5 Manfaat Susu Amino Pada Kesehatan Tubuh

Susu merupakan salah jenis minuman yang telah dikenal sebagai minuman yang dapat menyehatkan tubuh karena kandungan di dalamnya. Susu dapat dihasilkan dari beberapa jenis hewan dan juga beberapa jenis kacang kacangan. Susu mengandung beberapa kandungan di dalamnya yang masing-masing memiliki  manfaat bagi kesehatan salah-satunya adalah kandungan protein. Protein dalam susu dibentuk dari asam amino yang disatukan oleh ikatan peptida.

artikel terkait:

Terdapat salah satu jenis susu dimana terdapat kandungan asam amino yang tinggi di dalamnya, oleh karena itu susu tersebut dijuluki sebagai susu amino. Susu amino sangat populer dikalangan fitness mania karena memang susu yang mengandung asam amino atau protein tinggi ini sangat erat kaitannya dengan dunia fitnes. Berbeda dengan susu pada umumnya, susu amino memiliki manfaat tersendiri, diantaranya yakni :

  1. Menurunkan Kadar Lemak

Menurunkan kadar lemak dalam tubuh dapat dilakukan dengan menerapkan diet rendah kalori, serta diimbangi dengan mengkonsumsi susu amino. Dari penelitian yang dilakukan oleh Minnesota’s Applied Research Center menerangkan bahwa, untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, diet rendah kalori perlu diimbangi dengan mengkonsumsi susu yang kaya akan kandungan asam amino. Melakukan diet kalori yang diimbangi dengan mengkonsumsi susu amino dapat menghasilkan hasil yang lebih efektif karena pembakaran lemak yang dilakukan akan lebih besar.

artikel terkait: manfaat susu prenagen esensismanfaat susu entrasol

  1. Meningkatkan Massa Otot

Susu yang mengandung kandungan asam amino yang tinggi, atau biasa disebut dengan whey protein memiliki fungsi untuk memperbaiki sel otot yang rusak disebabkan karena pemaksaan terhadap otot untuk bekerja lebih maksimal. Pemaksaan ini dilakukan dengan melakukan program pembanguna massa otot dengan melakukan latihan beban. Mengkonsumsi whey protein atau susu amino setelah melakukan pemaksaan kerja otot dapat membantu perangsangan terhadap pertumbuhan otot yang rusak menjadi tumbuh lebih optimal.

artikel terkait: manfaat susu kunyit

  1. Mengurangi Nafsu Makan

Susu amino mampu mengurangi asupan kalori dalam tubuh dengan menekan nafsu makan, sehingga tidak banyak kalori yang didapatkan dari hasil konsumsi makanan berlebih. Biasanya, orang yang melakukan banyak aktivitas fisik akan memiliki nafsu makan yang lebih besar. Oleh karena iu, banyak orang mengalami obesitas karena setelah melakukan aktivitas, mereka memiliki keinginan untuk makan menjadi lebih besar. Kalori yang ada pada tubuh akan menjadi lebih besar jumlahnya dan tidak berimbang dengan aktivitas yang dilakukan. Dengan mengkonsumsi susu amino setelah melakukan aktivitas, keinginan untuk mengkonsumsi makanan lain dapat ditekan sehingga tidak banyak kalori masuk dalam tubuh yang dapat mengakibatkan obesitas.

artikel terkait: manfaat susu kefir

  1. Membangun Kesehatan Saraf

Kandungan amino yang tinggi dalam susu kambing memiliki beberapa kandungan seperti unsur belerang, sistin, metionin dan sistein. Beberapa kandungan asam amino tersebut memiliki peran yang penting untuk membangun kesehatan otak. Selain membangun kesehatan otak, asam amino dalam susu kambing juga mampu meningkatkan kesehatan sistem saraf.

artikel terkait: manfaat minum susu

  1. Menjaga Kesehatan Enzim Dan Hormon

Kandungan asam amino dalam susu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan enzim dan hormon dalam tubuh. Kandungan amino inilah yang mampu memicu pelepasan insulin untukmenjaga tingkat keseimbangan gula darah. Kekurangan amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pertumbuhan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan pada perkembangan massa otot dan pembakaran lemak menjadi energi. Selain itu, asam amino dalam susu mampi merangsang produksi hormon pertumbuhan, yang juga mampu memperkuat tulang serta kolagen.

artikel terkait: manfaat susu anlenemanfaat biang susu

Meskipun dalam jenis minuman yang sama, yakni susu, namun kadar kandungan di dalamnya dapat membedakan kelebihan dan manfaat dari jenis susu tersebut. Susu amino, atau susu yang memiliki kandungan protein tinggi memiliki manfaatnya tersendiri yang berbeda dengan jenis susu lainnya yang mengandung lemak tinggi. Susu amino akan menyeimbangkan massa otot agar tubuh tidak gemuk dan juga tidak kurus. Sehingga susu ini tidak hanya cocok untuk orang yang gemuk, tetapi juga mampu meningkatkan massa otot orang yang kurus. Selamat mencoba.

, ,
Post Date: Saturday 19th, November 2016 / 02:53 Oleh :
Kategori : Minuman