Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia

Sponsors Link

Sumber daya alam merupakan salah satu jenis sumber daya yang tersedia secara melimpah yang ada di bumi kita ini. Sumber daya alam sendiri pada dasarnya terdiri dari dua jenis sumber daya alam yang paling utama, yaitu :

manfaat sumber daya alam bagi manusia

  1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui – Merupakan jens Sumber daya alam, dimana cadangan ataupun jumlah dari Sumber daya alam ini terbatas, dan akan habs apabila digunakan dan juga dimanfaatkan teruts menerus.
  2. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui – Sesuai namanya, sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini merupakan kebalikan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Biasanya sumber daya alam ini tidak akan habis, dan juga dapat diproduksi ulang, baik diproduksi ulang melalui siklus alam, ataupun dibuat dengan menggunakan teknologi.

Apa saja contoh dari sumber daya alam?

Untuk mengetahui apa itu sumber daya alam, mungkin kita harus mengetahui contoh – contoh sumber daya alam yang ada di bumi ini. Contoh – contoh sumber daya alam sangatlah banyak, bahkan mungkin masih ada sumber daya alam lainnya yang belum ditemukan oleh kebudayaan dan teknologi pada saat ini. Berikut ini adalah beberapa contoh kecil dari sumber daya alam yang ada di bumi kita :

  • Pepohonan
  • Minyak bumi
  • Gas bumi
  • Air
  • Sinar matahari
  • Mineral dan bebatuan

Sumber daya alam sudah sejak dahulu kala, bahkan sejak jaman manusia purba dan primitive sudah dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat dari sumber daya alam? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sumber daya alam bagi manusia :

1. Sumber kehidupan, sebagai bahan konsumsi

Manfaat sumber daya alam bagi manusia yang pertama adalah sebagai sumber utama dari kehidupan manusia, terutama di bidang pangan dan juga konsumsi sehari-hari. Hampir setiap hari, kita semua mengkonsumsi makanan, yang kita peroleh dari sumber daya alam. Tidak percaya? Daging, yang berasal dari hewan ternak, buah-buahan yang berasal dari pepohonan, sayuran dan banyak bahan makanan lainnya merupakan salah satu contoh kecil dari pemanfaatan sumber daya alam untuk kehidupan manusia sebagai bahan utama konsumsi, terutama untuk membantu manusia dapat bertahan hidup.

2. Memberikan oksigen

Pepohonan juga merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Pepohonan memberikan suplai oksigen kepada manusia, sehingga membuat manusia tetap bernapas dan juga dapat tetap hidup. Dapat dibayangkan bukan, apabila di kehidupan ini tidak ada oksigen sama sekali sebagai sumber daya alam? Pastilah kehidupan manusia sudah musnah.

3. Sebagai bahan baku pembuatan kebutuhan rumah

Dalam hidupnya, manusia membutuhkan rumah dan juga tempat tinggal. Tempat tinggal sejak dulu sudah dibuat oleh manusia sebagai tempat untuk berlindung dari cuaca panas, hujan, bdai dan segala macam bentuk cuaca yang ada. Dengan adanya rumah sebagai tempat tinggal juga dapat membuat manusia memiliiki sedikit privasi, terutama untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Untuk membuat rumah sebaga tempat tinggal, dibutuhkan sumber daya alam. Sumber daya alam ini bisa saja berbentuk kayu, tanah liat untuk pembuatan batu bata dan genting, bijih besi untuk membuat rangka, dan masih banyak lagi, yang hampir semuanya kita peroleh dari hasil sumber daya alam.

4. Sebagai bahan baku pembuatan kebutuhan sandang atau pakaian

Tidak hanya bahan bakut pembuatan konstruksi rumah tinggal, bahkan pakaian yang melekat di tubuh kita pun tak lepas dari peran sumber daya alam. Kain yang digunakan untuk membuat baju dan segala macam pakaian, mahal dan murah yang kita kenakan, semuanya berasal dari sumber daya alam, seperti serat kapas, serat kayu, dan juga kepompong dari ulat sutra.

5. Membantu menghasilkan listrik

Yap, inilah salah satu manfaat sumber daya alam bagi manusia terpenting untuk sumber energi, yaitu menghasilkan listrik. Sumber daya alam, seperti matahari, air, dan juga minyak bumi merupakan sedikit dari berbagai macam sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk membuat energy, salah satunya adalah energy listrik yang kita manfaatkan sehari – hari.

6. Sebagai mata pencaharian masyarakat

sponsored links

Sumber daya alam juga merupakan salah satu tulang punggung kehidupan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa sumber daya alam masih menjadi andalan dari banyak masyarakat dalam mengais rejeki, seperti mencari ikan di laut, berburu hewan di hutan, dan juga berkebun, baik dalam skala besar dan juga kecil.

7. Untuk membersihkan diri dengan mengguanakan air

Salah satu sumber daya alam yang juga penting bagi kehidupan manusia adalah air. Ya, yak dapat dibayangkan apabila air di dunia ini habis. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sering kita manfaatkan untuk membersihkan diri, dan juga untuk memasak makanan.

8. Sebagai media relaksasi dan mendekatkan diri kepada pencipta

Sumber daya alam tidak akan ada karena campur tangan Sang Pencipta. Dengan menghargai sumber daya alam yang dimiliki, maka hal ini dapat membuat manusia menjadi merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta, dan juga dapat menjadi media untuk merelaksasikan diri dari segala kepenatan setelah melakukan aktivitas.

9. Sebagai tempat dan lokasi wisata

Manfaat sumber daya alam bagi manusia juga digunakan untuk rekreasi yang penting bagi seluruh masyarakat. Dengan adaya sumber daya alam, seperti hutan maka hal ini dapat menarik minat masyarakat untuk melakukan rekreasi, dan tempat berlibur.

10. Menggerakan roda perekonomian bagi warga Negara

Yap, sumber daya alam merupakan salah satu hal yang paling penting bagi manusia, terutama bagi sebuah Negara. Dengan adanya sumber daya alam, maka kondisi roda perekonomian dari Negara tersebut akan tetap berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena sumber daya alam dapat menjadi komoditas yang penting untuk keperluan transaksi ekspor impor dari suatu Negara, yang dapat menggerkan perekonomian suatu Negara.

Jagalah Sumber Daya Alam dengan Baik

Sumber daya alam merupakan salah satu hal yang benar benar penting dan juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Untuk tu, kita sebaga manusia, sebagai orang yang hidup dan juga tinggal di bumi yang turut memanfaatkan sumber daya alam, haruslah mampu untuk menjaga kualitas dari sumber daya alam dan juga tidak merusak bumi kita dengan cara pengeksploitasian sumber daya alam secara berlebihan yang akan merusak lingkungan. Jagalah bumi kita dengan bijak menggunakan sumber daya alam! Sekian artikel mengenai manfaat dari sumber daya alam bagi manusia.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, terima kasih…

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 10th, July 2015 / 08:41 Oleh :
Kategori : Alam