23 Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal telur asin? Ya, salah satu jenis masakan tradisonal khas Indonesia, telur asin merupakan salah satu makanan favorit bagi para pecinta kuliner Indonesia. Telur asin sendiri merupakan telur bebek matang yang mengalami proses pembusukan dengan menggunakan bata merah, hingga rasanya menjadi asin.

Cara Mengolah Telur Asin

Salah satu lokasi yang merupakan sentra kerajinan telur asin adalah daerah Brebes. Telur asin sendiri biasanya berwarna kehijauan, sebagai akibat dari proses fermentasi dan biasanya juga dibuat dari telur itik atau bebek. Namun tidak perlu repot membeli telur asin, karena sebenarnya anda juga bisa membuat telur asin itu sendiri di rumah.

manfaat telur asinBagaimana cara membuat telur asin? Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya :

  • Siapkan telur bebek yang baik kualitasnya, sebanyak 10 hingga 40 butir
  • Siapkan abu gosok atau bata merah yang sudah dihancurkan menjadi bentuk bubuk sebanyak kurang lebih 2 liter
  • Garam dapur ½ kg
  • Air

Cara membuatnya :

  1. Cuci bersih telur denganmenggunakan air, lalu keringkan dan diamplas halus sedikit bagian kulitnya, agar pori – porinya terbuka
  2. Campurkan abu gosok atau bubuk bata dengan garam, lalu tuangkan sedikit air hingga menjadi pasta.
  3. Setelah itu, bungkus telur satu per satu dengan menggunakan larutan nomor 2
  4. Simpan telur dalam ember atau wadah penyimpanan, kurang lebih 15 – 20 hari.
  5. Setelah selesai, bersihkan kulit telur, dan telur asin siap untuk dihidangkan

Itulah cara-cara untuk mengolah telur bebeek menjadi telur asin

Apa saja manfaat dari telur asin?

Telur asin sendiri ternyata memilki banyak sekali manfaat bagi kita semua. Apa saja manfaat dari telur asin ini? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai camilan dan juga teman makan

Manfaat pertama dari telur asin yang paling utama adalah sebagai salah satu camilan dan juga teman untuk makan. Biasanya telur asin sering dimakan begitu saja, karena rasanya yang gurih dan nikmat, selain itu, telur asin juga sering dijadikan makanan pendamping, salah satunya adalah makanan pendamping rawon.

2. Tinggi Protein

Seperti halnya telur pada umumnya, telur asin memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kira-kira dalam satu butir telur asin, terdapat kandungan 9 gr protein yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Protein dapat membentuk otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Membantu pertumbuhan sel baru

Protein juga dapat membantu untuk membentuk sel-sel baru di dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Jadi dengan mengkonsumsi telur asin, sel-sel tubuh yang rusak dapat diregenerasi dengan optimal, sehingga berpengaruh kepada ketahanan tubuh kita.

4. Meningkatkan fungsi dari sel darah merah

Manfaat telur asin bagi tubuh juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi dari sel darah merah di dalam tubuh. Telur asin juga dapat meningkatkan kandungan sel darah merah di dalam tubuh dan juga baik untuk mencegah terjadinya pendarahan.

5. Baik untuk kesehatan kulit

Telur asin memilki kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit kita. Dengan adanya kandungan vitamin E ini, maka kulit kita akan menjadi lebih cerah, bersinar dan juga menjadi lebih halus. Selain itu, dengan adanya kandungan vitamin E ini, kita akan terhindar dari berbagai gangguan pada kulit, seperti ruam, infeksi, iritasi, jamur, eksim dan penyakit kulit lainnya.

6. Menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya gangguan pada tulang

Manfaat telur asin juga mengandung  fosfor dan kalsium yang cukup banyak untuk membantu menjaga kesehatan dan juga membantu pertumbuhan tulang kita. Hal ini membuat telur asin bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan juga dapat membantu pertumbuhan anak, terutama pada masa pertumbuhan, sehingga dapat meninggikan badan dengan optimal.

7. Selenium membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan

Telur asin juga memiliki kandungan selenium. Selenium yang terkandung di dalam telur asin ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Dengan adanya kandungan selenium ini, maka anda akan terhindar dari berbagi macam gangguan kesehatan yang menyerang sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit flu dan juga batuk.

8. Mencegah gejala anemia

Telur asin memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dengan adanya kandungan zat besi yang ada pada telur asin ini, maka dapat membantu tubuh untuk menegah terjadinya gejala anemia atau kekurangan darah. Biasanya gejala anemia adalah tubuh yang terasa lemas dan juga lesu, mudah merasa lelah, mual, pusing dan sakit kepala. Maka dengan adanya kandungan zat besi pada telur asin, semua gejala anemia tersebut dapat dicegah.

9. Memberikan asupan energi yang tinggi

Jangan lupa, telur asin juga dapat memberikan energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan selain memiliki kandungan protein, telur asin juga memiliki kandungan lemak, yang dapat menghasilkan kalori. Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari.

10. Dapat menjaga kesehatan mata

Ternyata, manfaat telur asin juga memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan optimalnya asupan vitamin A pada tubuh kita, maka kita dapat terhindar dai berbagai gangguan kesehatan mata dan membuat kesehatan mata kita akan selalu terjaga dengan baik.

11. Baik untuk perkembangan otak

Telur asin juga memilki kandungan omega 3. Omega 3 merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk untuk membantu perkembangan otak. Terutama pada masa 3 tahun pertama kelahiran dan juga ketika masa mengandung. Maka dari itu ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur asin. Namun jangan berlebihan karena dapat menimbulkan gejala hipertensi atau darah tinggi.

12. Memperlancar peredaran darah

Manfaat lainnya dari berbagai kandungan mineral yang ada pada telur asin sangatlah baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peradaran darah ini, maka suplai dari darah dan juga mineral lainnya ke organ-organ tubuh akan menjadi lancar. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah.

13. Kaya Antioksidan

Manfaat dari telur asin adalah sebagai antioksidan. Ya, antioksidan merupakan salah satu kandungan yang penting yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan ini dapat mencegah munculnya penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker.

Itulah manfaat penting dari telur asin yang perlu anda ketahui. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa mengkonsumsi telur asin dalam jumlah berlebihan malah akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Jadi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

,
Post Date: Friday 24th, July 2015 / 09:31 Oleh :
Kategori : Makanan