Sponsors Link

7 Manfaat Telur Kalkun untuk Tubuh

Sponsors Link

Kalkun, merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki struktur tubuh mirip dengan ayam. Maka dari itu, kalkun sendiri juga sering kita kenal dengan ayam kalkun. Di Indonesia ayam kalkun sendiri memang tidak sepopuler ayam jenis biasa, karena memang ukuran kalkun yang jauh lebih besar dari ayam biasa, dan jarang keluarga ataupun orang yang mengkonsumsi kalkun. Selain itu, peternakan ayam kalkun pun masih jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan peternakan ayam pada umumnya. Hal in

ads

i juga dipengaruhi oleh permintaan masyarakat dan konsumen terhadap ayam kalkun yang tentu saja juga sedikit.

Ayam kalkun, memiliki bobot tubuh yang jauh lebih besar dan juga lebih berat dibandingkan dengan ayam pada umumnya. Namun demikian, rasa dari ayam kalkun memang jauh lebih nikmat apabila dibandingkan dengan ayam biasa. Nah selain daging, dan ukurannya yang lebih besar dan juga nikmat,  sama seperti telur ayam pada umumnya telur kalkun pun bisa dikonsumsi.

Kelebihan Telur Kalkun

Telur kalkun pada dasarnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan telur ayam pada umumnya, hal ini menyebabkan telur kalkun menjadi lebih mengenyangkan dan juga memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang ada pada telur kalkun :

  • Kaya akan vitamin
  • Omega 3
  • Omega 6
  • Protein yang tinggi
  • Rendah lemak
  • Non kolestrol

Nah, ternyata telur kalkun meskipun masih kurang populer dan juga cukup sulit diperoleh, karena tidak banyak dijual di pasar tradisional ataupun pasar modern, ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh. Berikut ini adalah beberapa manfaat telur kalkun dan beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari telur kalkun :

1. Kaya protein

Manfaat pertama dari telur kalkun adalah bagi perkembangan otot-otot dan sel-sel di dalam tubuh. Manfaat ini bisa kita peroleh dari kandungan manfaat protein yang tinggi pada telur kalkun. Protein yang tinggi akan sangat membantu anda dalam mengembangkan otot otot dan menjaga regenerasi sel tubuh. Selain itu, protein juga turut berperan serta dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

2. Rendah lemak

Yang kedua, merupakan kelebihan dari telur kalkun. Ya, telur kalkun merupakan jenis telur yang memilki kandungan lemak yang sangat rendah. Bagi anda yang takut mengalami kegemukan atau sedang berada dalam diet untuk menguruskan badan dan membentuk tubuh. Maka telur kalkun merupakan salah satu pilihan konsumsi yang sangat tepat karena selain rendah lemak. Telur kalkun juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami obesitas ketika anda mengkonsumsi telur kalkun ini.

3. Non kolesterol

Kelebihan telur kalkun yang lainnya adalah merupakan salah satu jenis telur yang masuk ke dalam kategori non kolesterol. Seperti kita ketahui, telur ayam biasa terutama bagian kuning telurnya, merupakan salah satu sumber kolesterol yang sangat tinggi. Banyak orang menghindari konsumsi kuning telur, karena tinggi akan kolesterol. Nah, atidak perlu takut mengkonsumsi telur kalkun. Pada dasarnya telur kalkun merupakan salah satu jenis telur unggas yang memiliki kandungan kolesterol rendah, atau bisa kita katakan juga non kolesterol.

ads

4. Baik untuk kesehatan dan perkembangan otak

Selain itu, telur kalkun juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam perkembangan otak. Hal ini dikarenakan telur kalkun memiliki kandungan omega 3 dan juga omega 6 yang cukup tinggi. Bagi anda yang sedang mengandung, konsumsi telur kalkun secara teratur akan membantu proses perkembangan dari janin. Bagi anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, konsumsi telur kalkun akan membantu meningkatkan proses berpikir, karena mengalami perkembangan otak yang lebih baik. Hal ini akan berdampak pada kapasitas berpikir yang lebih baik, dan perkembangan otak yang pesat.

5. Lebih mengenyangkan

Dengan ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan telur ayam dan telur unggas pada umumnya, dan juga kandungan gizi yang tinggi pada telur kalkun, maka sudah pasti manfaat telur kalkun jauh lebih mengenyangkan dibandingkan jenis telur lainnya. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat, terutama bagi anda yang sedang berada dalam program diet, karena dengan konsumsi telur kalkun, hal ini akan membantu anda kenyang lebih cepat dan juga lebih lama.

6. Memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat

Kelebihan lainnya dari telur kalkun adalah rasanya. Telur kalkun memiliki rasa yang lebih gurih dan juga lebih nikmat. Hal ini dikarenakan kandugnan gizi yang ada di dalam telur kalkun, dan juga rasa dari telur kalkun itu sendiri. Bagi anda yang ingin mencoba mengkonsumsi telur dengan rasa yang nikmat dan juga gurih, maka anda harus mencoba mengkonsumsi telur kalkun ini.

7. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Dengan banyaknya kandungan vitamin, protein dan juga omega 3 dan omega 6, maka bukan rahasia lagi apabila telur kalkun memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga, anda akan menjadi lebih tahan terhadap penyakit, dan tentu saja dapat beraktivitas dengan lebih baik, tanpa merasa lelah, lemas dan mudah mengantuk. Daya tahan tubuh yang meningkat akan berpengaruh pada vitalitas tubuh dan membantu  dalam mengerjakan aktivitas anda sehari-hari.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 19th, February 2016 / 07:16 Oleh :
Kategori : Makanan