4 Manfaat Table Manner yang Harus Diketahui

Table manner indentik dengan etika di meja makan. Berlaku tenang, sopan dan bersih di meja makan menandakan Anda termasuk orang yang peduli. Table manner umumnya diadakan sebagai jamuan resmi bergaya barat. Sehinga table manner tidak berkaitan dengan budaya timur. Namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba memahami etika di meja makan. Karena mungkin suatu hari nanti Anda mendapatkan undangan untuk jamuan resmi makan malam.

Artikel terkait :

Table manner sendiri memiliki aturan yang berbeda-beda antar negara. Namun ada etika makan di meja makan yang umum untuk digunakan sebagai standar antara lain sebagai berikut ini :

  • Duduk dengan tegap dan tidak bersandar pada kursi. Saat hendak duduk Anda bisa mengambil sarbet dihadapan Anda dan letakkan diatas pangkuan.Jika sarbetnya besar dapat dilipat menjadi dua bagian.
  •  Jika Anda menggunakan tas maka letakkan tas disamping bawah sebelah kanan kursi Anda.
  • Sembari menunggu jamuan datang yang dibawa oleh waiters, jangan letakkan tangan diatas meja makan. Dan sesekali janganlah berbincang-bincang secara berlebihan.
  • Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih dan kata tolong saat hendak meminta tolong kepada teman Anda.
  • Setelah makanan datang biasanya jamuan terdiri dari tiga tahapan yaitu appetizer, main course dan dessert. Dalam penggunaan alat-alat makan gunakan dari arah luar ke dalam. Selama makan sebaiknya hindari bunyi-bunyian.

Itulah beberapa aturan standar yang umumnya dilakukan di meja makan. Dengan mengetahui aturan standar tersebut, Anda jadi lebih mudah untuk mendapatkan manfaat dari table manner. Berikut ini ulasan mengenai manfat dari table manner :

1.Memudahkan penyesuaian diri

Aturan di table manner sesuai dengan budaya barat bertolak belakang dengan budaya timur seperti Indonesia. Jika di Indonesia sendiri saat makan menggunakan tangan namun di budaya barat makan menggunaan sendok, garpu dan pisau. Untuk jenis makanannya sendiri juga berbeda-beda. Namun dengan memahami budaya barat tenang tata cara makan di meja makan memudahkan Anda untuk melakukan penyesuaian diri. Dimana mungkin di lain waktu ada kesempatan untuk menghadiri undangan dengan tema barat. Biasanya jamuan ini diadakan oleh kalangan-kalangan elit. Di saat sekarang table manner sendiri tidak hanya budaya barat yang menggunakannya. Beberapa orang dengan budaya timur juga sering mengandakan jamuan dengan tema barat ini karena terkesan lebih sopan santun di meja makan.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat selanjutnya dari table manner sendiri adalah meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengetahui jabaran umum tentang tata cara makan di meja makan maka Anda tidak perlu lagi merasa kikuk dan gerogi saat jamuan makan malam akan di mulai. Ini penting karena rasa kikuk dan gerogi bisa timbul karena Anda tidak terbiasa dengan tata cara makan seperti itu. Dan yang parahnya Anda bisa menjadi semakin kikuk jika di saat acara makan malam berlansung hanya Anda sendiri yang terlihat kurang pandai dalam memahami table manner. Jadi tidak ada salahnya untuk memperlajari table manner ini karena manfaatnya sangat banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga :


3. Mengenal budaya barat

Aturan pada table manner berasal dari budaya barat. Orang barat lebih senang makan menggunakan alat-alat makan daripada menggunakan tangan. Sedangkan budaya timur lebih senang menggunakan tangan saat makan. Berbagai negara memiliki budaya tersendiri. Keberagaman budaya yang kompleks ini tidak masalah jika Anda ingin mempelajarinya jadi ilmu dan wawasan menjadi lebih banyak.

(Baca juga : Manfaat keberagaman budaya)

4. Mengajarkan sopan santun

Table manner manfaat berikutnya adalah mengajarkan sopan santun. Dengan adanya standar aturan yang umum pada table manner bisa menjadi acuan untuk mengajarkan sopan santun. Dimanapun sopan santun tetap harus dijalankan karena banyak orang yang sangat terpikat dngan sopan santun dan budi bahasa.

(Baca juga : Manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari-hari)

Itulah beberapa manfaat dari table manner saat Anda menghadiri sebuah undangan untuk jamuan makan malam mewah bersama teman-teman.

, , , ,
Post Date: Monday 13th, March 2017 / 02:26 Oleh :
Kategori : Kebiasaan