Sponsors Link

21 Manfaat Teladak untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Teladak, atau telada merupakan jenis tanaman air yang juga biasa disebut dengan selada air. Teladak memiliki bentuk daun berbentuk bulat kecil dan agak bergerigi dengan batangyang kecil seperti lidi. Tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai sayuran dan dijual di pasar tradisional, dan ada juga teladak yang tumbuh liar. Selada air yang ini memiliki rasa yang agak pahit, dan biasanya dimasak tumis dengan diberikan kuah. Teladak memiliki kandungan di dalamnya yang baik untuk kesehatan dan mengatasi beberapa masalah kesehatan.

ads

artikel terkait:

Kandungan Dalam Teladak

Meskipun memiliki rasa yang agak pahit, teladak memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah kesehatan. Beberapa kandungan dalam teladak diantaranya, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, antioksidan, betakaroten, magnesium, potassium, phytochemical, folat, mineral, vitamin, clorofil, bioflavonoid, kalium, sulfur dan seng. Beberapa kandungan dalam teladak tersebut sangat baik untuk kesehatan, dan juga dapat mengatasi berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh.

artikel terkait: manfaat godokan daun sirih

Manfaat Mengkonsumsi Teladak

Berbagai kandungan dalam teladak sangat baik untuk menjaga kesehatan. Mengkonsumsi teladak sebagai sayur dapat membantu menghilangkan beberapa masalah kesehatan. Beberapa manfaat mengkonsumsi teladak diantaranya:

  1. Mencegah Dehidrasi

Teladak merupakan sayuran yang sejenis dengan selada, oleh karena itu teladak juga disebut selada air. Tidak hanya namanya saja yang mengandung air, tetapi kandungan air dalam teladak juga sangatlah tinggi. Mengkonsumsi sayur dengan kadar air yang tinggi seperti teladak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten dan beberapa kandungan lain seperti phitochemical dalam sayur teladak dapat bersifat antikanker. Beberapa kandungan tersebut dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker serta membunuh sel kanker dalam tubuh, sehingga tubuh dapat bebas dari sel kanker.

artikel terkait: manfaat bioseven

  1. Mencegah Pulpitis

Ketika ada masalah gigi berlubang, terkadang rasa sakit akan ditimbulkan ketika mengunyah sesuatu. Gigi berlubang yang telah mencapai syaraf ini disebut juga dengan pulpitis. Untuk mengatasi pulpitis, teladak dapat membantu memperbaiki kerapuhan struktur gigi, sehingga gigi dapat terhindar dari kerapuhan dan terhindar dari gigi berlubang.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Setiap jenis sayuran pastinya memiliki kandungan serat di dalamnya yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Serat dapat membantu mencegah sembelit karena dapat melancarkan buang air besar. Sayur seperti teladak juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan agar tidak terjadi kesulitan buang air besar yang dapat menyebabkan kerusakan usus.

artikel terkait: manfaat afiafit

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi sayuran seperti teladak tidak hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat teladak juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium di dalamnya. Dengan mengkonsumsi teladak, tulang akan lebih kuat, terhindar dari masalah pengeroposan tulang sehingga tidak terserang masalah tulang seperti osteoporosis.

  1. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Tidak hanya kekurangan cairan atau dehidrasi, kelebihan cairan tubuh juga dapat berbahaya bagi tubuh. Apabila tubuh mengalami kelebihan cairan, tubuh akan mengalami pembengkakan. Untuk mencegah kelebihan cairan tubuh, vitamin B pada teladak mampu membantu menyeimbangkan cairan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari pembengkakan akibat kelebihan cairan.

artikel terkait: manfaat body slim herbal

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis sayuran seperti teladak ini juga memiliki lemak tak jenuh yang baik untuk jantung. Kandungan lemak tak jenuh ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena mampu membersihkan pembuluh darah dari lemak jahat yang menempel. Sehingga aliran darah dapat menjadi lancar dan jantung dapat terhindar dari risiko serangan jantung.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Seperti yang dipercayai oleh masyarakat bahwa, tanaman yang memiliki rasa pahit ini dapat dijadikan jamu yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Banyak anak kecil yang di’cekok’i dengan sejenis jamu yang berasa pahit, agar anak tersebut memiliki nafsu makan yang tinggi. Jenis daun seperti teladak juga dapat digunakan untuk bahan pembuat ‘cekok’ karena memiki rasa yang pahit.

artikel terkait: manfaat aggarilus

  1. Menurunkan Berat Badan

Teladak memang dapat meningkatkan nafsu makan, namun kandungan serat dan juga lemak tak jenuh dalam teladak juga dapat menekan berat badan dengan menghilangkan kotoran dalam usus dan mengeluarkan lemak dalam tubuh. Sehingga tubuh tetap terjaga berat badannya.

  1. Mengatasi Bisul

Fitokimia dan antioksidan dalam teladak mampu mengatasi penyakit kulit seperti bisulan. Tidak hanya bisul, teladak juga mampu mengatasi beberapa masalah kulit lainnya seperti kutil dan sejenisnya.

artikel terkait: manfaat BSH lotion

ads
  1. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Mengkonsumsi jenis tanaman hijau seperti teladak yang mengandung antioksidan, dan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Tubuh akan lebih sehat karena tidak ada racun yangberada di dalam tubuh yang biasanya masuk melalui udara maupun makanan yang dikonsumsi.

  1. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Kandungan klorofil yang ada di dalam teladak, mampu membantu penyembuhan luka yang terjadi karena lecet maupun luka yang disebabkan karena bakteri yang menyerang tubuh. Klorofil ini juga dapat membantu mencegah agar tidak terjadi infeksi pada luka yang dialami. Dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung klorofil tinggi seperti teladak, tubuh akan memiliki jaringan tubuh yang kuat sehingga terhindar dari infeksi dan luka berkepanjangan.

artikel terkait: jantung

  1. Mencegah Anemia

Tidak hanya membantu menyembuhkan luka, klorofil dalam teladak juga dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Klorofil memiliki kemampuan regenerasi sel yang juga dapat membantu proses pembentukan sel darah merah,sehingga tubuh dapat terhindar dari kekurangan sel darah merah. Tidak hanya klorofil, kandungan folat dalam manfaat teladak juga dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Sebagai Anti Aging

Perpaduan kandungan bioflavonoid dan vitamin C seperti pada sayuran teladak dapat menjadikan wajah lebih awet muda dan terhindar dari kerutan. Hal ini disebabkan karena, perpaduan antara bioflavonoid dan vitamin C dapat bersifat sebagai anti aging yang mencegah penuaan dini.

artikel terkait: memutihkan gigi

  1. Membantu Perkembangan Janin

Folat tidak hanya dapat membantu produksi sel darah merah, akan tetapi folat juga baik untuk kandungan. Ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi sayur dan makanan yang mengandung folat seperti teladak. Konsumsi folat oleh ibu hamil ini sangat berguna untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan agar terhindar dari kelumpuhan, kerusakan otak dan juga mencegah keguguran.

  1. Melancarkan Pernapasan

Beta karoten dalam teladak juga memiliki fungsi untuk melancarkan pernapasan. Beta karoten bekerja dengan meningkatkan kapasitas paru, sehingga pernapasan menjadi lancar dan terasa lega saat bernapas.

artikel terkait: solusi maag

  1. Mencegah Diabetes

Tidak hanya menlancarkan pernapasan, beta karoten juga dapat mencegah terjadinya diabetes. Beta karoten mampu mengontrol gula darah dalam tubuh sehinga tubuh dapat terhindar dari kelebihan gula darah atau diabetes.

  1. Melindungi Tubuh Dari Radiasi

Perpaduan antara beta karoten, vitamin C dan vitamin E dapat membantu melindungi tubuh dari radiasi. Radiasi dari logam berbahaya maupun senyawa berbahaya lainnya dapat menyebabkan kanker dan gangguan kesehatan lainnya. Beberapa kandungan dalam teladak tersebut dapat menangkal radiasi, sehingga tubuh tidak terkena efek dari radiasi.

artikel terkait: mengurangi rasa sakit

  1. Mencegah Radang Selaput Lendir

Kandungan dalam teladak mampu mencegah terjadinya radang selaput lendir. Untuk mengatasi masalah radang selaput lendir ini, mengkonsumsi teladak dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengatasinya.

  1. Mencegah Stroke

Mengkonsumsi teladak dapat membantu melancarkan peredaran darah, aliran darah yang lancar dan terhindar dari lemak di dalam saluran darah dapat mencegah terjadinya stroke.

artikel terkait: sakit kepala

  1. Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi teladak juga sangat baik untuk kesehatan mata. Teladak mampu mencegah terjadinya katarak serta menajamkan penglihatan. Sehingga mata akan lebih sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan mata.

Teladak juga dapat tumbuh liar dan juga ada beberapa yang membudidayakannya. Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, namun teladak memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. beberbagai kandungan dalam tanaman air ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan mengatasi masalah kesehatan yang terjadi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 09th, May 2017 / 23:57 Oleh :
Kategori : Sayuran