Sponsors Link

11 Manfaat Teh Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Jahe atau tanaman dengan nama latin Zingiber officinale dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai rempah yang juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Jahe memiliki rimpang yang berbentuk jemari dan menggembung di bagian ruasnya. Sebagai fungsinya sebagai rempah, jahe dikenal sebagai salah satu rempah yang dapat melezatkan makanan, serta dapat menghilangkan bau amis ketika memasak daging atau ikan. Selain itu, jahe juga jahe juga sangat dikenal sebagai salah satu bahan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit karena kandungan di dalmnya.

ads

artikel terkait:

Kandungan Jahe

Jahe merupakan tumbuhan rimpang atau masih sejenis dengan tumbuhan jenis temu yang memiliki rasa yang agak pedas apabila dikonsumsi. Senyawa berbau tajam yang terkandung dalam jahe yakni shogaols dan gingerol menyebabkan efek pedas dalam jahe. Selain shogaols dan gingerol, jahe juga memiliki kandungan lain seperti vitamin C, magnesium, dan mineral. Beberapa kandungan tersebut membuat jahe memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan. Sebagai bahan pengobatan, biasanya jahe dikonsumsi dengan diolah menjadi sejenis minuman, sepertiyang kita kenal dengan wedang jahe atau beberapa orang menyebutnya dengan teh jahe. Warna dari minuman jahe ini hampir menyerupai warna teh yakni oren kecoklatan, sehingga banyak disebut sebagai teh jahe.

artikel terkait: manfaat rimpang jahemanfaat jahe merah unttuk diet

Manfaat Teh Jahe

Beberapa kandungan dalam jahe dipercaya dapat mengurangi atau mengatasi beberapa masalah kesehatan yang banyak dialami oleh beberapa orang. manfaat jahe sebagai tumbuhan temu yang digunakan sebagai obat sudah dikenal sejak jaman kolonialisme bahkan sebelumnya. Di tempat yang memiliki suhu rendah seperti Eropa, jahe dimanfaatkan untuk menghangatkan badan dan sangat populer. Sedangkan di Indonesia, jahe yang telah dijadikan minuman, atau teh jahe dipercaya dapat mengatasi beberapa jenis penyakit atau masalah kesehatan, diantaranya:

  1. Mengatasi Masalah Perut

Apabila mengalami masalah pada bagian perut, baik sakit perut maupun perut terasa mual, teh jahe dapat diminum untuk membantu meredakan masalah tersebut. Mengkonsumsi teh jahe dapat menyebuhkan masalah sakit perut dan mual yang dialami. Ketika dalam perjalanan dan merasa mual, meminum teh jahe dapat mengurangi rasa mual dan mencegah agar tidak muntah pada saat dalam perjalanan.

artikel terkait: manfaat air jahe

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain mengurangi rasa sakit pada perut dan juga mual, mengkonsumsi teh jahe dapat membantu kerja sistem pencernaan. Teh jahe dapat membantu penyerapan sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh di dalam usus. Selain itu, ketika sering bersendawa, hal ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi teh jahe. Biasanya, anak-anak memiliki nafsu makan yang rendah dan beberapa orang tua juga biasanya akan memberikan teh jahe untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak-anaknya. Teh jahe dapat meningkatkan nafsu makan karena dapat membantu melepas asam lambung. Pelepasan asam lambung ini mampu menyebabkan efek rasa lapar sehingga dapat meimbulkan keinginan untuk makan.

artikel terkait: manfaat jahe yang dicampur madu

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Mengalami masalah pada sistem pernapasan memang sangat mengganggu segala aktivitas yang kita lakukan. Mengkonsumsi teh jahe dapat membantu meredakan masalah pernapasan baik yang disebabkan karena flu maupun penyakit asma. Teh jahe mampu  membantu mengatasi flu, karena dapat membersihkan tenggorokan dan melancarkan jalannya proses pernapasan yang dilakukan.  sehingga Kandungan dalam teh jahe mampu melepaskan dahak dari sistem pernapasan. Selain itu, teh jahe juga dapat membantu memperluas paru paru sehingga dapat memulihkan kembali yang semula mengalami kesulitan daam bernapas.

artikel terkait: manfaat jahe saat flu

ads
  1. Mengurangi Peradangan

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri yang disebabkan karena terjadinya pada beberapa bagian tubuh. Teh jahe menjadi salah satu obat alami yang dapat mengatasi nyeri otot, rheumatoid arthritis dan beberapa masalah sendi lainnya. Ketika terjadi peradangan dan timbul rasa nyeri kemudian meminum teh jahe, rasa nyeri yang dialami tidak akan langsung sembuh. Penyembuhan masalah otot dan sendi ini perlu proses, rasa sakitnya akan berkurang sedikit demi sedikit. Selain mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan dari peradangan yang terjadi, mengkonsumsi teh jahe juga mampu mencegah terjadinya pembengkakan yang disebbkan karena nyeri otot dan nyeri sendi.

artikel terkait: manfaat jahe untuk ginjal

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Teh jahe mengandung senyawa aktif berupa asam amino dan mineral, dimana kedua kandungan ini dikenal sebagai senyawa yang mampu meningkatkan aliran darah agar aliran darah dapat berjalan dengan normal. Mengkonsumsi teh jahe secara rutin mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan secara bertahap akan mengatasi masalah kardiovaskular.

artikel terkait: manfaa tanaman jahe

  1. Meredakan Stress

Ketika sedang mengalami stress, beberapa orang akan memakan coklat untuk menenangkan pikiran. Namun ternyata, selain coklat, teh jahe juga dapat memperbaiki suasana agar tetap merasa tenang. Aroma teraphi dalam teh jahe mampu memberikan efek relaksasi sehingga setelah meminum teh kopi, pikiran akan menjadi lebih tenang.

artikel terkait: manfaat air jahe dan madu

  1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih memang membuat tidak nyaman dan membuat tidak percaya diri, beberapa orang yang memiliki masalah pada kelebihan berat badan akan melakukan berbagai macam cara diet agar dapat menurunkan berat badan. Salah satu cara menurunkan berat badan yang mungkin bisa dicoba yakni dengan meminum teh jahe. Teh jahe mampu membakar lemak berlebih di dalam tubuh serta dapat menekan nafsu makan dengan membantu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

artikel terkait: manfaat jahe merah

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan pada jahe dapat meningkatkan sestem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan mampu mengurangi resiko terkena beberapa penyakut berbahaya seperti stroke, dan menjaga kesehatan menjaga jantung.

artikel terkait: 11 manfaat wedang jahe bagi kesehatan

  1. Mengatasi Penyakit Alzheimer

Mengkonsumsi teh jahe dapat membantu menjaga agar sel otak tidak berkurang serta dapat melindungi sel otak dalam waktu yang lebih lama.

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Mengkonsumsi teh jahe dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan kualitas sperma. Selain meningkatkan kualitas sperma, mengkonsumsi teh jahe setiap hari mampu mengatasi disfungsi ereksi.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Selain dimanfaatkan dengan cara diminum, memantfaatkan teh jahe juga dapat dilakukan tanpa dikonsumsi. Ketika sedang mengalami nyeri pada saat haid, teh jahe mampu membantu mengendorkan otot dan menenangkan daerah rahim. Tanpa meminumnya, yakni dengan meletakkan handuk yang telah dicelupkan pada teh jahe dan menempelkannya pada bagian rahim.

artikel terkait: manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

Beberapa manfaat mengkonsumsi teh jahe memang sangat berguna untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa jahe juga dapat menyebabkan penyakit lain apabila dikonsumsi terlalu banyak serta memiliki penyakit lain yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi jahe. Ketika sedang menjalani proses pengobatan dengan mengkonsumsi obat, juag perlu menghindari meminum teh jahe karena dapat menyebabkan komplikasi. Namun, selama tubuh Anda tidak memiliki pantangan, mengkonsumsi teh jahe secara umum baik untuk kesehatan. Selamat mencoba. . .

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 02:55 Oleh :
Kategori : Minuman