Sponsors Link

7 Manfaat Daun Teh Arab

Sponsors Link

Teh arab adalah salah satu jenis nama lain untuk tanaman “khat”. Di beberapa kawasan negara Timur Tengah seperti Yaman, Arab dan Afrika tanaman ini ditemukan dalam jumlah yang sangat besar. Penduduk di negara tersebut memiliki kebiasaan mengunyah teh arab dan sama sekali tidak dilarang. Sementara di beberapa bagian negara seperti Amerika, Inggris, Indonesia , Australia dan negara lain tanaman ini sangat dilarang dan termasuk dalam salah satu jenis golongan narkoba.

ads

Apa itu Tanaman Teh Arab?

Tanaman teh arab memang paling banyak ditemukan di kawasan Arab dan Afrika. Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian 3 meter dan sangat subur. Kandungan senyawa yang ditemukan pada tanaman teh arab adalah sebuah zat yang disebut dengan Cathinone. Chatinone memiliki sifat dan efek samping seperti pemakaian amphertamine yang digunakan untuk produksi pil ekstasi. Karena itulah tanaman ini terlarang di Indonesia. Orang Arab dan Afrika terbiasa mengkonsumsi teh arab dengan cara mengunyah secara langsung daun tanaman tersebut. Masyarakat disana hampir setiap hari mengunyah daun ini karena dipercaya bisa membuat badan tetap sehat.

Tanaman teh arab memang terlarang di beberapa bagian negara, namun tanaman ini tetap menjadi primadona di daerah asalnya. Pemakaian tanaman teh arab banyak dilakukan sebagai obat atau untuk memelihara kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh arab yang perlu diketahui :

1. Perawatan Diabetes

Mengunyah teh arab dipercaya bisa menurunkan nafsu makan sehingga, membuat penderita diabetes tidak perlu melawan rasa lapar yang berlebihan. Penderita bisa mengurangi porsi makanan secara rutin sehingga, bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Tekanan Darah Stabil

Mengunyah teh arab juga dipercaya bisa membuat tekanan darah tetap stabil. Hal ini disebabkan karena tanaman ini bisa membuat efek yang lebih tenang, namun bagi penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi secara aktif karena bisa menyebabkan tekanan darah semakin tinggi. Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa menjadi efek samping dari konsumsi teh arab secara berlebihan.

3. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi teh arab dipercaya juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini terjadi ketika efek stimulan dari daun teh arab bisa mengurangi nafsu makan dan membuat perut merasa tetap kenyang. Bahkan pada awalnya pemakaian daun teh arab banyak dilakukan di Afrika ketika negara tersebut masuk masa krisis dan penduduk mereka mengalami kelaparan.

4. Menurunkan Tingkat Stres dan Membuat Tenang

Kandungan utama dalam daun teh arab adalah bahan cathinone dan katin yang memiliki struktur kimia seperti amfetamin. Pengaruhnya adalah menghasilkan efek stimulant yang sangat nyaman untuk otak dan tubuh. Chatinone dan katin bisa membantu tubuh dalam melepaskan hormon stress dalam tubuh dan meningkatkan produksi hormon lain yang bisa membuat tubuh menjadi lebih santai. Bahkan, bahan katin dalam teh arab bisa meningkatkan produksi dopamin yang ada dibagian sirkuit otak sehingga bisa meningkatkan rasa senang.


Beberapa kondisi berikut ini juga mengoptimalkan penurunan stress seperti :

5. Mengobati Sakit Maag

Efek dari katin yang bisa meningkatkan stimulan dalam tubuh seperti amfetamin juga sangat baik untuk mengatasi sakit maag. Penyakit maag biasanya akan menyebabkan rasa sakit pada lambung bahkan bisa membuat suasana yang kurang nyaman untuk lambung. Lambung akan tetap terasa sakit meskipun sudah makan namun akan lebih sakit jika tidak makan. Efek dari mengunyah teh arab bisa menstabilkan tingkat nafsu makan sehingga baik untuk menjaga kesehatan lambung,


Beahan herbal lainnya yang mampu mengatasi keluhan maag ini yaitu :

6. Meningkatkan Gairan Seksual

Masalah kurangnya gairah seksual pada pria ternyata juga bisa diatasi dengan manfaat teh arab. Konsumsi teh arab bisa membantu meningkatkan gairah seksual karena, meningkatkan suasana hati dan membantu meningkatkan hormon reproduksi yang mendorong produksi sperma lebih tinggi. Namun sebaiknya dikonsumsi dalam jangka pendek karena konsumsi berlebihan bisa menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan kelainan pada sperma.


Konsumsi makanan berikut ini juga mampu membangkitkan gairah seksuai, yaitu :

7. Mengatasi Kelelahan

Ketika tubuh lelah dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas maka, biasanya orang Afrika dan Arab mengunyah daun teh arab. Daun teh arab bisa meningkatkan rasa senang dan membuat tubuh menjadi lebih santai sehingga, secara perlahan bisa mengurangi rasa lelah yang panjang. Efek dari pemakaian ini juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih santai dan bisa bertahan dalam waktu lebih dari 5 jam.

ads

Efek Samping Konsumsi Teh Arab

Daun teh arab pada awalnya banyak digunakan sebagai pengganti minuman kopi yang bisa menjadi stimulan untuk tubuh. Namun konsumsi teh arab hanya dibatasi dalam jumlah tertentu saja, sementara pemakaian jangka panjang dan terlalu banyak, bisa meningkatkan efek samping.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi dari penggunaan teh arab yang berlebihan :

1- Daun teh arab bisa meningkatkan efek stimulan yang tinggi yang bisa menyebabkan efek kecanduan. Efek kecanduan akan membuat seseorang ingin terus mengkonsumsi teh arab dan mulai meninggalkan kebiasaan hidup yang baik. Secara umum efek ini akan menyebabkan ketergantungan secara psikologis.

2- Daun teh arab juga bisa menyebabkan perubahan suasana hati dalam waktu yang lebih cepat, membuat orang lebih banyak bicara, aktif, cemas , gembira dan jika lebih lama maka bisa menyebabkan efek seperti pemakaian narkoba.

3- Konsumsi berlebihan bisa menyebabkan seseorang tidak bisa tidur dan efek lebih lama bisa membuat orang menjadi malas. Bahkan orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi daun teh arab bisa menyebabkan penurunan produksi karena otak dan pikiran sulit untuk berkonsentrasi.

4- Konsumsi teh arab berlebihan juga bisa menyebabkan efek kerusakan jantung seperti denyut jantung yang lebih cepat, kerusakan detak jantung , tekanan darah yang terus meningkat dan membuat pernafasan menjadi lebih cepat.

5- Efek lain dari konsumsi daun teh arab juga bisa menyebabkan berbagai penyakit gangguan mulut seperti sariawan, kanker mulut, radang tenggorokan, penyakit pada gusi dan rahang.

6- Konsumsi daun teh arab secara berlebihan bisa meningkatkan masalah pencernaan dan merusak sistem kerja usus besar sehingga menyebabkan sembelit atau gangguan pencernaan lain.

7- Kerusakan otak juga bisa terjadi pada orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi daun teh arab. Kerusakan otak terjadi karena efek sakit kepala atau migrain yang berkepanjangan kemudian menyebabkan masalah pembekuan darah di otak dan menyumbat aliran darah yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan pendarahan otak bagian dalam.

8- Pemakai daun teh arab juga bisa menyebabkan kerusakan organ bagian dalam seperti organ hati dan limpa. Kerusakan ini bisa menyebabkan tumbuhnya jaringan parut yang membuat hati dan limpa tidak bisa berfungsi dengan baik.

9- Pemakaian daun teh arab ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan sistem produksi sel darah putih. Produksi sel darah putih akan terus menurun yang menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah karena tidak ada penopang kekebalan tubuh dan antibodi yang dilakukan oleh sel darah putih.

10- Konsumsi daun teh arab untuk ibu hamil dan ibu menyusui juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan berat badan bayi terus menurun, ibu hamil kurang nutrisi dan bahan kimia pada daun teh arab bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

Daun teh arab hanya dikonsumsi oleh penduduk yang tinggal dikawasan Arab dan Afrika. Hingga sekarang beberapa masyarakat disana masih tetap mengkonsumsi daun teh arab. Tapi di Indonesia penggunaan daun teh arab dilarang karena bisa menimbulkan efek seperti pada pemakaian narkoba.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 09th, September 2015 / 09:16 Oleh :
Kategori : Herbal