyu adalah sariawan. Meskipun tergolong penyakit ringan, sariawan merupakan penyakit yang sangat mengganggu karena akan mengurangi nafsu makan. Mengalami sariawan dapat memicu penyakit lain seperti maag dan gangguan pencernaan karena nafsu makan yang menurun.

artikel terkait: manfat telur ayam kampung mentah

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung dalam telur penyu dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang sering terjadi terlebih bagi orang yang dalam usia lanjut. Untuk itu, telur penyu dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tulang.

Telur penyu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Selain telur penyu, penyu juga dimanfaatkan daging dan minyaknya. Daging penyu dipecaya dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti jantung, paru, ambeien, kekurangan darah dan masalah pencernaan. Minyak yang dihasilkan oleh penyu juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit dan memperbesar payudara.

artikel terkait: manfaat telur

Dari beberapa manfaat telur penyu yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa pertentangan tentang kandungan penyu. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa telur penyu mengandung kolesterol tinggi dan mengandung senyawa beracun yang dikenal dengan PCB atau polychlorinated biphenyl yang dapat memicu timbulnya kanker, kerusakan sistem syaraf dan juga gangguan hormon. Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi telur penyu dapat mengakibatkan cacat bagi anak yang dilahirkan.

Namun menurut beberapa orang yang pernah mengkonsumsi telur penyu, telur penyu memiliki khasiat seperti yang telah dijelaskan di atas. Yang perlu diperhatikan adalah populasi penyu yang semakin hari menurun, sehingga penyu perlu dibudidayakan dan dibatasi jumlah penjualan serta konsumsi telur penyu. Meskipun termasuk binatang yang dilindungi, namun ketika kondisi mendesak untuk mengatasi masalah kesehatan, boleh sesekali mengkonsumsinya asalkan tidak berlebihan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 10:57 Oleh :
Kategori : Makanan