10 Manfaat Telur Angsa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat telur angsaAngsa merupakan salah satu unggas yang banyak dipelihara di Indonesia, selain bebek, itik dan entok. Angsa sendiri memiliki anatomi tubuh yang mirip dengan bebek atau itik, namun memiliki postur dan bobot yang besar dibandingkan itik ataupun bebek. Biasanya, angsa atau yang dalam bahasa Inggris disebut goose ini diternak untuk hobi maupun diambil dagingnya.

Nah, salah satu produk dari angsa yang paling sering dimanfaatkan oleh manusia selain dagingnya adalah telurnya. Telur angsa memiliki ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan telur ayam dan juga telur bebek, dengan warna kulit atau cangkang telur putih bersih, yaitu memiliki ukuran tinggi sepanjang 113 mm dan diameter kurang lebih 74 mm. satu butir telur angsa biasanya memiliki rata-rata berat sebesar 340 gram.

Telur angsa sendiri mungkin kurang populer di telinga masyarakat Indonesia secara umum, namun, ternyata telur angsa memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari telur angsa :

1. Cangkangya untuk Bahah Kerajinan tangan

Dengan ukuran yang lebih besar daripada jenis telur lainnya, cangkang telur angsa ini sering dimanfaatkan oleh para seniman dan produsen-produsen kerajinan tangan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dibuat sangatlah banyak dan bervariasi, tergantung dengan kreativitas dari pembuatnya.

2. Baik untuk Kesuburan Kandungan

Manfaat telur angsa rebus memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satu fungsi utama dari asam folat yang terkandung di dalam telur angsa rebus adalah sangat baik bagi kesuburan kandungan. Asam folat juga banyak terdapat pada :

3. Baik untuk Perkembangan Otak

Anda ingin memiliki buah  yang pintar? Maka anda pun harus dapat menjaga asupan gizi janin anda agar perkembangan otak sang janin tidak mengalami gangguan. Salah satu manfaat telur angsa ini adalah dapat membantu perkembangan otak, terutama ketika berada dalam masa kandungan dan 3 tahun pertama.

4. Mempercepat proses kehamilan

Manfaat dari telur angsa rebus lainnya adalah dapat mempercepat proses kehamilan. Mempercepat proses kehamilan ini berarti ketika seseorang ingin hamil, maka telur angsa rebus dapat membantu menstimulasi dan mempercepat terjadinya proses pembuahan janin. Khasiat ini juga ditemui pada :

5. Menambah daya tahan tubuh

Telur angsa rebus, sama seperti jenis telur lainnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaat utama dari vitamin dan mineral yang ada di dalam telur angsa rebus ini adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh anda terjaga, maka anda akan :

  • Mudah terhindar dari berbagai jenis penyakit
  • Tidak mudah lelah dalam beraktivitas
  • Dapat beraktivitas dengan optimal dan penuh semangat

6. Menghilangkan jerawat

Manfaat telur angsa juga dapat berguna sebagai obat penghilang jerawat. Carana dengan menggunakan manfaat putih telur angsa sebagai masker wajah. Putih telur ini dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit secara alami sehingga dapat mengurangi resiko munculnya jerawat. Berikut in langkah-langkah menggunakan putih telur sebagai masker wajah :

  • Pisahkan putih telur dan kuning telur angsa
  • Anda dapat menambahkan manfaat buah-buahan untuk masker, seperti perasan jeruk lemon, alpukat, nanas, dan atau bisa dengan menambahkan manfaat madu.
  • Aduk putih telur dan campurannya hingga rata dan berbuih
  • Oleskan masker ke seluruh bagian wajah, tunggu hingga kering
  • Setelah kering bilas masker dengan air bersih hingga benar-benar bersih

7. Sumber protein yang btinggi

Telur angsa ternyata juga memiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan proteinnya kira-kira sebesar 13.9% dari total berat telur angsa itu sendiri. Tentu saja protein ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan tubuh. Biasanya manfaat protein yang ada pada telur angas ini dapat berguna untuk :

  • Membentuk dan meningkatkan massa otot
  • Memberikan kekuatan bagi tubuh
  • Memberikan tenaga untuk beraktivitas
  • Mengikat lemak
  • Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

8. Mengandung zat besi dan kalium

Telur angsa tugas memiliki kandungan manfaat zat besi dan kalium yang cukup tinggi, yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kedua zat ini sangat berperan penting bagi :

  • Pembentukan sel darah merah
  • Pencegahan terhadap anemia
  • Peningkatan imunitas dan daya tahan tubuh
  • Penyembuhan luka, karena dapat mempercepat penyembuhan luka

9. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Yap, manfaat telur angsa ialah telur angsa dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat kalsium dan manfaat fosfor pada telur angsa yang cukup tinggi. Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium dan fosfor yang terkandung dalam telur angsa ini juga bermanfaat untuk :

  • Mencegah osteoporosis
  • Menambah tinggi badan, terutama dalam masa pertumbuhan

10. Kandungan Vitamin B2

Telur angsa memiliki kandungan vitamin B2. Manfaat Vitamin B terutama B2 yang ada pada telur angsa ini memiliki beberapa manfaat penting bagi tubuh kita, yaitu :

  • Menjaga ketahanana saraf
  • Mempercepat pemindahan rangsangan cahaya menuju ke saraf mata.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah terjadinya sariawan dan bibir pecah-pecah

Namun demikian saat ini sudah jarang orang yang berternak angsa secara khusus dan biasanya angsa hanya dipelihara layaknya hewan peliharaan, bukan untuk diternak. Karena itu, saat ini produk-produk hasil olahan angsa cenderung sulit dan jarang ditemui di pasaran. Angsa sendiri tidak terlalu sulit untuk dipelihara atau diternakkan, seperti layaknya jenis itik, bebek dan unggas lainnya seperti ayam, angsa sangat mudah untuk dipelihara. Pakan untuk berternak angsa pun cukup banyak tersedia di pasaran.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun telur angsa memiliki kekurangan yaitu kandungan lemak dan kolestrolnya yang tergolong tinggi. Hal ini patut anda waspadai, terutama bagi anda yang memiliki bakat penyakit kolestrol, dan jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi telur angsa ini. Itulah beberapa manfaat dari telur angsa. Semoga artikel ini bermanfaat.

,
Post Date: Tuesday 19th, May 2015 / 09:53 Oleh :
Kategori : Hewan