Sponsors Link

10 Manfaat Tauco Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Manfaat dari tauco bagi kesehatan tubuh adalah hal yang sangat menarik untuk diketahui. Selain dapat meningkatkan kesadaran masyarakat umum untuk rutin mengonsumsi tauco, pengetahuan manfaat dari tauco dapat juga menjadi solusi bagi permasalahan kesehatan yang mungkin anda juga alami. Tauco seperti diketahui secara umum adalah sebuah bumbu makanan. Bumbu makanan ini terbuat dari olahan biji kedelai. Biji kedelai merupakan bahan dasar pembuatan tempe juga tahu, dan satu lagi yang tidak banyak diketahui adalah juga bahan dasar pembuatan tauco.

ads

Proses Pembuatan Tauco dari Biji Kedelai

Tauco diolah dari biji kedelai yang difermentasi. Produk tauco sendiri sudah cukup banyak ditemukan saat ini dalam kemasan langsung pakai. Akan tetapi, anda pun dapat membuat tauco sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah dari proses pembuatan tauco yang bisa anda lakukan:

  1. Pertama-tama anda harus menyiapkan sejumlah kedelai untuk kebutuhan tauco anda secukupnya.
  2. Setelah itu, anda harus melakukan pembersihan pada kedelai. Pastikan kedelai bersih dari kotoran daun, batang, dan bebatuan kecil di dalamnya. (baca juga: Manfaat Rebung Bambu Kuning)
  3. Jika sudah, anda harus merendam kedelai. Perendaman kedelai ini dilakukan setelah kedelai dipastikan bersih dan dilakukan selama 12 jam lamanya.
  4. Setelah 12 jam, anda harus mengupas kedelai. Proses pengupasan kedelai dari kulitnya dapat dilakukan dengan menggunakan mesin atau secara manual dengan menggunakan tangan. Anda cukup meremas kedelai beberapa kali hingga bagian kulitnya terkelupas.
  5. Selanjutnya, proses pemroduksian tauco dilakukan dengan merebus biji kedelai hingga matang.
  6. Setelah matang, biji kedelai tersebut harus ditiriskan dari air rebusnya hingga benar-benar kering
  7. Biji kedelai yang telah direbus dan kering kemudian harus dihaluskan dengan menggunakan alat penghalus.
  8. Selama proses penghalusan, biji kedelai perlu sambil dicampur dengan tepung terigu atau tepung beras secukupnya. Sebelumnya tepung harus terlebih dahulu disangrai. Perbandingan campuran kedelai dan tepung beras adalah 5 : 1. Jadi untuk 5 kilogram kedelai dibutuhkan tepung sebanyak 1 kilogram.
  9. Aduklah campuran biji kedelai dan terigu hingga merata. (baca juga: Manfaat Daging Ular Sanca)
  10. Lalu mulailah proses fermentasi kapang dari kedelai menjadi tauco.
  11. Anda perlu membiarkan campuran keledai dan tepung beras selama beberapa hari.
  12. Namun sebelumnya campuran tersebut harus ditaburi ragi untuk membantu proses fermentasi. Perbandingan ragi dan adonan adalah 1 : 10.
  13. Jika sudah teraduk hingga merata, maka selanjutnya tuangkanlah campuran pada wadah atau daun pisang dan letakkan di tempat yang aman.
  14. Tunggu hingga menjamur kurang lebih selama 2-3 hari lamanya.
  15. Campuran adonan ini akan melewati proses ditumbuhi jamur dan harus disuir-suir sebelum masuk ke dalam proses fermentasi garam.
  16. Jika sudah, kemudian campuran adonan harus direndam dalam air garam. Perbandingan untuk adonan dan air garam adalah 1 : 1. Untuk satu kilogram adonan dibutuhkan 1 liter air garam.
  17. Selanjutnya, dilakukan penjemuran adonan ini langsung di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Bisa hingga beberapa minggu atau sampai campuran tersebut mengeluarkan aroma yang khas dari tauco.
  18. Ketika aroma tersebut telah muncul artinya tauco telah berhasil dibuat. Jika anda kurang yakin, proses fermentasi telah selesai ketika campuran telah berubah menjadi warna coklat yang kemerah-merahan.
  19. Jika sudah berubah warna dan berbau, maka tauco siap untuk dibumbui.
  20. Bumbu yang dibutuhkan adalah gula merah, jahe, dan lengkuas.
  21. Pertama-tama anda perlu mengiris gula merah dengan perbandingan 4 : 1 terhadap tauco. Jika sudah larutkan gula merah dalam air. (baca juga: Manfaat Cacing Lumbricus Rubellus)
  22. Siapkan jahe dan lengkuas dan kupas dari kulitnya.
  23. Masukkan ke dalam air gula merah dan didihkan dengan menggunakan kompor
  24. Saring setelah mendidih dan campurkan adonan tauco.
  25. Tunggu selama 3 atau 4 jam hingga adonan kembali mendidih
  26. Tambahkan penambah rasa dan natrium benzoat agar tauco dapat bertahan lama.
  27. Selanjutnya, tauco siap untuk dikemas.

Artikel terkait:

Kandungan dalam Produk Tauco

Sponsors Link

Kandungan dalam tauco yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yang perlu anda ketahui beberapa kandungan nutrisinya sebagai berikut:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

Manfaat dan Fungsi Tauco untuk Kesehatan Tubuh

Seperti dijelaskan di bagian sebelumnya, kandungan nutrisi dalam tauco sangatlah banyak dan amat bermanfaat untuk kesehatan. Agar lebih jelas dan dapat menginformasi dengan baik, berikut ini beberapa manfaat dari tauco untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

ads

Jantung yang sehat merupakan jantung yang memiliki sistem peredaran darah yang sehat. Sistem peredaran darah yang sehat didapatkan melalui konsumsi nutrisi yang mampu mendukungnya. Tauco adalah salah satu makanan yang mampu mencukupkan kebutuhan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat tauco untuk kesehatan jantung ini merupakan hasil dari kandungan kacang kedelai di dalamnya. (baca juga: Manfaat Spirulina)

2. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme yang baik merupakan hasil dari asupan kalsium yang cukup. Kalsium tidak hanya dapat dicukupkan oleh susu dan olahannya, melainkan tauco pun dapat memenuhi kebutuhan kalsium ini. Sehingga proses metabolisme tubuh dapat berjalan lancar dan penyakit-penyakit pun dapat dicegah dengan segera.

3. Membantu Proses Pemulihan Pasien Anemia

Pasien anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Tauco memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, konsumsi tauco dalam jumlah banyak dapat membantu proses pemulihan untuk pasien anemia. Tauco dapat mencukupi kebutuhan zat besi jika saja dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Osteopoorosis merupakan penyakit yang disebabkan kurangnya asupan mineral. Kacang kedelai diketahui memiliki kandunga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tauco merupakan salah satu makanan hasil dari pengolahan kacang kedelai. Oleh karena itu, manfaat dari tauco untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis. (baca juga: Manfaat Kedondong)

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan gula dalam tauco merupakan gula yang baik dan tidak menimbulkan diabetes. Oleh karena itu, konsumsi tauco sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah. Sehingga penyakit diabetes pun dapat dicegah perkembangannya.

Artikel terkait:

6. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan tauco sangatlah bermanfaat untuk mencegah penuaan diri karena banyaknya vitamin. Mulai dari vitamin A, beberapa jenis vitamin B, juga vitamin C termuat di dalamnya. Kandungan vitamin yang cukup banyak ini membuat penuaan dini dapat dicegah dengan signifikan. Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang mampu menjaga kualitas kulit tetap sehat dan awet muda. (baca juga: Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan)

7. Meningkatkan Stamina Tubuh

Protein yang cukup di dalam tubuh dapat meningkatkan stamina. Keadaan ini sangat baik untuk keseluruhan penjagaan kesehatan. Tauco merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Protein ini dapat menjaga tubuh dari ancaman penyakit dan keadaan tubuh yang mudah lelah. Tubuh yang tidak mudah lelah dan stamina tubuh yang tinggi merupakan salah satu manfaat dari tauco untuk kesehatan tubuh yang sangat populer.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan keadaan yang disebabkan oleh perkembangan radikal bebas dalam tubuh yang tidak bisa dikendalikan. Oleh karena itu, radikal bebas tersebut harus dicegah penyebarannya. Salah satu nutrisi yang dapat mencegah proses radikal bebas adalah vitamin C. Kandungan vitamin C ini dapat dimiliki dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, salah satunya adalah tauco. Tauco memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak dan mampu mencegah proses radikal bebas dalam tubuh.

9. Membantu Proses Pertumbuhan pada Anak-anak

Sponsors Link

Tauco memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan protein ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak selama masa pertumbuhannya. Manfaat yang dihasilkan dari konsumsi protein dalam tauco adalah proses pertumbuhan menjadi lebih cepat dan anak pun menjadi lebih sehat.

10. Mencegah Penyakit Hati (Lever)

Kandungan dari tauco yang juga baik untuk kesehatan adalah kalsium dan kolin Keduanya mampu melancarkan metabolisme tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan lemak pada hati. Penumpukan lemak pada hati sangat berbahaya dan salah satu manfaat tauco untuk kesehatan adalah mencegah penyakit tersebut terjadi.

Berikut tadi beberapa manfaat dari tauco untuk kesehatan tubuh manusia. Konsumsi tauco yang tidak mahal namun bermanfaat ini merupakan cara terbaik untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan kuat secara alami. Semoga anda dapat mengatasi masalah kesehatan anda dengan mengonsumsi tauco.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 08:06 Oleh :
Kategori : Tumbuhan