Sponsors Link

36 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Kebiasaan minum teh sangatlah terkenal di Jepang. Tidak hanya di jepang, beberapa masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan meminum teh pada pagi hari maupun ketika berkumpul bersama sanak keluarga. Jenis teh yang banyak diketahui untuk dikonsumsi secara umum biasanya teh hitam. Padahal, jenis teh tidak hanya teh hitam saja, namun juga ada teh hijau, teh putih, teh melati dan berbagai jenis teh lainnya. Dari berbagai jenis teh tersebut, setiap jenisnya tentunya memiliki citarasa masing-masing. Khasiat dari setiap jenis juga berbeda, karena sedikit banyak kandungan di dalamnya juga ada yang berbeda. Dari sekian jenis teh yang ada, ada salah satu jenis teh yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, yakni teh hijau. Teh hijau atau green tea diketahui memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan.

ads

artikel terkait:

Kandungan Dalam Teh Hijau

Teh hijau sama seperti dengan jenis teh lainnya, berasal dari tanaman Camellia sinensis yang kemudian diproses khusus agar daun teh tidak teroksidadi. Teh yang di Jepang dikenal dengan sebutan ryokucha dihasilkan dari proses pemanasan agar kandungan di dalam teh hijau tetap terjaga. Teh hijau memiliki berbagai kandungan di dalamnya, yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan di dalam teh hijau diantaranya polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, L-teanin, katekin, kafein, serta memiliki kandungan zat antioksidan di dalamnya. Teh hijau juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, flour, seng dan juga mangan. Beberapa kandungan yang terdapat dalam teh hijau tersebut, tentunya memiliki manfaatnya masing-masing untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh beberapa orang.

Manfaat Teh Hijau

Memiliki berbagai kandungan alami di dalamnya, teh hijau banyak dikonsumsi untuk berbagai tujuan untuk kesehatan. Memang teh hijau sangat dikenal sebagai teh untuk pelangsing, akan tetapi, teh hijau memiliki manfaat lain yang tidak hanya digunakan untuk melangsingkan tubuh, akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Selain dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh, teh hijau juga memiliki beberapa manfaat lain, diantaranya:

  1. Melawan Radikal Bebas

Tidak hanya teh hijau, semua jenis teh memiliki antioksidan yang berasal dari vitamin dan kandungan utama teh hijau katekin yang terkandung di dalamnya. Antioksidan sangat baik untuk tubuh, karena dapat membantu menangkal radikal bebas. Begitu pula kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau, yakni dapat membantu menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan, kesehatan tubuh dapat terjaga.

artikel terkait: manfaat teh angco

  1. Mencegah Penuaan Dini

Adanya antioksidan memang sangat penting untuk tubuh. Mengkonsumsi teh hijau yang memiiki kandungan antioksidan tinggi juga penting. Antioksidan dapat melawan radikal bebas, yang tidak hanya dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi, dengan adanya antioksidan juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sama halnya dengan kopi, teh hijau juga memiliki kandungan kafein di dalamnya. Namun berbeda dengan kafein yang ada di dalam kopi, kafein yang terdapat di dalam teh hijau memiliki banyak manfaat yang berbeda dengan kafein yang ada di dalam kopi. Jika kafein di dalam kopi terkadang dapat membuat sakit lambung, kafein di dalm teh hijau ini justru dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan.

artikel terkait: manfaat cuci muka dengan air teh

  1. Membantu Pembakaran Lemak

Meminum teh hijau dalam keadaan perut kosong juga tidak perlu dikhawatirkan. Kafein pada teh hijau akan bekerja pada saat perut kosong. Kandungan kafein pada teh hijau ini dapat membantu proses pembakarn lemak yang ada pada tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Pembakaran lemaka yang terjadi karena konsumsi teh hijau pada perut kosong dirasa sangat efesien. Hal ini dapat menyebabkan lemak dalam tubuh luruh dengan sempurnya. Dengan berkurangnya lemak karena pembakaran lemak yang cepat ditimbulkan oleh kafein pada teh hijau, maka berat badan juga dapat diturunkan dengan lebih cepat pula.

artikel terkait: manfaat ampas teh celup

  1. Menjadikan Tubuh Lebih Segar

Dari kedua manfaat kafein dalam teh hijau yang telah diuraikan, teh hijau juga memiliki manfaat lain, yakni dapat membantu agar tubuh menjadi lebih segar. Mengkonsumsi teh hijau ketika tubuh sedang lelah  dapat mengembalikan kesegaran tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih vit dan menjadi lebih fresh.

  1. Menghentikan Perkembangan Sel Kanker

Kandungan utama yang ada di dalam teh hijau yakni katekin dan juga polifenol. Kedua kandungan ini memiliki peran yang beragam dalam kesehatan, selain dapat bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, lebih utamanya polifenol dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Tidak hanya mencegah, akan tetapi juga dapat menghentikan perkembangan sel kanker.

artikel terkait: manfaat teh asam

  1. Menurunkan Kadar Koleterol Dalam Tubuh

Tidak hanya mampu membantu menurunkan lemak dan berat badan. Teh hijau juga memiliki banyak kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dengan meminum teh hijau secara rutin, kadar koleterol tubuh dapat berkurang, sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan kelebihan kolesterol dalam tubuh.

  1. Mencegah Kerusakan DNA

Polifenol dalam teh hijau memiliki manfaat yang besar untuk mencegah terjadinya kerusakan pada DNA. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan polifenol dalam menangkap radikal bebas hidroksil atau OH.

artikel terkait: manfaat teh ashibata

  1. Mencegah Karies Gigi

Karies pada gigi dapat berkembang dan semakin merusak gigi apabila tidak dicegah atau tidak diatasi. Salah satau cara mengatasi karies gigi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan fluride di dalamnya. Dimana fluride sendiri dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Baik karies gigi bahkan dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Dengan menjaga gigi yang sehat, selera makan juga dapat terjaga.

  1. Mencegah Radang Gusi

Fluoride memang sangat dikenal sebagai zat yang dapat menjaga kesehatan gigi. Itulah mengapa, dalam setiap pasta gigi ada kandungan fluoride di dalamnya. Akan tetapi, kandungan fluoride tidak melulu untuk kesehatan gigi. Fluoride juga menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Fluoride yang juga terdapat dalam teh hijau mampu menjaga agar kesehatan gusi. Dengan mengkonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya, gusi menjadi lebih sehat dan terhindar dari adanya radang gusi.

artikel terkait: manfaat teh benalu

  1. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Kelebihan gula dalam darah dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes mellitus. Sedangkan kekurangan gula dalam darah dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Kadar gula darah harus seimbang agar kesehatan terjaga. Menyeimbangkan gula darah dapat dilakukan dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung mangan, seperti teh hijau. Kandungan mangan seperti dalam teh hijau, dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

  1. Menambah Energi

Mangan dalam teh hijau membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Dengan menguraikan gula berlebih dalam darah menjadi energi, kelebihan kadar gula dalam darah dapat diturunkan. Gula dalam darah tidak akan terbuang sia-sia, karena gula ini akan diubah oleh mangan akan diurai menjadi energi. Dengan kadar gula dalam darah yang seimbang, tubuh menjadi lebih berenergi dan aktivitas yang yang sedang dijalani tidak terganggu.

artikel terkait: manfaat teh murbei

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Semakin bertambahnya usia, dapat mempengaruhi sistem kerja ingat dan menyebabkan alzheimer atau kepikunan. Akan tetapi, berbeda dengan beberapa orang yang memiliki kebiasaan minum teh, terlebih teh hijau ingatannya dapat lebih tajam. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan l teanin pada teh hijau. L teanin inilah yang membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.

  1. Mengurangi Rasa Stress

Masih berhubungan dengan otak, stress juga dapat ditimbulkan karena kerja otak. Adanya rasa beban berat, pikiran yang terlalu berat dan tekanan dapat menyebabkan seseorang menjadi stress. Biasanya orang akan mengkonsumsi coklat untuk obat stress karena coklat memang memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya stress. Namun tidak hanya coklat, kandungan l teanin juga dapat membantu memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa stress yang dialami. L teanin dapat ditemukan pada teh hijau. Jika tidak memiliki coklat, stress dapat dihilangkan dengan meminum secangkir teh hijau.

artikel terkait: manfaat teh manis

  1. Melancarkan Sekresi

Dari setiap makanan atau minuman yang telah masuk ke dalam tubuh manusia,pasti hanya diambil sarinya saja dan kemudian perlu dibuang zat yang tidak perlu. Terkadang ada hambatan dalam proses sekresi yang dapat ditimbulkan karena berbagai hal. Untuk membantu proses sekresi agar berjalan dengan normal, menghonsumsi teh hijau dapat dijadikan salah satu solusi. Kandungan katekin dalam teh hijau dapat membantu kerja ginjal dalam melakukan proses sekresi. Sekresi yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai penyakit karena zat yang seharusnya dibuang tetap berasa di dalam tubuh.

  1. Membantu Proses Pembekuan Darah

Pembekuan darah sangat penting karena ketika terkena luka, dan darah tidak segera beku, bisa jadi seseorang dapat kekurangan darah. Oleh karena itu, proses pembekuan darah sangatlah penting. Proses pembekuan darah biasanya dibantu dengan vitamin K. Vitamin K sendiri juga dapat ditemukan pada beberapa jenis sayuran dan juga terkandung di dalam teh hijau.

artikel terkait: manfaat teh campur madu

  1. Membantu Pembentukan Tulang

Tulang sebagai kerangka tubuh manusia. Untuk itu, pada saat proses pembentukannya, nutrisi tubuh untuk tulang harus terpenuhi. Hal ini bertujuan agar pembentukan tulang yang terjadi dapat berjalan dengan baik. Sehingga kerangka tubuh juga dapat terbentuk dengan baik. Nutrisi yang dapat membantu dalam proses pembentukan tulang yakni vitamin K. Dengan mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung vitamin K seperti teh hijau, dapat membantu proses pembentukan tulang dengan baik.

  1. Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya mengandung vitamin K yang dapat membantu proses pembentukan tulang, teh hijau juga memiliki kandungan kalisum di dalamnya. Kalsium dapat membantu mencegah terjadinya kekeroposan pada tulang dengan menjaga kepadatan tulang. Hal ini sangat diutuhkan oleh tulang agar tidak terkena osteoporosis.

artikel terkait: manfaat teh jahe

  1. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Daun teh, terlebih teh hijau memiliki berbagai kandungan di dalamnya, yang ternyata juga sangat bermanfaat dalam proses metabolisme. Kandungan mineral yang terdapat di dalam teh hijau mampu membantumeningkatkan proses metabolisme tubuh.

  1. Membantu Kerja Syaraf

Syaraf adalah bagian penting di dalam tubuh, yang mampu menggerakkan setiap bagian tubuh. Ketika syaraf tidak bisa menerima dan menyampaikan pesan dari otak menuju berbagai organ, maka organ dan bagian tubuh tidak dapat bergerak. Untuk membantu kerja syaraf tersebut, syaraf memerlukan kalium sebagai zat yang dapat membantunya untuk meningkatkan kinerja syaraf tersebut. Mencari kalium tidaklah sulit, dengan rutin mengkonsumsi teh hijau, kebutuhan kalium dapat terpenuhi.

artikel terkait: manfaat teh untuk mata

  1. Menjaga Keseimbangan Elektrolit Tubuh

Teh hijau juga memiliki kandungan mineral seperti natrium di dalamnya. Sesuai dengan fungsinya, natrium memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Natrium bekerja untuk mencegah terjadinya kelebihan elektrolit, dan mencegah terjadinya kekurangan elektrolit dalam tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dalam praktiknya, dehidrasi dapat menyebabkan badan lemas karena kekurangan elektrolit dalam tubuh.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik akan membantu tubuh agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Dalam prosesnya, sistem kekebalan tubuh memerlukan kandungan mineral seperti seng untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meminum teh hijau sebagai sumber mineral yang juga termasuk mineral seng di dalamnya, dapat membantu mencegah timbulnya penyakit, karena sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

artikel terkait: manfaat minum susu

  1. Mencegah Masuk Angin

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. tidak hanya menangkal radikal bebas dan juga mencegah terjadinya kanker, antioksidan dapat membantu mencega penyakit ringan seperti masuk angin. Meskipun dikenal dengan penyakit yang ringan, akan tetapi apabila terkena masuk angin, aktivitas dapat terhambat. Dan lebih parahnya lagi, masuk angin dapat menyebabkan angin duduk dan dapat menyebabkan kematian yang tidak diduga, apabila salah dalam penanganannya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit juga termasuk dalam alat indra. Oleh karena itu, kesehatan kulit harus terjaga dengan baik. kesehatan kulit dapat dijaga dengan banyak mengkonsumsi teh hijau, karena adanya antioksidan di dalamnya. Antioksidan dalam teh hijau mampu membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit yang disebabkan karena adanya paparan sinar ultraviolet. Tidak hanya menurunkan risiko kanker kulit, antioksidan dalam teh hijau dapat membantu menyembuhkan dan menghilangkan sel kanker pada kulit.

artikel terkait: manfaat minum air dingin

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dari penelitian  yang pernah dilakukan terhadap kandungan dalam teh hijau. Ternyata kandungan dalam teh hijau tidak hanya dapat membantu melancarkan darah. Akan tetapi, mengkonsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan kadar koleterol dan murunkan tekanan darah. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita jantung, sehingga tidak terkena serangan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Sendi

Penelitian juga pernah dilakukan pada kandungan yang terdapat dalam teh hijau. Didapatkan hasil bahwa, kandungan yang ada di dalam teh hijau mampu mencegah timbulnya rematik. Kandungan yang ada di dalam teh hijau dapat membantu menghentikan molekul yang dapat menyebabkan rematik. Dengan mengkonsumsi teh hijau, rematik dapat diatasi dan kesehatan sendi juga dapat terjaga.

artikel terkait: manfaat rebusan daun sirih merah

  1. Menjaga Kualitas Tidur

Rutin mengkonsumsi teh hijau dapat berfungsi untuk menjaga kualitas tidur. Kandungan utama dalam teh hijau yakni katekin mampu membantu mencegah timbulnya gangguan napas ketika tidur, sehingga aliran oksigen ke otak tidak terganggu. Dengan lancanya aliran oksigen ke otak pada saat tidur, maka juga akan mencegah terjadinya kerusakan memori otak pada saat tidur.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi teh juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Bukan karena kandungan vitamin A, karena teh hijau tidak memiliki kandungan vitamin A. Akan tetapi karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan dalam teh hijau dapat membentu memberikan perlindungan pada mata terhadap gangguan penglihatan yang sering terjadi.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

  1. Mencegah Demensia

Senyawa yang terkandung di dalam teh hijau telah diketahui dapat mencegah timbulnya plak yang menyebabkan gangguan otak pada beberapa orang yang menderita demensia.

  1. Mencegah Kebotakan

Kebotakan disebabkan karena rontok berlebih, yang juga dapat timbul karena kerusakan jaringan rambut. Mencegah kebotakan tidak hanya dapat dilakukan dengan mengganti shampoo dan merawat rambut, namun juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Kandungan di dalm teh hijau dapat membantu menggantikan rambut yang telah rontok. Zat yang terkandung di dalam teh hijau, membantu menumbuhkankembali rambut yang rontok, sehingga dapat mencegah terjadinya kebotakan.

artikel terkait: manfaat asam jawa saat haid

  1. Membersihkan Wajah Dari Jerawat

Secara umum, antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau mampu menjaga kesehatan kulit dari penyakit kulit dan kanker. Lebih rincinya lagi, kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu membersihkan kotoran yang menempel pada pori wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat. Tidak perlu khawatir terkena jerawat, karena dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, otomatis wajah akan terhindar dari masalah jerawat.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Liver

Sedikit banyaknya, ada zat racun yang dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh, baik karena faktor makanan maupun pengaruh udara sekitar. Semakin banyak racun yang masuk ke dalam tubuh, semakin berat pula kerja organ liver yang mengolah racun agar tidak membahayakan tubuh. Mengkonsumsi teh hijau, dapat membantu meringankan kerja organ hati dalam mengolah racun agar tidak berbahaya bagi tubuh. Kandungan dalam teh hijau menghancurkan radikal bebas yang mengendap pada hati. Dengan demikian, kesehatan organ hati dapat terjaga dengan baik.

artikel terkait: manfaat minum air lemon sebelum tidur

  1. Mencegah Terjadinya Flu

Meskipun tidak banyak, kandungan vitamin C yang dibantu kandungan lain dalam teh hijau, dapat membantu teh hijau meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, kekebalan tubuh dapat meningkat, dan seseorang tidak rentan terhadap adanya virus maupun bakteri yang dapat menyebabkan flu.

  1. Mengatasi Asma

Teh hijau mengandung theophyline, yang mampu membantu melemaskan otot pada saluran bronkial. Jika otot pada saluran bronkial dapat dilemaskan, maka ancaman dari serangan asma pada penderita asma dapat dikurangi. Kemungkinan penyakit asma yang kambuh dapat ditekan sehingga tidak mengganggu aktivitas.

artikel terkait: manfaat minum teh tanpa gula

  1. Sebagai Obat Herpes

Singkatnya, herpes merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan serangan virus yang dapat sampai pada sistem syaraf. Tidak dengan diminu, teh hijau mengatasi herpes dengan mengkompreskan teh hijau pada bagian yang terkena herpes. Caranya yakni dengan mengkompres bagian tubuh yang terkena herpes dengan kain yang dicelupkan pada teh hijau hangat.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Teh hijau yang dikenal dengan katekin dan antioksidannya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun, dalam praktiknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi teh hijau , diantaranya:

  1. Mengkonsumsi teh hijau sesuai dengan kebutuhan, yakni sekitar 2 atau 3 cangkir setiap harinya dan jangan berlebihan.
  2. Idealnya, minumlah teh hijau 30 menit setelah makan. Bagi yang memiliki gangguan lambung, hindari meminum teh hijau sebelum makan.
  3. Usahakan agar tidak meminum teh hijau pada larut malam karena malah dapat menyebabkan gangguan pola tidur.

artikel terkait: manfaat minum air putih yang banyak

Banyaknya manfaat dari teh hijau, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi teh hijau secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan. Disamping manfaatnya, perlu diperhatikan mengenai kadar konsumsi dan waktu meminum teh hijau.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 14th, July 2017 / 23:19 Oleh :
Kategori : Minuman