Sponsors Link

7 Manfaat Tanah Gambut Bagi Kehidupan

Sponsors Link

Jenis tanah di seluruh Indonesia sangatlah banyak dan beragam, kita ketahui bahwa indonesia merupakan negara  yang memiliki sumber daya alam yang banyak dan melimpah, dan tentu semua manfaat sumber daya alam itu dapat dimanfaatkan keberadaannya, seperti manfaat sumber daya alam nabati dan manfaat sumber alam daya hewani dengan berbagai jenis sumber daya alam ini apabila dapat menggunakannya dengan baik tentu akan baik pula negara ini. Namun ironisnya, beberapa sumber daya alam yang ada di dunia ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh manusia. Sehingga banyk sumber daya alam yang hanya di biarkan mengaggur dan tanpa ada fungsi yang berarti.

ads

Beberapa sumber daya alam yang diketahui salah satunya adalah tanah. Manfaat tanah dalam kehidupan sehari-hari tentu sangat banyak. Dengan adanya tanah dapat menompang seluruh kehidupan di bumi ini, seperti halnya manfaat tanah humus yaitu dapat digunakan sebagai pupuk alami untuk menanam, manfaat tanah latasol yang bermanfaat untuk sebagai dasar bangunan dan manfaat tanah yang lainnya seperti manfaat tanah laterit, dan manfaat tanah kapur. Semua jenis tanah itu memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing.

Ada salah satu jenis tanah lagi, tanah ini terbentuk karena umur tanah yang sudah melewati juta-jutaan tahun lamanya. Biasanya tanah ini dihasilkan karena adanya pelapukan tanaman pada zaman sejarah dahulu. Sehingga tanaman tersebut mengalami pelapukan selama berjuta-juta tahun dan akhirnya terjadilah salah satu jenis tanah. Biasanya jenis tanah ini berada di daerah rawa-rawa atau pun di daerah dataran pantai. Jenis tanah ini sering disebut sebagai tanah Gambut. (Baca Juga: Manfaat Ilmu Sosial , Manfaat Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui)

Tanah Gambut

Tanah gambut sangat memiliki banyak manfaat bagi kehidupan terutama dalam hal pertanian, bila dalam penjelasan di atas bahwa tanah gambut terjadi akibat adanya beberapa pelapukan dari tanaman prasejarah, berarti tanah ini tentu akan memiliki kemampuan yang baik dalam menanam suatu tanaman. Tanah gambut di Indonesia ini kurang lebih mencapai 26 juta Hektar perhitungan ini pada tahun 1995. Jadi bukan tidak mungkin pada tahun ini tanah gambut semakin meluas luasnya. Itulah sejarah dari terbentuknya tanah gambut, begitu penting manfaat belajar sejarah bagi anak muda saat ini, agar tidak melupakan banyak sejarah manis di dunia ini terutama di negara Indonesia. Berikut akan di ulas lebih lanjut mengenai manfaat  tanah gambut. (Baca Juga: Manfaat Pembangunan Ekonomi , Manfaat Rumah Kaca)

Manfaat Tanah Gambut

  1. Menambah Lahan Pertanian

Tanah gambut berasal dari pelapukan tanaman pada zaman prasejarah, tentu hal ini akan baik bagi kehidupan saat ini pula, dengan semakin melebarnya tanah gambut (yang pada tahun 1995 tanah berjumlah 26 juta hektar) maka semakin banyak pula peluang pertanian untuk memanfaatkan tanah gambut sebagai sumber pangan mereka, lahan yang mengandung tanah gambut dapat digunakan untuk menambah lahan pertanian karena dipercaya mampu untuk penyemaian bibit pohon sehingga bibit pohon akan menjadi baik dan dalam pertumbuhannya akan baik pula. (Baca Juga:  manfaat kelapa sawit , Manfaat Pohon Sagu )

  1. Menambah Hasil Produksi tanaman

Tanah gambut memang bukan tanah sembarangan bagi para petani, selain manfaat tanah humus yang dapat menyuburkan tanah, tanah gambut ini ternyata pun memiliki manfaat yang hampir sama dari tanah humus, tanah gambut memiliki kemampuan untuk mempermudah proses tumbuh dan banyak kandungan yang ada di tanah gambut ini membantu pertumbuhan tanaman dari dalam seperti beberapa tanaman yang memiliki manfaat ini manfaat kedelai, manfaat jagung, manfaat terong, manfaat semanggka, dan buah-buahan yang bermanfaat lainya seperti melon, kangkung, jahe, ubi jalar, singkong dan lain sebagainya.

ads
  1. Tanaman mudah Tumbuh

Tanaman yang disemaikan di tanah gambut akan mudah tumbuh dan lebih cepat proses pertumbuhannya. Karena pada dasarnya tanah gambut memiliki sosok yang dapat dikatakan lebih kuat jadi bibit-bibit tanman yang disemai pada lapisan tanah ini pun akan tampak sosoknya yang lebih kuat. (Baca Juga: Manfaat Biji Cendana , Manfaat Tanaman Sagu)

  1. Membantu Peremajaan Hutan

Menurut penelitian tanah gambut memiliki manfaat untuk  mempercepat proses peremajaan hutan, artinya dengan memanfaatkan tanah gambut ini hutan akan cepat rimbun karena tanaman yang tumbuh di lahan yang akan menjadi hutan ini adalah tanaman yang memiliki kualitas yang baik. Peremajaan hutan ini sangat digalakkan oleh pemerintah dan sangat diperlukan untuk kehidupan dalam dunia ini. bayangkan saja tidak ada peremajaan hutan tentu kita tidak dapat merasakan manfaat hutan dalam hidup ini, untuk itu peremajaan hutan pada tanah gambut harus dimanfaatkan dengan baik, agar hasil yang dihasilkan pun menjadi baik dan memiliki manfaat yang lebih dari apa yang diinginkan. (Baca Juga: Manfaat Hutan Bakau  , Manfaat Hutan Hujan Tropis)

  1. Sebagai Bahan Bakar

Berdasarkan salah satu penelitian bahwa tanah gambut memiliki kandungan abu yang baik untuk bahan bakar, tanah abu yang berada di Indonesia cenderung lebih baik dan kaya akan kalori. Tanah gambut ini memilki kandungan abu kurang dari 1% dimana tentu hal ini akan lebih menghemat biaya karena kandungan abu yang masih rendah. Selain itu kandungan abu yang rendah akan mampu mengurangi polusi lingkungan. Bahan bakar sangat perlu di lestarikan dan di jaga keberadaannya karena manfaat bahan bakar di Indonesia sangatlah banyak, terutama dalam menunjang kehidupan. (Baca Juga: Manfaat Buah Bintaro untuk Bahan Baku Industri , Manfaat Sumber Daya Tambang )

  1. Sebagai pembangkit tenaga listrik

Selain dapat digunakan untuk bahan bakar, tanah gambut pada pedesaa ternyata dapat menghasilkan aliran listrik. Terutama bagi mreka yang belum terjangkau oleh PLN. Biasanya tanah gambut dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik untuk memanfaatkannya sebagai penunjang industri mereka. Manfaat listrik sangatlah dirasakan bagi setiap insan. Bisa dibayangkan tanpa adanya tanah gambut tentua akan sulit bagi mereka untuk melakukan aktivitas di malam hari, itu sebabnya mengapa listrik sangat bermanfaat bagi mereka terutama bagi perindustrian, karena hal ini dapat menghemat biaya listrik yang ditarifkan oleh PLN (Baca Juga: Manfaat Sumber Arus Listrik , Manfaat Pembangkit Listrik Sederhana)

  1. Sebagai Pupuk

Sama halnya dengan manfaat tanah humus tanah ini pun dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai tanah pupuk, tanah gambut memang sangat baik jika digunakan untuk pupuk, karena dapat membantu proses pertumbuhan tanaman yang akan di taman. Selain itu faktanya, tanah ini menjadi salah satu pupuk yang di ekspor ke seluruh dunia, karena tanah ini sangat di minati oleh beberapa negara, sampai pada diminati oleh dunia internasional. (Baca Juga: Manfaat Ampas Tebu , Manfaat Batang Pisang)

Manfaat tanah gambut dalam kehidupan sangatlah beranekaragam, mulai dari untuk pupuk, sumber tenaga listrik, penghasil bahan bakar dan manfaat yang lainnya. Dengan beberapa manfaat yang sudah diuraikan ini semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda dari beberapa manfaat tanah gambut.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 17th, March 2017 / 15:25 Oleh :
Kategori : Alam