Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Taman Nasional Untuk Lingkungan

Sponsors Link

Taman Nasional merupakan suatu kawasan hijau yang dijadikan sebagai daerah untuk melestarikan alam. Taman Nasional memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Hal tersebut dilakukan untuk kepentingan penelitian, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman Nasional sangat penting keberadaannya dikarenakan luas daerah perhutanan semakin sempit. Tindakan yang tidak bertanggung jawab dengan menebang atau melakukan pembakaran hutan oleh manusia telah membawa beberapa spesies flora dan fauna menuju kepunahan. Oleh karena itu Taman Nasional perlu dibentuk dan dilindungi seperti halnya kita melindungi hutan agar dapat merasakan manfaat hutan lindung bagi keberlangsungan setiap kehidupan.

Baca juga:

Fungsi Taman Nasional

Taman Nasional memiliki beberapa fungsi sebaagai berikut:

  • Pemanfaatan hutan secara lestari
  • Pelestarian keanekaragaman hayati sekaligus ekosistemnya
  • Melindungi sistem penyangga kehidupan

Nilai Potensial Taman Nasional

Selain memiliki fungsi, Taman Nasional juga memiliki nilai potensial yang sangat berguna bagi kehidupan seperti:

  • Hidrologi

Keberadaan Taman Nasional dapat menjadi daerah pengkapan air yang menjadi hulu dari berbagai sungai. Dengan adanya Taman Nasional sungai bererta anak sungat yang berada di kawasan tersebut dapat mengalirkan air bersih sepanjang tahun. (baca juga: Manfaat Air)

  • Keanekaragaman Flora & Fauna

Potensi keanekaragaman flora dan fauna langka dapat menjadi daya tarik tersediri sebuah Taman Nasional. Dengan adanya Taman Nasional kepunahan suatu spesies juga dapat dicegah sehingga menjaga keseimbangan siklus ekosistem alam.

  • Pariwisata Alam

Panorama kawasan Taman Nasional juga mampu menarik minat wisatawan lokal maupun domestik untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Taman Nasional seperti telaga/danau, air terjun, air panas, serta kawah di puncak gunung. Kedatangan wisatawan ini tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi penduduk lokal.

Manfaat Taman Nasional

  1. Mengatur Tata Air

Manfaat Taman Nasional dalam mengatur tata air adalah sebagai berikut:

  • Tajuk pepohonan menahan butiran air yang jatuh ke tanah sehingga tidak langsung menyentuh tanah.
  • Mencegah terjadinya banjir dan longsor karena debit air hujan diserap oleh tanah dan akar pepohonan.
  • Air di dalam tanah akan dilepas sedikit demi sedikit melewati mata air menuju sungai saat musim kemarau tiba sehingga tidak terjadi kekeringan dan air bersih tetap tersedia.
  • Air bersih yang berasal dari mata air tersebut dapat digunakan untuk keperluan pertanian maupun rumah tangga.

Baca juga:

sponsored links
  1. Menstabilkan Iklim

Taman Nasional memiliki cara tersendiri dalam membantu membentuk curah hujan. Kemampuannya yang dapat mengatur siklus pelepasan uap air menuju atmosfer menyebabkan keteraturan turunnya hujan bahkan saat musim kemarau sehingga tumbuhan dan seluruh ekosistem yang ada di daerah Taman Nasional tidak akan merasakan kekeringan.

Baca juga : Manfaat Curah Hujan Yang Tinggi

  1. Menjaga Keanekaragaman Hayati

Aneka tumbuh-tumbuhan dan setiap spesies yang berada di dalam ekosistem dilindungi keberadaannya di Taman Nasional. Agar dapat merasakan manfaat tanaman apotik hidup yang digunakan sebagai herbal alami untuk mengobati berbagai penyakit, sebuah kawasan yang dilindungi seperti Taman Nasional tentu diperlukan. Semua jenis hayati yang hidup di daratan maupun di lautan perlu dilindungi demi menjaga ekosistem yang seimbang.

Baca juga: Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia

  1. Melindungi Aneka Satwa Langka

Keanekaragaman satwa yang jumlahnya semakin berkurang juga akan dilindungi di Taman Nasional berdasarkan undang-undang. Beberapa satwa langka yang dapat ditemukan di Taman Nasional diantaranya harimau, macan tutul, badak bercula satu, orang utan, dan elang jawa. Taman Nasional dapat menjadi rumah bagi aneka satwa yang terusir dari habitat aslinya di hutan rimba.

Baca juga:

Oleh karena itu apabila Taman Nasional juga dirusak oleh manusia maka keberadaan satwa langka akan benar-benar punah. Selain itu para wisatawan yang datang karena tertari dengan hewan langka juga akan berkurang atau tidak ada sama sekali.

  1. Tempat Penelitian dan Pendidikan

Aneka tumbuhan dan hewan di Taman Nasional juga dapat dijadikan subjek dan objek penelitian oleh para ahli dan pelajar dari berbagai bidang. Pengetahuan akan alam yang semakin dilupakan akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup setiap makhluk di muka bumi. Dengan meneliti Taman Nasional juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya daerah hijau bagi kehidupan bersama dan keseimbangan alam. Hasil penelitian juga tentunya akan sangat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Baca juga :

  1. Sosial Ekonomi

Manfaat Taman Nasional untuk kepentingan sosial dan ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Jaminan Masa Depan

Bayangkan apabila 50 tahun kedepan tidak ada hutan tersisa dimuka bumi? Manusia tentunya tidak dapat bertahan tanpa alam sebagai penyangga kehidupan. Berbagai komoditas disediakan dan dimanfaatkan dari alam. Apabila terjadi pengeksploitasian berlebih akan mengancam tatanan ekosistem. Taman Nasional merupakan jaminan untuk dimanfaatkan, yang tentunya dengan batasan, agar di masa depan generasi baru bisa melihat berbagai aneka satwa dan merasakan berbagai hasil alam seperti buah dan sayuran yang mungkin sudah sangat langka saat ini.

Keberadaan Taman Nasional memang sejatinya sangat bermanfaat bagi kehidupan. Hal tersebut mungkin sering diabaikan bagi kebanyakan orang. Namun akan lebih baik jika kita saling mengingatkan. Pengerusakkan Taman Nasional seperti perluasan kawasan pemukiman atau perkebunan, tindakan usaha yang tidak sesuai dengan rencana pengelolaan, ataupun mengotori Taman Nasional dengan sampah yang sulit terurai merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dan berdampak negatif bagi alam untuk kedepannya.

Maka dari itu mari kita menjaga ekosistem alam dengan sedikit tindakan seperti tidak mengotori Taman Nasional atau melaporkan tindakan yang mengancam keberlangsungan Taman Nasional agar kita juga dapat merasakan manfaat lingkungan bersih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 06:01 Oleh :
Kategori : Alam