Sponsors Link

12 Manfaat Tauco Bagi Ibu Hamil dan Janin

Sponsors Link

Tauco merupakan salah satu bahan makanan Indonesia yang mengandung banyak nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi dalam tauco ini dihasilkan dari proses fermentasi kapang dan sebagian besar berupa mineral, lemak nabati, pati dan protein. Tauco juga memiliki kandungan asam amino esensial serta non esensial dan juga serat sehingga sangat baik dikonsumsi siapapun bahkan untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Dalam tauco juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya seperti kalsium, protein, lipid, zat besi, seng, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3 dan magnesium. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat tauco bagi ibu hamil, anda bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

ads

Artikel terkait:

Proses Pembuatan Tauco

Saat memasuki proses fermentasi, kacang kedelai yang sudah memiliki nutrisi dan mineral tersebut kemudian mengalami perubahan fisiko kimia sehingga tekstur tauco menjadi lebih lunak dan terjadi penurunan selulosa karena enzim yang diproduksi oleh kapang. Enzim proteolitik yang terjadi membuat degradasi protein kedelai yang berubah menjadi asam amino sehingga membuat nitrogen larut mengalami peningkatan. Selama proses fermentasi, karbohidrat juga akan diubah menjadi gula sederhana dan penurunan kadar air juga terjadi lewat proses merebus. Aktivitas dari fermentasi kapang juga akan meningkatkan kadar protein yang terhidrolisis sehingga membuat kekentalan yang diinginkan bisa didapat. Sedangkan lactobasilus pada tauco mempunyai aktivitas probiotik yang sangat baik untuk pencernaan.

Artikel terkait:

  1. Melindungi Terhadap Preeklampsia Ibu Hamil

Kandungan asam amino dalam tauco diketahui sangat berguna untuk memberikan perlindungan pada preeklampsia ibu hamil. Preeklampsia ini akan mempengaruhi 5 sampai 8 persen wanita hamil yang ditandai dengan meningkatknya protein dalam urin sehingga tekanan darah menjadi lebih meningkat. Ini akan mengakibatkan persalinan yang prematur, bayi terlahir dengan berat badan kurang dan bahkan kematian. Asam amino L-arginin yang terkandung dalam tauco ini akan membantu selama masa kehamilan supaya lebih sehat dan meringankan gejala ini.

  1. Melindungi Ibu Hamil Dari Keracunan

Supaya kesehatan bayi dan ibu tetap terjaga, maka racun yang masuk ke dalam tubuh harus diminimalisir. Sebagian besar racun dalam tubuh bisa diikat oleh serat sehingga ibu dalam masa kehamilan juga harus memperbanyak asupan serat seperti mengkonsumsi tauco yang memiliki kandungan serat tinggi. Serat juga berguna untuk mempersingkat waktu transit racun dan serat yang larut dengan air tersebut akan mengikat sekresi empedu dalam tubuh yang membuat ampas atau limbah makanan bisa dikeluarkan dari usus besar. Sementara serat yang tidak larut dalam air akan memperbaiki tekstur limbah atau ampas makanan menjadi lebih besar dan lunak yang membuat kotoran ini lebih mudah dikeluarkan.

Sponsors Link

  1. Mempermudah Proses Persalinan

Kandungan vitamin A yang ada dalam tauco berfungsi untuk memperbaiki jaringan postpartum sehingga proses melahirkan bisa berjalan dengan normal dan mencegah terjadinya infeksi selama proses persalinan tersebut.

  1. Membantu Proses Perkembangan Organ Janin

Dalam tauco juga mengandung vitamin B1 yang sangat membantu untuk perkembangan organ pada janin khususnya perkembangan sistem saraf dan bayi terhindar dari penaykit beri-beri. Beberapa organ penting pada janin seperti jantung, hati dan organ gerak janin juga akan berkembang secara optimal apabila asupan vitamin B1 ibu hamil tercukupi.

  1. Memperlancar Aliran Oksigen Ibu Hamil dan Janin

Kandungan zat besi yang juga terdapat dalam tauco sangat penting dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk pada janin. Seluruh organ di dalam tubuh sangat membutuhkan suplai oksigen sehingga bisa membantu kinerja organ dengan lebih baik lagi. Dengan semakin lancarnya aliran oksigen dalam tubuh, maka sari pati makanan juga bisa dialirkan dengan baik.

Artikel terkait:

ads
  1. Pembentukan DNA Janin

Zinc yang ada dalam tauco berguna untuk pembentukan sel serta DNA sekaligus membantu perkembangan janin. Salah satu jenis mineral ini akan mencegah terjadinya kelahiran prematur, kelainan pada otak, jantung, mata dan bibir sumbing pada saat janin berkembang.

  1. Mencegah Konstipasi

Pada saat seorang wanita memasuki masa kehamilan, maka beberapa masalah seperti konstipasi atau sembelit dan susah buang air besar bisa terjadi karena menurunnya kontraksi pada saluran pencernaan dan menurunnya kinerja usus besar untuk mengeluarkan limbah makanan karena tekanan pada rahim yang semakin besar. Masalah konstipasi ini juga semakin meningkat saat masa kehamilan karena ibu hamil berkurang tingkat keaktifannya dibandingkan sebelum hamil. Dengan menambah asupan zat besi yang terdapat dalam tauco maka masalah konstipasi ini bisa dikurangi.

  1. Membentuk Jaringan Pada Janin

Pembentukan jaringan dan juga organ pada janin seperti tulang dan mata juga bisa semakin berkembang dengan mengkonsumsi tauco yang tinggi akan vitamin A tersebut. Asupan vitamin A yang cukup memang sangat disarankan sehingga pertumbuhan janin dalam kandungan bisa semakin meningkat. Selain itu, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan sehingga berbagai penyakit berbahaya yang masuk ke dalam tubuh bisa dicegah termasuk timbulnya penyakit pada janin anda.

  1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Dengan asupan vitamin B1 yang juga terdapat dalam tauco, maka perkembangan otak dan juga sistem saraf bayi bisa semakin berkembang dengan baik. Saat nantinya bayi lahir, maka aktivitasnya akan diatur dengan otak dan sistem saraf untuk mengendalikan sistem pernafasan, sistem makan, sistem pembuangan air dan juga rasa lapar. Untuk menghindari gangguan aktifitas pada bayi tersebut, maka disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B1 yang cukup seperti tauco supaya beberapa masalah tersebut bisa dihindari.

  1. Meningkatkan Kadar Hormon

Saat wanita sedang berada dalam masa kehamilan, maka beberapa jenis hormon sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perkembangan dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan. Agar produksi hormon bisa semakin ditingkatkan, maka perbanyak konsumsi asupan yang mengandung zat besi seperti yang terdapat dalam tauco ini. Selain itu, zat besi juga memiliki peran penting dalam mempermudah proses persalinan.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Saat tubuh ibu hamil kekurangan seng, maka masalah yang sering timbul adalah berkurangnya nafsu atau selera makan atau dikenal dengan istilah defisiensi. Defisiensi yang terjadi pada saat fase organogenesis yakni pembentukan organ tubuh janin pada minggu awal masa kehamilan juga bisa menimbulkan masalah dalam jangka waktu panjang. seperti sistem imun tubuh bayi yang lemah dan bahkan bersifat permanen sampai dewasa. Untuk menghindari masalah ini, maka kebutuhan seng saat masa kehamilan harus tercukupi seperti yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi tauco dengan kandungan seng di dalamnya.

  1. Membantu Pembentukan Plasenta

Dalam masa kehamilan, bayi akan berkembang dalam janin dan ikut merasakan asupan makanan yang dikonsumsi sang ibu dan ini terjadi pada saluran yang menghubungkan hasil sari pati makanan ke tubuh bayi yang dinamakan plasenta. Inilah yang menjadi alasan penting mengapa ibu hamil harus selalu menjaga asupan makanan sehingga ikut membantu perkembangan janin. Semuanya ini bisa didapatkan dengan memperbanyak asupan zat besi seperti yang ada dalam tauco.

Artikel terkait:

Salah satu makanan fermentasi dari kedelai yakni tauco ternyata tidak hanya menyehatkan bagi tubuh, namun juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal yang perlu di garis bawahi adalah untuk mengkonsumsi tauco tidak terlalu berlebihan, karena segala sesuatu yang dikonsumsi terlalu banyak tetap akan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 05th, August 2017 / 06:44 Oleh :
Kategori : Makanan