Sponsors Link

30 Manfaat Tanaman Vanili – Pengusir serangga dan Kesehatan

Sponsors Link

Vanili adalah  sejenis tanaman yang  masih masuk kategori  keluarga anggrek, tetapi hidupnya merambat seperti ubi jalar. Tumbuhan vanila sengaja dibudidayakan agar tetap dapat di olah dan diperbanyak sebagai bumbu pelengkap  pembuatan kue, es krim ,  makanan tradisional dan aneka macam minuman dalam jangka panjang.  Vanili memiliki banyak keistimewaan untuk kesehatan sekaligus kecantikan secara bersamaan. Berikut Manfaat Tanaman Vanili yang dapat anda manfaatkan

ads

1. Sebagai pengusir serangga

Aroma khas dari vanila sangat memikat tetapi tidak disukai para serangga, terutama nyamuk. Aroma vanila sama kuatnya dengan bau jeruk yang juga  mempunyai kemampuan mengusir nyamuk, tetapi aroma khas dari vanila lebih fleksibel karena dapat mengusir kecoa, lalat dan belalang yang mungkin ada didalam rumah anda.

2. Mempunyai kemampuan sebagai penawar racun

tanaman vaniliMinyak esensial vanila dioleskan pada kulit dapat membersihkan sekaligus melindungi kulit dari bakteri, parasit dan gatal gatal karena jamur. Minyak esensial yang berbahan pokok dari vanila ini mampu menetralkan racun yang menempel pada permukaan kulit akibat radikal bebas.

3. Dapat mengobati luka bakar ringan

Vanila mempunyai efek anti bakteri alami yang dapat menolong  mencegah dan melawan infeksi  pada luka bakar ringan, pada peradangan dan mempercepat mengerinkan luka.

4.Mampu menghilangkan jerawat

Vanila memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab jerawat dan infeksi karena jerawat serta dapat memudarkan parut dan flek akibat jerawat.

5. Meningkatkan hormon Serotonin

Aroma pada vanila mampu membangkitkan enzim serotonin yaitu hormon yang mbisa mengontrol suasana hati anda agar tetap bahagia, senang dan senantiasa merasa santai.  Aroma vanila  mampu meningkatkan hormon Serotonin dalam hitungan detik.

6. Dapat melancarkan pencernaan

Vanila yang ada pada campuran kue, ice cream dan minuman dapat mencegah pencernaan  bebas dari rasa penat,  bebas dari lonjakan asam lambung yang berlebihan  dan tekanan.

7. Vanila mempunyai kandungan vitamin B yang kuat

Karena kandungan vitamin B nya tinggi vanila dapat mengontrol metabolisme tubuh agar tetap stabil dan mampu menyeimbangkan kadar gula darah yang sedang naik secara bersamaan.

8. Sebagai Anti penuaan alami

Disamping memiliki kadar vitamin B ternyata vanila juga memilki kadar vitamin E yang tinggi yang berguna melindungi kolagen kulit agar tetap seimbang dan sebagai antioksidan kuat untuk mencegah penuaan dini.

9. Menjaga kinerja saraf dalam organ tubuh

Ketika mencium aroma khas dari vanila,  saraf yang ada pada sekitar kepala dapat meningkat menjadi lebih sehat dan terhindar dari sakit kepala.

10. Dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan

Mencium bau vanilabisa menurunkan tekanan darah pada tingkat yang normal dengan cepat, karena didalam aroma khas vanila terdapat efek menenangkan .

11. Dapat menghilangkan kecanduan akan gula

Vanila mengandung gula yang aman dan menyehatkan tubuh yang bisa dikonsumsi setiap saat tanpa harus takut diabetes. Manis pada vanila dapat melepaskan kecanduan anda pada gula tebu yang berbahaya bagi gula darah anda.

12.Meredakan stres dan meringankan depresi

Aroma vanila bersifat sebagai aromaterapi,  harumnya mempunyai efek menenangkan . Bisa  dibuat sebagai parfum ruangan agar suasana ruangan tetap tenang daan nyaman, dengan cara percikkan beberapa minyak esensial vanila pada beberapa sudut ruangan rumah atau bisa dengan cara disemprotkan  minyak esensial vanila yang telah dicampur air secukupnya dengan menggunakan semprotan yang biasa dipakai untuk pengharum pakaian.

13. Sebagai anti peradangan

vanila dapat membantu mencegah, mengobati,  dan menyembuhkan peradangan misalnya radang tenggorokan , radang karena saariawan yang tidak sembuh sembuh dan lain lain.

14.Meningkatkan daya konsentrasi

vanila dapat menjaga dan mempertajam daya pikir serta konsentrasi ketika sedang bergelut dengan kesibukan rutinitas .

15.Mampu menghambat sel bakteri

Jika sering makan makanan atau minuman yang mempunyai campuran vanila didalamnya,  vanila bisa menetralkan bahkan menghancukan sel sel bakteri yang ada dalam tubuh secara berkala

16.Meningkatkan libido dan gairah bercinta

Bagi pasangan suami istri yang hubungan bercintanya mulai hambar karena kesibukan masing masing,  tak ada salahnya mencoba memberi keharuman dengan aroma terapi vanila didalam ruangan kamar dengan jumlah yang boleh anda perbanyak. Aroma khas yang menenangkan pikiran dan menghilangkan kelelahan itu akan mampu meningkatkan gairah libido  dan semangat untuk bercinta dengan pasangan anda.

17.Menetralkan kulit yang terbakar sinar matahari

Minyak esensial yang berbahan dasar vanila mampu membuat kulit yang  terlalu lama terpapar sinar matahari menjadi normal lagi dan  tidak akan mengaalami peradangan.

18.Dapat mencerahkan kulit

Minyak esensial yang terbuat dari vanila bila rajin dioleskan pada kulit wajah dapat memudarkan kulit yang kusam  menjadi putih bersih tetapi tidak instan  melainkan secara berkala. Hasil yang didapat kulit wajah tetap akan sehat dan tidak bermasalah.

19.Dapat memberi nutrisi ekstra pada rambut rusak

ads

Minyak esensial vanila mampu merawat rambut yang bercabang,  patah dan kusam menjadi sehat  kembali. Minyak esensial vanila bisa dijadikan creambath alami dengan cara memperbanyak pijitan diseputar kulit kepala dan leher untuk membuat leher terbebas dari ketegangan dan pegal pegal.

20.Dapat menyuburkan  pertumbuhan rambut yang tipis

Minyak esensial vanila dicampur dengan minyak kelapa murni dan minyak zaitun dapat  digunakan untuk memijat  kepala agar aliran darah lancar dan merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat daan sehat

21.Dapat menjadi obat tidur alami

Bagi yang menderita kesulitan tiduratau insomnia, aroma terapi daari minyak esensial vanila terbukti dapat memberikan perasaan yang aman,  nyaman  dfan meningkatkan relaksasi saraf otak oleh otak bawah sadar anda, dengan demikian anda bisa tertidur pulas dengan kualitas tidur terbaik.

22.Membantu konsentrasi dalam bermeditasi

dengan aroma vanila yang khas dapat meningkatkan konsentrasi pikiran ketika bermeditasi

23.Dapat menghilangkan rasa mual

Mencium aroma  vanila dapat menghilangkan rasa mual pada ibu hamil

24.Dapat menekan nafsu makan

Aroma khas vanila yang harum memikat dapat memberikan efek mengenyangkan dan menenangkan, karenanya membuat kita tidak mudah lapar. cocok untuk yang sedang berdiet

25. menyeimbangkan kadar gula dalam darah

Nutrisi yang ada pada vanila dapat menurunkan, menyeimbangkan serta  mengontrol kadar gula dalam darah supaya tidak melonjak kembali.

26.Dapat memperkuat daya konsentrasi ketika meditasi

Aroma khas harum vanila mampu menggandakan konsentrasi ketika bermeditasi. Konsentrasi semakin sukses didapat ketika pikiran kita tenang dan merasa nyaman.

27.Aroma vanila dapat mencegah dan menyembuhkan  sakit kepala

Kepala sakit sebelah atau migren  dapat mereda  dan bahkan akan hilang setelah berulang kali menghirup aroma dari vanila

28.Memperbaiki struktur indera penciuman

Aroma terapi yang ada pada minyak esensial vanila dapat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat, dan dapat menormalkan kembali indera penciuman

29. Dapat menormalkan detak jantung

Ketika seseorang shock karena mendapat berita yang mengejutkan, detak jantung akan berdebara debar dan berdetak dengan cepat . ini tidak baik untuk kelancaran darah yang sedang dipompa. Agar Jantung berjalan dengan normal kembali hiruplah berkali kali aroma vanila atau hiruplah uapnya setelah selesai dipanaskan bersama air mawar.

30. Dapat menyingkirkan bau tak sedap

Aroma khas vanila dapat menyingkirkan berbagai bau tak sedap dibagian lipatan baju anda yang ada dalam lemari, seperti bau apek. Semprotkan minyak esensial vanila pada beberapa lipatan baju atau dengan sedikit percikan saja.

Aroma terapi yang berbahan dasar dari bunga vanila banyak dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan dan kecantikan dibeberapa salon kecantikan, Spa , berbagai tempat pijat yang legal,  tempat meditasi khusus ibu hamil. tempat yoga, ruangan hotel dan laain lain. Keharuman memikat dari aroma vanila mempunyai efek menenangkan yang tidak anda bayangkan sebelumnya.

Siapapapun  yang menghirup keharuman aroma dari vanila  akana merasa senang karena aroma tersebut mampu  mengubah suasana hati anda seketika. Hati yang sedang galau atau sedih berangsur angsur akan merasa lebih tenang dan dapat berfikir dengan lebih fokus. Semua terjadi secara alami.  Alam bawah sadar anda akan merespon cepat aroma vanila itu dan langsung dan memberi sinyal positif untuk segera dikirimkan kedalam jaringan  otak serta indera penciuman  secara bersamaan sehingga anda akan  merasa hati dan pikiran lebih tenang dan nyaman.

Aroma khas vanila yang kaya manfaat bisa digunakan sebagai penunjang kesehatan sehari hari dirumah. Cara termudah untuk mewujudkan ketenangan dan kenyamanan dalam rumah adalah dengan cara memanfaatkan aromaterapi yang ada pada bunga vanila yang telah diproses menjadi minyak esensial.

Inilah tips sederhana untuk memberikan suasana tenang dan kenyamanan didalam rumah:

Tips 1.

  • Ambil beberapa tetes minyak esensial vanila , campulah dengan air biasa secukupnya. taruhlah dalam tempat plastik penyemprot yang biasa dipakai untuk pewangi dan pelicin pakaian ketika sedang menyeterika.
  • Kocok perlahan beberapa kali lalu semprotkan dengan lembut kearah semua sudut ruangan dan semprotkan pula pada ranjang kesayangan anda dan toilet pribadi anda. Keharuman vanila yang memikat akan cepat direspon oleh alam bawah sadar anda , anda akan merasa bahagia, ingin tetap ada didalam rumah dan beristirahat.

Tips 2.

  • Ambil beberapa tetes minyak esensial vanila kedalam sebuah bejana atau panci lalu campurlah dengan air mawar kemudian panaskan tetapi jangan sampai mendidih. Biarkan uapnya  berjalan memenuhi ruangan rumah atau kamar anda. Jika memiliki AC atau kipas, sebaiknya dimatikan dulu. Uap essensial vanila akan mengharumkaan ruangan anda dengan sensasi yang luarbiasa, Anda akan merasa rumah anda adalah rumah terindah didunia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 05th, November 2015 / 16:46 Oleh :
Kategori : Tumbuhan