Sponsors Link

33 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Manfaat teh hijau untuk diet dan kesehatan sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu kala. Banyak kebaikan yang ada pada teh hijau yang berhubungan dengan kesehatan organ tubuh, tetapi tidak sedikit yang belum memahami tentang kandungan zat dan manfaat yang terkandung didalamnya. Teh hijau bisa dibilang mengandung manfaat antioksidan yang kuat dan istimewa karena benarbenar kaya nutrisi. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja tetapi bisa digunakan untuk masker wajah dan kesehatan kelopak mata.

ads

Kandungan Zat pada Teh Hijau

  • Flavonoid – Mengurangi dampak dari kerusakan sel dan jaringan tubuh, Dapat mencegah dan menetralisir gangguan tubuh karena serangan radikal bebas
  • Klorofil – Dapat mencegah dan mengurangi resiko serangan jantung, Dapat menghilangkan jerawat dan noda hitam, Dapat menyembuhkan penyakit kulit Eksim, Mencegah penuaan dini, Menyegarkan nafas dan melindungi rongga mulut dari bakteri
  • Polifenol – Melancarkan, memperkuat dan mengontrol kinerja pembuluh darah, Sebagai anti radiasi dan peradangan, Melancarkan pembuangan urin, Mempunyai sifat anti virus dan bakteri, Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor, Dapat menghancurkan lemak dalam tubuh, Sebagai anti oksidan yang tinggi
  • Kalsium – Untuk  proses pertumbuhan tulang, Untuk proses pembentukan tulang, Untuk proses  pemadatan tulang, Untuk proses penguatan tulang
  • Seng – Meningkatakan imundalam tubuh, Untuk penyusunana enzim penghilang efek radikal bebas, Menghilangkan radikal bebas
  • Magnesium – Penyusun, pengatur dan mengontrol hormon reseptor, Penyusun dan mengatur fungsi elektrolit tubuh
  • Mineral – Untuk penyusunan enzim enzim didalam tubuh, Dapat memperbaiki dan mempertahankan metabolisme tubuh
  • Trace mineral ( Selenium) – Untuk penyusunan enzim antioksidan dalam tubuh, untuk membentuk daan menyusun metabolisme yodium
  • Kalium – Untuk mengirimkan sinyal dan rangsangan pada saraf otot, Untuk pembentukan transportasi membran yang mulai rusak, Untuk melancarkan metabolisme
  • Flour – Mencegah pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut, Mencegah dan mengurangi karang gigi, Meredakan pembengkakan gusi akibat bakteri, Mencegah enamel gigi dari serangan karies
  • Tanin – Sebagai antioksidan yang aktif dan kuat, Sebagai penawar racun, Dapat menghambat pertumbuhan bakteri
  • Natrium – Menyusun dan mempertahankan keseimbangan elektrolit tubuh, Mengatur dan mengontrol implus dari saraf, Mengendalikan dan menurunkan kadar hipertensi, Menjadi penyuplai garam didalam tubuh
  • Mangan – Mampu membuang efek radikal bebas yang ada pada tubuh, Melancarkan penyerapan vitamin, Menjaga dan memperbaiki kesehatan tiroid, Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis), Menstabilkan kadar gula dalam darah
  • Alkaloid – Sebagai anti inflamasi, Sebagaia anti kanker, Anti viral, Anti mikrobial, Anti diabetes
  • Asam Organik – Vitamin A untuk kesehatan jaringan mata, Vitamin B untuk, Vitamin C untuk meningkatakan kekebalan tubuh, Vitamin E untyk melindungi jaringan kulit dari kerusakan, Vitamin K untuk proses pembekuan darah
  • Protein (asam amino) – Untuk mengurangi  stres dan depresi, Menghasilkan energi tubuh, Meningkatakan kekebalan tubuh, Pemeliharaaan sel tubuh
  • Cuprum – Dapat mencegah serangan penyakit degeneratif, Dapat melindungi fungsi metabolisme tubuh
  • Kafein – Dapat menstimulaai susunana saraf pusat, Menjaga dan melindungi fungsi ginjal, Dapat memperlancar peredaran dan pembuluh darah
  • Saponin – Mengendalikan kolesterol dalam darah agar tetap normal, Mengendalikan kolesterol didalam usus besar sebelum terserap kealiran darah menuju organ tubuh
  • Mengandung enzim enzim pendukung – Invertase, Amilase, Glukosidase, Oximetilase, Protease, Peroksidase

Teh hijau memiliki beberapa enzim yang saling berkaitan dalam mempertahankan kesehatan tubuh diantaranya enzim amailase, protease, peroksidase, invertase, oximetilase dan glukosidase. Karena enzim itulah segala nutrisi  dapat dirasakan manfaatnya jika teratur minum teh hijau setiap hari.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

1. Mencegah penuaan dini – Manfaat teh hijau bagi kecantikan yang pertama adalah untuk penuaan dini. Teh hijau mengandung zat klorofil yang dapat memperlambat proses penuaan, menghilangkan garis halus pada wajah dan mencegah penuaan dini bagi orang orang yang masih berusia produktif sekitar 20 sampai 35 tahun.

2. Sebagai penawar racun – Teh hijau mengandung tanin yang mempunyai zat antioksidan tinggi dan bersifat anti bakteri yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh lewat urin, ludah dan cairan keringat

3. Berguna untuk kesehatan tulang – Teh hijau mengandung kalsium tinggi yang mampu mengatsi masalah tulang diantaranya membantu proses pertumbuhan tulang pada anak anak, memadatkan tulang dan menguatkan tulang bagi orang dewasa dan lanjut usia.

4. Mengurangi kadar gula – Teh hijau mengandung zat Alkaloid yang mempunyai sifat anti diabetes yang dapar membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Dapat menyembuhkan penyakit kulit Eksim – Teh hijau mengandung Klorofil dan Flavonoid yang dapat mengobati penyakit eksim dan mengurangi efek kerusakan sel dan jaringan tubuh dari luka, infeksi dan peradangan.

6. Meningkatkan imun dalam tubuh – Teh hijau mengandung zat polifenol, Natrium dan Seng yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatur keseimbangan elektrolit tubuh agar tetap sehat.

7. Menjaga metabolisme tetap normal – Teh hijau memiliki kandungan Kalium, zat cuprum dan mineral yang dapat menjaga dan mempertahankan metabolisme tubuh agar selalu sehat.

8. Melangsingkan dan mempertahankan berat badan – Teh hijau mengandung polifenol sebagai antioksidan kuat yang mampu menghambat radikal bebas didalam tubuh. Dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh serta membantu enszim pencernaan untuk proses pembakaran lemak.

9. Menyembuhkan  peradangan sendi – Teh hijau mengandung magnesium dan flavonoid yang dapat menyembuhkan dan mencegah peradangan sendi datang kembali.

10. Menyembuhkan sakit gigi dan peradangan gusi – Teh hijau memiliki flour yang efektif dapat mencegah plak dan mencegah masuknya bakteri dalam rongga mulut serta dapat menguatkan akar gigi serta melindung dari karies.

11. Menyembuhkan penyakit rematik – Teh hijau mengandung magnesium dan alkaloid yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit rematik serta meringankan pegal pegal pada tubuh

12. Mengobati demam dan panas dalam – Manfaat teh hijau mengandung Alkaloid, polifenol dan magnesium efektif untuk melindungi tubuh dari serangan demam dan panas dalam yang diakibatkan oleh perubahan cuaca atau kelelahan.

13. Mencegah dan menyembuhkan tekanan darah tinggi – Teh hijau mempunyai kandungan seng, kalium kafein dan akaloid yang mampu mencegah dan menyembuhkan tekanan darah yang sedang naik.

14. Dapat menghilangkan jerawat – Teh hijau mengandung flavonoid dan klorofil yang dapat mengobati jerawat agar cepat sembuh dan tidak mengalami peradangan.

15. Menurunkan resiko serangan jantung – Teh hijau mengandung zat polifenol , mineral dan klorofil yang akan menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari kondisi jantung lemah, serangan jantung tiba tiba dan gagal jantung.

16. Menyembuhkan penyakit herpes – Teh hijau mengandung polifenol  dan alkaloid yang mempunyai efek antirival dan antimikrobial yang mampu  mengobati herpes secara bertahap dan mencegah peradangan yang mungkin terjadi.

17. Keracunan sel yang disebabkan oleh bakteri – Teh hijau mempunyai kandungan polifenol sebagai antioksidan kuat serta  efek anti rival dan anti mikrobial pada zat alkaloid yang dapat mencegah dan mengobati keracunan sel yang disebabkan oleh serangan bakteri yang berasala dari radikal bebas.

18. Dapat menjaga kesehatan hati – Teh hijau mampu mengaktifkan enzim glutathione peroxidesa dan katalase yang mempunyai kemampuan melindungi hati dari kerusakan.

19. Mencegah terjadinya katarak – Penyakit katarak terjadi karena adanya pembentukan oksidasi peroksida yang timbul karena efek buruk dari radikal bebas seperti sinar matahari, debu, asap dan sebagainya. Flavonoid dan alkaloid pada teh hijau dapat mencegah terjadinya katarak.

ads

20.Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh – Teh hijau yaang mengandung alkaloid yang dapat menetralkan kolesterol yang sedang meningkat agar tubuh tidak terserang stroke dan kelumpuhan saraf.

21. Mencegah penyakit Alzheimer dan parkinson – Teh hijau mampu mengurangi  jumlah Acetylcholine didalam jaringan otak yang dapat mengakibatkan penyakit alzheimer dan parkinson serta mencegah sekaligus memperbaiki kerusakan sel otak yang menurunkan daya ingat .

22. Dapat menyembuhkan alergi kulit – Kandungan Epigalocatechin gallate padateh hijau dapat menyembuhkan alergi kulit berupa gatal gatal, biduran (Bentol  bentol gatal yang menyebar), kulit kering dan bersisik serta ruam ruam kemerahan.

23.Dapat menyehatkan rambut – Kandungan Epigallocatechin 3 gallate dapat mekancarkan sirkuladi darah dikepala sehingga mampu  mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuat akarnya sehingga bisa terhindar dari kerontokan.

24. Mencegah penyakit pernafasan atau Asma – Kandungan Theophyline pada teh hijau dapat mengendurkan otot saluran pernafasan, mencegah pembengkakan  yang dapat menimbulkan penyempitan pada saluraan pernafasan yang menjadi penyebab Asma.

25. Sebagai Antioksidan tertinggi – Antioksidan pada teh hijau 100 lebih tinggi daripada antioksidan yang ada pada buah dan sayuran, maka tak heran jika antioksidan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan metabolisme tubuh dan membantu enzim enzim pencernaan agar dapat bekerja dengan baik.

26. Menyembuhkan penyakit asam urat – Polifenol pada teh hijau bertindak sebagai antioksidan yang mampu mencegah terjadinya asam urat . Vitamin C dan E serta zat epigallocatechin 3 gallate (EGCG) yang adac pada teh hijau mampu mencegah kerusakan sendi pada penderita asam urat.

27. Menyehatkan fungsi alat pencernaan – Kandungan polifenol pada teh hijau mampumenjaga dan mempertahankan bakteri baik didalam pencernaan agar saluran pencernaan daapat bekerja dengan normal . Polifenol juga dapat mengendalikan lingungan usus agar enzim enzim yang ada dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

28. Mencegah tumbuhnya sel kanker – Senyawa Epigalocatechin gallate yang ada pada polifenol dapat memberikan perlindungan yang tinggi pada zat karsinogenik yang menjadi senyawa aktif untuk pencegahan tumbuhnya sel kanker.

29.Menghilangkan kerutan halus wajah – Kandungan flavonoid dan  tanin dapat menghilangkan kerut halus wajah dan menjaga air dibawah kulit agar senantiasa stabil dan melembabkan kulit wajah.

30. Menjaga suhu tubuh agar tetap stabil – Teh hijau kaya dengan antioksidan, saponin, vitamin dan zat Theophyline serta theobromine yang dapat bekerja sama dalam menyembuhkan infeksi ketika ada organ tubuh yang mengalami peradangan agar suhu tubuh tetap terjaga.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

1. Kesehatan kantung mata

Nutrisi yang ada pada teh hijau dapat menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata akibat kurang tidur, kelelahan dan baru sembuh dari sakit.

Caranya :

  • Gunakan terh hijau berbentuk teh celup sebagai pengkompres lingkaran mata anda.
  • Rendamlah beberapa saat teh celup pada gelas yang berair dingin tanpa gula
  • Pejamkan mata lalu letakan kedua  teh celup yang sebelumnya sudah diperas tetapi jangan sampai kering, pada kedua kelopak mata selama 10 menit

Hasil yang akan diperoleh adalah sorot mata anda akan lebih bening dan terhindar dari mata sembab, bengkak dan kusam disekitar kantung mata. jika rajin melakukan tips sederhana ini mata akan terhindar dari mata panda atau lingkaran hitam pada kantung mata yang mengganggu keindahan wajah.

2. Menyegarkan dan mencerahkan wajah

Gunakan air teh tanpa gula yang basi untuk mencuci wajah setiap pagi hari. wajah akan terlihat selalu segar dan secara bertahap kulit wajah akan menjadi cerah dan merona, bahkan zat klorofil pada teh hijau menyebabkan wajah akan terhindar dari jerawat dan kerut kerut halus disekitar sudut mata dan sekitar mulut.

Caranya :

  • Gunakan air teh bekas kemarin untuk membasuh wajah lalu biarkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.
  • Air teh bekas bisa terlebih daahulu disimpan dalam kulkas tetapi hanya 5 menit saja untuk mendapatkan sensasi sejuk ketika tersentuh pada permukaan kulit wajah.

3. Menjadi masker wajah

Teh hijau dapat dijadikan masker tradisional yang aman dan berkhasiat untuk menghaluskan, mencerahkan bahkan terhindar dari flek hitan dan kerutan halus.

Caranya :

  • Haluskan daun teh hijau dengan blender yang telah dicampur dengan sedikit air agar mempermudah pengahancuran
  • Cmpurkan minyak zaitun atau madu lalu balurkan pada waajah perlahan sambil melaukan pemijatan . diamkan selama 20 menit  agar manfaatnya dapat meresap kedalam pori pori kulit dengan maksimal. setelah itu bersihkan wajah dengaan air hangat.

Teh hijau memang istimewa karena dilengkapi beberapa  enzim pendukung yang mampu mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minumlah teh hijau setiap hari tetapi dengan kadar yang ideal yaitu satu cangkir ukuran sedang. Jika telaten minum teh hijau maka manfaatnya dapat terasa dan tidak lagi memerlukan obat obatan termasuk suplemen tambahan, karena mengkonsumsi teh hijau sudah cukup menyehatkan beberapa organ tubuh secara sistematik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 03:32 Oleh :
Kategori : Herbal