Sponsors Link

8 Manfaat Tanaman Asoka Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Tanaman asoka merupakan tanaman herbal dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Di Indonesia terdapat dua jenis tanaman asoka yaitu yang memiliki batang besar dan bisa tumbuh hingga 7 meter, dan yang memiliki batang dan ukuran lebih kecil. Tanaman yang satu ini populer dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Anak-anak, termasuk juga penulis, sering mengambil kuntum bunga asoka untuk kemudian mencicipi nectar manis di dalamnya. Di Indonesia sendiri tanaman herbal ini dikenal dengan beberapa nama seperti ganda puspa, anganapriya, asogam, asok, kankelli, kenkalimara, dan lainnya.

ads

Kandungan Tanaman Asoka

Dalam tanaman asoka terdapat beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  • Pada Bunga : saponin, flavonoid, tanin
  • Kulit Kayu : tanin, catachin, dan besi (yang kering dan dihaluskan)
  • Lainnya : antosianin, hematoksilin

Manfaat Tanaman Asoka

  1. Mengobati Disentri

Kandungan zat hematoksilin pada bunga asoka sangat bermanfaat dalam mengobati disentri. Caranya sangat mudah, cukup dengan menyeduh 2 genggam bunga asoka yang telah ditumbuk halus dengan 1/2 gelas air. Setelah disaring, minum airnya 2 kali sehari sampai sembuh.

Artikel terkait: Manfaat Air Kunyit

  1. Melancarkan Haid

Belakangan semakin banyak wanita yang mengalami haid atau menstruasi yang tidak teratur. Terdapat beberapa faktor, salah satunya adalah stress berkepanjangan. Bunga asoka dapat berfungsi sebagai astringent yang membantu meredakan stres sekaligus menenangkan otot rahim. Hasilnya otot rahim dapat lebih rileks dan siklus haid kembali lancar.

Cara membuat ramuan bunga asoka untuk melancarkan haid:

  • Siapkan segenggam bunga asoka.
  • Ambil daging lidah buaya yang sudah dikupas kira-kira sepanjang 10 cm.
  • Rebus sampai mendidih atau bisa juga diseduh dengan 2 gela air.
  • Konsumsi 2 kali sehari dengan takaran sajian ½ atau satu gelas saja.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Kram pada Kaki dan Betis

Untuk mengobati kram Anda dapat meminum air rebusan bunga asoka dengan daun sembung atau mawar. Cukup diminum sebanyak sehari 1-2 kali.

Artikel terkait kram:

  1. Mengobati Luka Memar

Bunga asoka juga diyakini dapat mengobati luka memar. Caranya adalah dengan merebus bunga asoka, bunga mawar kering, dan umbi daun dewa. Minum air rebusannya secara teratur.

Artikel terkait : Manfaat Nanas Kerang

ads
  1. Mengatasi Hipertensi

Air rebusan bunga asoka dapat juga digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya adalah merebus 1 genggam bunga asoka dengan 2 gelas (400cc) air. Cukup minum setengah gelas dalam sekali konsumsi.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Peradangan/Pembengkakkan

Tanaman ini rupanya juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan pembengkakkan. Tentunya sifat ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya radang atau bengkak.

  1. Mengatasi Wasir/Ambeien

Ambeien merupakan penyakit yang bisa bertambah parah apabila tidak diobati dengan segera. Untuk membuat ramuan herbal demi mengatasi ambeien/wasir dapat menggunakan 2 genggam bunga asoka yang ditumbuk sampai halus dan tambahkan ½ gela air. Gunakan air perasan ekstrak bunga asoka sebagai ramuan alami dengan meminumnya saat pagi dan malam hari.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung pada tanaman ini dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga sangat baik untuk mencegah tubuh kekurangan pasokan sel darah merah dan hemoglobin.

Artikel terkait:

Berikut merupakan manfaat tanaman asoka yang diketahui saat ini. Sering kali kita melihat tanaman ini tumbuh di sekitar lingkungan atau bahkan pekarangan rumah, namun sangat disayangkan apabila kita tidak tahu jika tanaman ini bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu alangkah baiknya bila kita menambah pengetahuan mengenai tanaman herbal ini dan melestarikannya agar masih dapat dipergunakan di kemudian hari.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, November 2016 / 03:40 Oleh :
Kategori : Herbal