Sponsors Link

5 Manfaat Teh Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Teh telur adalah satu jenis minuman berkhasiat yang menjadi salah satu khas dari Propinsi Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, teh telur disebut juga dengan teh talua. Teh telur atau teh talua banyak dijual di warung makan padang, maupun warung tradisional di Sumatera Barat. Sebenarnya, teh telur adalah teh seperti yang dibuat oleh masyarakat umum, hanya saja ditambah dengan telur dan perasan jeruk nipis. Namun, telur yang digunakan untuk membuat teh telur atau teh talua ini bukan menggunakan telur dari ayam petelur yang banyak dijual di pasaran. Telur yang digunakan untuk membuat teh telur adalah telur ayam kampung. Selain menggunakan telur ayam kampung, membuat teh telur juga dapat menggunakan telur bebek dan juga ditambahkan susu.

ads

artikel terkait:

Cara Membuat Teh Telur

Cara membuat teh telur tidak begitu sulit. Yang terpenting adalah semua bahannya tersedia. Beberapa bahan untuk membuat teh telur yakni, teh, gula, susu, telur bebek atau telur ayam kampung, dan jeruk nipis. Pertama, Kocoklah telur bersamaan dengan gula dan tambahkan sedikit susu agar menghasilkan busa. Sebelumnya, pisahkan kuning telur dan putih telur. karena hanya kuning telur yang memiliki banyak kandungan di dalamnya. Kedua, tuangkan teh panas dalam campuran yang telah berbusa tersebut. Ketiga, tambahkan perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau dan rasa amis telur. Cukup mudah bukan, cara membuat teh telur minuman khas dari Sumatera Barat ini.

artikel terkait: manfaat teh bunga krisanmanfaat teh untuk mata

Manfaat teh telur

Selain mudah cara membuatnya, teh telur juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat teh telur diantaranya, yakni :

  1. Meningkatkan Stamina Pada Pria Dewasa

Ramuan teh telur ini merupakan salah satu minuman yang bermanfaat bagi orang yang sudah berumah tangga. Manfaatnya yakni untuk meningkatkan stamina pada pria dewasa sebelum melakukan hubungan suami istri. Teh telur meningkatkan stamina dengan meningkatkan keperkasaan pria sebelum melakukan hubungan suami istri. Teh telur biasanya diminum beberapa saat sebelum melakukan suami istri.

artikel terkait: manfaat teh daun manggis

  1. Menambah Tenaga

Campuran teh, telur dan susu dalam teh telur memiliki berbagai kandungan yang sangat besar. Perpaduan ini dapat berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga bagi orang yang melakukan banyak aktivitas dan pekerjaan berat. Meminum teh telur dapat dilakukan sebelum melakukan pekerjaan dan aktivitas untuk mencegah mudah lelah. Selain itu juga dapat diminum setelah melakukan pekerjaan atau aktivitas untuk mengembalikan stamina dan energi yang telah terbuang saat melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang berat.

Di Sumatera Barat, teh telur dikonsumsi oleh banyak petani untuk menjaga aktivitas mereka selama bertani agar tidak mudah lelah. Dibandingkan meminum minuman penambah tenaga lain, teh telur dapat dijadikan salah satu alternatif minuman penambah energi yang tidak mengandung bahan kimia dan sehat untuk tubuh, selain itu mudah dalam pembuatannya.

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggot

ads
  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk menjaga stamina, meminum teh telur dapat menjaga kesehatan mata agar terhindar dari kerusakan mata. Dalam teh telur terdapat kandungan zat karotenoid, dimana zat ini merupakan zat yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan mata. Zat karotenoid dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan mata. Karotenoid dalam teh telur dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak mata sehingga menimbulkan masalah penglihatan. Selain itu, meminum teh telur juga mampu menurunkan risiko penyakit katarak dan age related generation  yang banyak di derita oleh masyarakat pada umumnya.

artikel terkait: manfaat teh chamomile

  1. Memenuhi Kebutuhan Asupan Vitamin Tubuh

Teh telur mengandung telur di dalamnya karena merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat minuman campuran tersebut. Kuning telur yang ada dalam teh telur atau teh talua, memiliki berbagai kandungan vitamin mulai dari vitamin A, D, E dan vitamin K. Berbagai vitamin tersebut yang masuk ke dalam tubuh, akan bekerja masing masing ke bagian yang memerlukannya.

artikel terkait: manfaat teh hijau untuk diet

  1. Menunda Rasa Lapar

Beberapa campuran yang terdapat dalam teh telur, membuat teh telur memiliki berbagai kandungan salah satunya yakni protein. Seperti fungsi protein padaumumnya, protein dapat menekan rasa lapar karena protein dapat memberikan rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar. Penundaan rasa lapar yang terjadi ini dapat membantu menekan nafsu makan. Secara tidak langsung, meminum teh telur dapat menjaga berat badan agar untuk tidak menjadikannya memiliki berat badan yang tidak ideal.

artikel terkait: manfaat teh botol sosro

Teh telur memang minuman khas daerah, dan mungkin belum banyak orang mengatahui manfaat dari teh telur bagi kesehatan. Meskipun teh telur memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, namunada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Teh telur memang minuman khas yang menyehatkan, namun, untuk mengoptimalkan fungsinya, perlu diperhatikan beberapa hal, yang malah tidak baik untuk kesehatan ketika meminumnya. Yang sangat penting ketika membuat dan meminum teh telur yakni benar-benar memastikan bahwa telur sehat dan terhindar dari bakteri Salmonella dan juga meminumnya dalam keadaan tubuh sehat. Bakteri Salmonella  tidak hanya terdapat pada kulit atau cangkang yang kotor, tetapi juga pada dapat terjangkit di dalam telur.Sebenarnya Salmonella tidak akan terlalu berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh.

Namun, apabila keadaan tubuh sedang tidak baik atau kurang vit, sebaiknya lebih baik tidak meminum teh telur. meskipun sebenarnya bakteri Salmonella tidak terlalu membahayan tubuh, namun apabila sistem imun dalam tubuh tidak fit, bakteri ini dapat menyerang tubuh dan mengganggu kesehatan. Bakteri ini dapat menimbulkan mual dan pusing, serta dapat menyebabkan keracunan.

Bagi orang yang alergi protein, mungkin harus menghindari teh telur. Karena teh telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Terebih lagi, protein telur mengandung Lysozyne, dimana campuran ini dapat meningkatkan protein lebih berbeda dengan kandungan protein pada makanan lain. Beberapa orang yang tidak kuat dengan protein tinggi, dapat terjadi alergi pada kulitnya.

artikel terkait: manfaat teh hijau thailand

Meskipun memiliki sedikit masalah dalam kesehatan, meminum teh telur tetap masih dapat dilakukan selama tetap memperhatikan kondisi tubuh, bahan yang digunakan dan efeknya. Benabenar pastikan bahwa tubuh dalam keadaan fit sewaktu meminumnya. Selain itu, pastikan bahwa telur juga bersih dan tidak terjangkit bakteri di dalamnya. Meskipun tidak banyak berengaruh pada tubuh yang sehat, namun sebenarnya jenis bakteri ini tidak baik untuk kesehatan.

Untuk menjaga tenaga dalam melakukan aktivitas dan pekerjaan, mungkin dapat mencoba membuat teh telur, dibandingkan meminum minuman berenergi yang memiliki banyak kandungan kimia. Cobalah perlahan mengganti bahan kimia tersebut dengan yang alami, agar tetap terjaga kesehatan tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 11th, December 2016 / 07:56 Oleh :
Kategori : Minuman