Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Taman Bunga Untuk Lingkungan

Sponsors Link

Taman bunga merupakan suatu daerah yang ditanami berbagai varietas bunga. Taman bunga tidak seperti taman kota yang setidaknya harus memiliki daerah yang luas. Anda bahkan dapat membuat taman bunga kecil di halaman rumah Anda. (Baca juga Manfaat Taman Nasional)

Di Indonesia terdapat beberapa taman bunga yang memang dikhususnya sebagai tempat penelitian, pelestarian, sekaligus tempat rekreasi bagi masyarakat umum. Salah satunya adalah Taman Bunga Nusantara yang berlokasi di Cipanas. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari taman bunga yang mungkin kurang disadari oleh masyarakat dewasa ini. Manfaat-manfaat dari taman bunga tersebut dapat Anda simak di bawah ini.

  1. Persediaan Tanaman Herbal

Memiliki sebuah taman bunga di lingkungan sekitar atau di halaman rumah memiliki manfaat tersembunyi yang tidak semua orang sadari. Salah satunya adalah manfaat tanaman bunga sebagai persediaan obat herbal alami. Beberapa bunga yang memiliki manfaat mengobati berbagai penyakit antara lain:

Baca juga Manfaat Tanaman Apotik Hidup

  • Bunga gardenia (kacapiring) yang dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes, hepatitis, mimisan, demam, sakit gigi, dan lain sebagainya. Selain itu bunga ini juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Sifat anti-inflamasinya dapat mencegah peradangan dan anti biotik terhadap berbagai kuman dan bakteri
  • Bunga Soka yang sering digunakan sebagai pain killer atau obat penghilang rasa sakit, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka lebam akibat pukulan, dan melancarkan sirkulasi haid. (Baca juga Manfaat Tanaman Asoka)
  • Bunga sepatu yang mampu mengobati penyakit bronkhitis, batuk rejan, batuk berdahak, dan batuk lendir darah, TBC, mimisan, infeksi saluran kemih, melancarkan haid, disentri, dan kencing nanah. (Baca juga Manfaat Bunga Sepatu dan Manfaat Daun Bunga Sepatu)
  1. Bahan Penelitian

Berbagai tanaman termasuk bunga dapat menjadi bahan penelitian baik bagi siswa maupun peneliti. Bunga-bunga yang diteliti tentunya akan menambah pengetahuan mengenai manfaat dan perannya di alam. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangsih bagi ilmu pengetahuan dan keberlangsungan hidup di masa yang akan datang. Sebagian manfaat dari bunga mungkin dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang saat ini belum ditemukan obatnya. Bagaimanapun alam sebenarnya telah menyediakan semua kebutuhan manusia oleh karena itu pengetahuan mengenai alam sangat penting bagi keberlangsungan hidup kita. (Baca juga : Manfaat Penelitian)

  1. Penghijauan Bumi

Dengan menanam bunga kita dapat membantu usaha penghijauan bumi. Bumi yang hijau tentunya berdampak positif bagi manusia. Pada saat ini terdapat banyak sekali pembangunan yang malah merampas daerah hijau sehingga sedikit sekali kita dapat melihat tumbuhan di lingkungan sekitar. Penghijauan juga dapat mengurangi efek rumah kaca yang telah menjadi masalah global belakangan ini. (Baca juga : Manfaat Penghijauan Bagi Lingkungan Manusia)

sponsored links
  1. Udara Lebih Bersih

Setiap tanaman hijau termasuk bunga memiliki kemampuan untuk mengurangi karbondioksida. Setiap tanaman akan berfotosintesis dengan menyerap karbondioksida dan selama proses fotosintesisnya akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Jadi bisa dikatakan bahwa tanaman dapat menghirup karbondioksida dan menghembuskan oksigen ke udara. Akibatnya udara menjadi lebih bersih. Kebalikan dari tanaman, manusia menghirup oksigen untuk bernafas dan menghembuskan banyak sekali karbondioksida ke udara.  Ditambah lagi manusia juga menghasilkan polusi udara lainnya, utamanya melalui polusi kendaraan dan asap pabrik.

Baca juga:

  1. Tempat Relaksasi

Saat pembangunan terus dilakukan di tengah perkotaan, banyak orang memilih berlibur ke pedesaan hanya untuk melihat pemandangan hijau tanaman dan warna bunga. Melihat begitu banyak variasi bunga yang sudah mekar dapat secara misterius menentramkan mata dan hati kita. Keindahan taman bunga juga dapat membuat kita otak rileks dan membuat mood kita baik.

Baca juga:

  1. Sarana Rekreasi

Taman bunga dapat juga dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga ataupun sahabat saat liburan tiba. Salah satu tanam bunga yang sering dijadikan tempat rekreasi adalah Taman Bunga Nusantara yang berada di Cipanas, Cianjur. (Baca juga Manfaat Rekreasi Bagi)

  1. Tempat Bersantai

Selain tempat rekreasi taman bunga juga dapat menjadi tempat kita bersantai dari kepenatan pekerjaan sehari-hari. Hanya sekedar melihat warna-warni bunga sambil mengobrol bersama teman atau keluarga tentu dapat meringankan tekanan stres yang kita alami.

  1. Menjaga Ekosistem Sekitar

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungannya yang membentuk hubungan timbal balik diantara setiap komponennya. Ekosistem tanaman bunga sangatlah beragam. Bunga tidak hanya berguna untuk manusia tapi lingkungan di sekitarnya. Serangga seperti lebah dan kupu-kupu membutuhkan sari bunga sebagai makanan mereka dan bunga pun membutuhkan serangga untuk menyebarkan serbuk bunga yang akan menumbuhkan bunga baru.

Baca juga: Manfaat Lebah Bagi Manusia

Sari bunga yang dihasilkan lebah akan disimpan dan ditimbun hingga banyak dan menjadikannya madu berkualitas yang pada akhirnya juga dikonsumsi oleh manusia. Jadi ekosistem bunga sangatlah penting bukan hanya untuk keindahan dan kehidupan hewan di sekitarnya tapi juga kehidupan manusia.

Baca juga:

  1. Melestarikan Berbagai Jenis Tanaman Bunga

Tidak hanya hewan yang mengalami kepunahan tanaman pun mungkin mengalami kepunahan spesies. Coba saja ingat-ingat bunga yang mungkin Anda sering lihat di lingkungan Anda mungkin saat ini sudah tidak terlihat lagi. Oleh karena itu kesadaran akan lingkungan juga sangat penting. Setidaknya dengan membuat taman bunga kecil di sekitar rumah akan membantu pelestarian varietas bunga.

Demikianlah manfaat dari taman bunga yang penting untuk disadari. Keindahan dan keunikan dari bunga membuat tanaman bunga sering dicari dan dibudidayakan. Tidak jarang toko yang menjual bunga seperti bunga mawar. Namun ada lebih banyak lagi varietas dari bunga mawar yang kita tidak ketahui. Dunia flora sama luasnya dengan dunia fauna. Mungkin bunga yang tumbuh di halaman rumah Anda adalah salah satu bunga yang dapat menjadi obat herbal atau mungkin telah menjadi bunga yang langka. Jadi mari kita jaga dan lestarikan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 02:44 Oleh :
Kategori : Alam