10 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Teh Oolong merupakan minuman tradisional yang berasal dari China. Terbuat dari daun, kuncup, dan batang Camellia sinensis, teh ooling difermentasi dan dioksidasi sehingga membuat rasanya berada di antara teh hijau dan teh hitam. Ada banyak jenis dari teh oolong, tapi yang paling terkendal datang dari Propinsi Fujian, China. Oolong sendiri merupakan teh tradisional yang paling populer di China dan Taiwan, yang dapat meningkatkan kesehatan saat dikonsumsi secara regular. Mengandung manfaat antioksidan, daun oolong merupakan kombinasi catechinda caffein yang akan melawan radikal bebas. Oolong digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari teh oolong :

1. Meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mengurangi berat badan

Oolong akan membantu membakar lemak lebih cepat karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh 2 jam setelah meminumnya. Oolong juga mengandung polyphenols yang mampu menghentikan enzim yang membentuk lemak. Ini berarti kita dapat mengurangi berat bada dengan manfaat teh oolong. Jadi selama kita tidak terlalu banyak menambahkan gula atau pemanis buatan maka, ini bagus sebagai minuman pelangsing. Jika kita ingin membuatnya menjadi manis, maka sebaiknya gunakan sedikit madu, sirup mapel, siru stevia atau gave, atau semua pemanis yang rendah glycemic.

2. Mengurangi kolesterol

Oolong dikenal dapat mengurangi tingkat kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Teh oolong sendiri semi-oksidasi yang menghasilkan jumlah sempurna dari molekul polyphenol. Ini memiliki kemampuan untuk mengaktifkan enzim lipase yang diketahui dapat mengatasi lemak dalam tubuh.

3. Meningkatkan kewaspadaan

Teh oolong hangat dapat digunakan untuk membuat kita tetap terjaga dan meningkatkan performa secara natural karena mengandung kafein. Namun kita perlu berhati-hati jika memang sensitif terhadap kafein. Batasi konsumi teh ini misalnya secangkir sehari atau beberapa kali dalam seminggu.

4. Memperbaiki pencernaan

Oolong dapat membantu memperbaiki pencernaan bagi yang tidak sensitif terhadap kafein. Ini dapat mengurangi peradangan dalam pencernaan dan mengatasi masalah borok. Karena oolong juga merupakan antiseptik ringan, maka ini dapat membantu membersihkan bakteri jahat yang ada di dalam pertu. Oolong hangat dapat memberikan rasa nyaman di dalam perur.

5. Meningkatkan kesehatan rambut

Karena memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, oolong dapat mencegah kerontokan pada rambut. tak hanya itu, rambut akan menjadi lebih tebal dan bercahaya. Oolong dapat melembutkan dan mengkilapkan rambut. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi berbagai masalah rambut terutama masalah rambut rontok.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Eczema sering terjadi karena masalah alergi atau sensitivitas kulit. Oolong dapat menekan terjadi reaksi alergi karena oolong akan melawan radikal bebas karena mengandung antioksidah. Antioksidan yang ada di oolong juga dapat membuat kulit menjadi awet muda. Minum teh oolong dapat mengurangi proses penuaan jadi ini sangat baik sebagai minuman anti penuaan.

7. Menstabilkan gula darah

Jika kita menderita diabetes tipe dua, maka tingkat glukosa dalam darah tinggi. Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes dapat meminum teh oolong untuk mengatasi kadar gula darahnya. Teh oolong mengandung antioksidan yang datang dari polyphenols. Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme gula darah sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes.

8. Mencegah gigi rusak

Teh oolong dan teh hijau dapat menjaga gigi dari asam yang diproduksi oleh bakteri tertentu. Produksi asam dan pertumbuhan bakteri keduanya dapat dicegah oleh teh oolong. Jadi mengonsumsi teh oolong sangat baik dalam mencegah kerusahan gigi dan penimbunan plak pada gigi. Walaupun demikian kebersihan gigi tentu harus terus dijaga walaupun sudah mengkonsumsi teh oolong ataupun teh hijau. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, gosok gigi tiga kali sehari, sesudah makan dan sebelum tidur.

9. Mencegah osteoporosis dan membentuk tulang yang kuat

Oolong dapat menjaga tulang kita dan mencegah terjadinya osteoporosis. Bagi yang secara rutin atau konsisten meminum teh oolong makan mereka akan mendapatkan tulang yang lebih kuat. Oolong membantu menyimpan mineral dari makanan sehat yang dikonsumsi. Selain itu ditemukan bahwa oolong mengandung magnesium dan kalsium di dalam daunnya.

10. Menguatkan sistem imun tubuh

Dikenal sebagai bahan anti kanker, manfaat teh oolong membantu untuk menjaga sistem imun tubuh. Kandunga antioksidan flavonoid dalam oolong dapat mencegah kerusakan sel. Produksi protein anti-bakteri lebih tinggi pada orang yang meminum teh oolong. Hal ini mengindikasikan kuatnya immunitas seseorang saat melawan infeksi.

Dengan banyaknya manfaat tersebut, kita bisa menjadikan teh oolong sebagai salah satu minuman kesehatan yang dikonsumsi secara rutin. Kita bisa mengkonsumsi teh oolong sekitar 2-3 cangkir sehari. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih juga, jadi tetap kita perlu minum air putih dengan cukup yaitu 8 gelas setiap harinya. Bagi yang sensitif terhadap kafein, sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsinya karena teh oolong sendiri mengandung kafein. Dalam penyajiannya, sebaiknya tidak menambahkan gula ke dalam teh oolong tersebut agar benar-benar menjadi minuman yang menyehatkan.

, ,
Post Date: Thursday 04th, February 2016 / 07:25 Oleh :
Kategori : Minuman