6 Manfaat Takokak Untuk Mengobati Mata Minus

Manfaat dari takokak untuk mengobati mata minus merupakan informasi yang sangat penting dan wajib diketahui oleh masyarakat. Mata minus merupakaan kondisi mata yang tidak lagi dapat melihat dala jarak jauh, akibat kebiasaan buruk menyebabkan mata tidak lagi berfungsi dengan maksimal. Seperti diketahui mata minus ini sudah semakin banyak menjangkiti siapapun di usia berapapun. Akibat dari mata minus ini biasanya akan mengganggu penglihatan, kebanyakan orang pun memanfaatkan kacamata minus untuk menanggulangi permasalahan dan kekurangan penglihatan yang dialaminya.

Mata minus seperti sudah disebutkan sebelumnya disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk dalam keseharian. Apa sajakah kebiasaan buruk tersebut yang menjadi penyebab terjadinya mata minus? Simaklah beberapa penyebab mata minus berikut ini.

Penyebab Mata Minus pada Seseorang

Seperti dijelaskan sebelumnya, kondisi mata yang berkurang kemampuan melihat jarak jauh dinamakan sebagai mata minus. Mata minus ini disebabkan oleh setidaknya 5 kebiasaan buruk dan atau alasan lain yang menggunakan mata yang sering dilakukan di zaman modern ini. Berikut ini 5 penyebab mata minus pada seseorang yang sering terjadi dan jika bisa harus dihindari:

  1. Faktor Keturunan

Penyebab mata minus yang pertama adalah faktor keturunan. Hubungan genetik dengan orang tua yang memiliki kondisi mata minus yang sudah parah, tentu dapat menjadi salah satu penyebab anda pun memiliki mata minus. Mata dan kondisinya merupakan salah satu bagian yang sering dipengaruhi oleh genetik. Jika orang tua anda memiliki riwayat mata minus, tentunya peluang anda menderita penyakit yang sama menjadi lebih besar dari orang lain yang orangtuanya tidak menderita mata minus. (baca juga: Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mata)

  1. Posisi Salah dalam Membaca Buku

Selanjutnya, mata minus juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam membaca buku. Banyak orang merasa membaca sambil tiduran sangat nyaman dan kemudian menjadi kebiasaan. Padahal membaca sambil tiduran sangat berbahaya untuk kesehatan mata anda. Hal ini disebabkan oleh buku yang menghalangi cahaya saat membaca sambil tiduran, selain itu membaca sambil tiduran menyebabkan jarak baca menjadi terlalu dekat dan tidak baik untuk kesehatan mata. Itulah sebabnya mata menjadi terkena penyakit minus. (baca juga: Manfaat Menggunakan Celak Mata)

  1. Jarak Komputer/TV dan Mata Terlalu Dekat

Penyebab mata minus selanjutnya adalah kebiasaan buruk dalam menonton televisi atau menggunakan komputer dan laptop. Jarak ideal antara alat elektronik dan mata adalah 30 cm. Sayangnya, kebiasaan ini memburuk dengan semakin dekatnya jarak elektronik dengan mata saat digunakan. Radiasi dari alat elektronik tersebut merupakan alasan utama mengapa mata kemudian akan menjadi rusak dan berkurang kemampuan penglihatannya. Oleh karena itu, kebiasaan memandang alat elektronik dalam jarak dekat harus dicegah sedini mungkin. Agar mata anda tidak semakin parah terpapar radiasi. (baca juga: Manfaat Daun Sirih untuk Mata)

  1. Menggunakan Smartphone dengan Pencahayaan Minim

Akibat kebiasaan buruk selanjutnya yang menyebabkan mata minus adalah kebiasaan dalam menggunakan smartphone dengan pencahayaan minim. Smartphone memiliki pancara cahaya yang berbahaya jika langsung dan dalam waktu lama terkena pada mata anda. Jika ditambah dengan lingkungan dalam pencahayaan yang minim, maka sangat wajar jika lambat laun kemampuan penglihatan seseorang menjadi terganggu. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan buruk dalam menggunakan smartphone tersebut untuk menjaga kesehatan mata anda. (baca juga: Manfaat Air Mata)

  1. Stress Menyerang Saraf Mata

Penyebab mata minus lainnya adalah stress yang menyerang sarag mata. Hal ini merupakan kondisi yang disebabkan oleh terlalu banyaknya beban kerja mata sehari-hari. Sama seperti otak manusia, mata pun dapat terkena stress jika tidak mendapatkan istirahat yang cukup setelah menghabiskan banyak kemampuannya dalam kegiatan anda sehari-hari. Itulah mengapa matar juga harus diberikan waktu istirahat. Paling tidak biarkanlah mata tidak melihat pada komputer secara terus menerus. Saat bekerja, arahkanlah pandangan ke beberapa arah lain yang menyegarkan kembali mata. (baca juga: Manfaat Kangkung)

Setelah mengetahui penyebab mata minus di atas. Kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat takokak untuk mengobati mata minus anda. Simaklah penjelasannya berikut ini:

Manfaat Takokak untuk Mengobati Mata Minus

Takokak merupakan buah yang diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Buah takokak bentuk fisiknya sangat mirip dengan terong, oleh karena itu buah ini juga dinamakan sebagai terong pipit. Dari mulai bentuk, ukuran, hingga warnanya buah takokak memang sering disalahkira sebagai buah yang tidak berharga. Nyatanya, buah ini sangat kaya khasiat seperti untuk mengobati mata minus, sebagai berikut manfaatnya:

  • Buah yang satu ini diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Alasannya adalah karena buah dengan nama latin Solanum toryum Sw. ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi.
  • Vitamin A adalah jenis vitamin yang mampu menutrisi tubuh untuk tetap menjaga kesehatan mata. (baca juga: Manfaat Terong untuk Kesehatan)
  • Jika mata anda sudah terlanjur ada dalam keadaan minus, maka konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi dapat membantu mengembalikan kemampuan mata anda. Termasuk juga mengembalikan kemampuan mata anda yang berkurang untuk melihat jarak jauh.
  • Menurut beberapa pengamatan kepada orang-orang yang telah berhasil menyembuhkan penyakit mata minusnya, memang buah takokak sukses untuk mengembalikan kemampuan penglihatan mata seseorang. (baca juga: Manfaat Terong Ungu)
  • Salah satu cerita kesuksesan manfaat takokan untuk mengobati mata minus datang dari seorang siswa kelas 6 SD yang menderita minus 2. Setiap hari anak itu mengonsumsi buah takokak sebanyak 10 buah, hingga kemudian minus benar-benar hilang dan saat ini tidak perlu menggunakan kacamata lagi.
  • Kasus yang sama juga dialami oleh orang lain yang menceritakan kembali dapat melihat jarak jauh yang jelas, setelah lebih dari 10 tahun menggunakan kacamata. Hal ini merupakan hasil dari konsumsi takokak setiap hari yang tidak berhenti di tengah jalan, baik karena malas ataupun tidak niat.

Artikel Terkait:

Manfaat takokak untuk mengobati mata minus ini dapat anda nikmati jika anda mengonsumsinya dengan rutin. Rasa dari buah takokak ini memang sangat pahit. Oleh karena itu, buah takokak sulit dibedakan dengan leunca, sayur dari daerah sunda yang banyak dijadikan bahan makanan. Lalu bagaimana jika anda ingin mengonsumsi takokak untuk kesehatan mata anda? Caranya mudah simak pada bagian selanjutnya. (baca juga: Manfaat Terong Ungu untuk Wanita)

Pengolahan Konsumsi Manfaat Takokak untuk Mengobati Mata Minus

Takokak dapat diolah menjadi ramuan sebelum dikonsumsi, atau langsung dikonsumsi seperti sayur. Jika anda ingin mengolah takokak sebelum dikonsumsi, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Siapkanlah buah takokak minimal 10 buah dan maksimal 100 gram banyaknya. (baca juga: Manfaat Terong Putih)
  2. Jika sudah, bersihkanlah buah takokak ini dengan air secara menyeluruh.
  3. Setelah bersih, rebuslah dan minum air rebusannya.
  4. Minumlah air rebusan ini setiap pagi minimal satu kali sehari.
  5. Ulangi penggunaan hingga beberapa bulan lamanya.
  6. Periksakanlah kemampuan penglihatan anda sesekali untuk mengetahui perkembangannya. (baca juga: Manfaat Teh untuk Mata)

Jika anda ingin mencoba langkah lainnya, sebenarnya hanya anda perlu mengonsumsi buah takokak ini secara rutin. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, konsumsi langsung buah takokak akan menghasilkan efek yang lebih signifikan. Hanya saja konsumsi langsung ini sangat sulit dilakukan karena rasanya yang pahit. Tetapi tidak ada cara lain, selain menahan rasa pahit di mulut akibat buah takokak ini. Buah takokak dapat anda konsumsi langsung setelah dibersihkan. Konsumsilah minimal 10 buah setiap harinya. Memang akan terasa sekali pahitnya, tapi anda pun akan segera merasakan manfaatnya. Buah takokak ini harus anda konsumsi setiap hari, secara rutin, selama beberapa bulan. Setelahnya anda pasti akan merasakan kemampuan penglihatan yang berangsur-angsur membaik. Kondisi mata anda bahkan dapat kembali normal lagi seperti sebelumnya tidak pernah menderita mata minus. Hanya saja anda tidak boleh kalah dengan rasa pahit buah takokak yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda harus mempertahankan walau memang pahit. Jika memungkinkan siapkan air gula atau madu di dekat anda dan konsumsi setelah semua buah takokak telah habis dikonsumsi.

Artikel Terkait:

Berikut tadi beberapa informasi mengenai manfaat takokat untuk mengobati mata minus. Jika anda masih belum percaya, maka satu-satunya cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mencobanya sendiri. Cobalah mengonsumsi buah takokak ini untuk meringankan penyakit mata minus anda bahkan menghilangkannya seutuhnya. Walau tergolong sangat tradisional, tapi cara ini lebih mudah dan terjangkau dilakukan dibandingkan dengan operasi dan cara-cara lainnya. Oleh karena itu, selamat mencoba dan semoga penyakit mata minus anda dapat terselesaikan dan disembuhkan dengan ampuh.

, , , ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 07:23 Oleh :
Kategori : Tumbuhan