Sponsors Link

17 Manfaat Squat Jump Untuk Pria dan Wanita

Sponsors Link

Apakah anda seseorang yang gemar berolahraga? Jika iya, tentunya anda tidak asing dengan istilah squat. Squat merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membuat bokong dan otot perut menjadi lebih kencang. Karena mudahnya melakukan gerakan ini, maka squat bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Manfaat squat sangat banyak untuk tubuh jika dalam melakukan gerakannya dilakukan dengan cara yang tepat. Nah, sebelum membahas manfaat squat untuk tubuh, yuk belajar terlebih dulu bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar.

ads

Baca juga:

  1. Jongkok 90 derajat – Inti gerakan squat adalah berjongkok 90 derajat dan pastikan punggung dalam keadaan rata ya.
  2. Variasikan Gerakan – Jangan melakukan gerakan squat yang sama secara terus-menerus karena membuat anggota badan lain tidak bergerak. Variasikan dengan gerakan lainnya misalkan melakukan squat sambil memegang barbel.
  3. Bertumpu pada Tumit – Nah ketika berjongkok jangan sampai massa badan bertumpu pada jari-jari kaki, alangkah baiknya biarkan beban berada pada tumit.
  4. Posisi Kaki Harus Tepat – Dalam melakukan gerakan jongkok dan berdiri, pastikan posisi kaki dengan lutut sama atau tidak melenceng. Jika lutut bergerak ke dalam dapat menyebabkan cidera lutut.

Jika kita sudah bisa melakukan gerakan squat yang baik dan benar, yuk kita intip bersama-sama manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan melakukan olahraga squat.

Baca juga:

  1. Membakar Kalori dan Lemak – Tentunya, semua jenis olah raga membantu membakar kalori dan lemak yang membedakannya adalah tingkat efektifitasnya. Ternyata squat sangat efektif untuk membakar lemak dan kalori karena gerakannya yang aktif dan dinamis.
  2. Membantu Menurunkan Berat Badan – Walaupun semua olah raga dapat membakar kalori dan lemak, tidak semua olah raga cocok dilakukan untuk membantu program diet. Ternyata, gerakan squat yang simple justru efektif untuk membantu menurunkan berat badan anda. (Baca juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet, Manfaat Buah Semangka Untuk Diet)
  3. Membentuk Otot Kaki – Dalam squat, bagian tubuh yang aktif melakukan gerakan adalah bagian bawah. Dengan demikian, olah raga ini dapat membentuk otot kaki seperti otot pantat, otot paha, dan otot betis.
  4. Meningkatkan Massa Otot – Sudah semestinya bahwa suatu olah raga membantu membakar kalori anda. Namun, olahraga squat ternyata tidak hanya membantu membakar kalori anda saja tetapi juga membantu pembentukan otot sehingga massa otot pun juga meningkat. (Baca juga: Menyehatkan Otot dan Saraf)
  5. Meningkatkan Kekuatan – Kekuatan otot meningkat seiring dengan meningkatnya massa otot sehingga olah raga squat juga membantu meningkatkan kekuatan tubuh terutama tubuh bagian bawah.
  6. Menjaga Keseimbangan Tubuh – Dengan melakukan squat berarti melatih otot kaki anda dan otot inti berupa stabilizing muscle yang berperan dalam mejaga keseimbangan tubuh. Selain itu, olah raga ini juga menjaga komunikasi antara otot dan otak yang dapat mencegah anda untuk jatuh. (Baca juga: Manfaat Relaksasi Otot Progresif)
    Sponsors Link

  7. Menjaga Kelenturan Tubuh – Tubuh yang lentur bisa kita dapatkan jika tubuh kita aktif bergerak. Gerakan squat akan memaksa tubuh kita terutama tubuh bagian bawah untuk aktif bergerak sehingga mampu membuat otot yang kaku menjadi lebih lentur.
  8. Tampak Lebih Muda – Tubuh yang kencang bisa didapatkan dengan olah raga, salah satunya dengan rutin melakukan squat. Dengan tubuh yang kencang dan badan yang terlihat sehat serta bugar membuat kita tampak lebih muda. (Baca juga: Manfaat Pepaya Muda)
  9. Mempercantik Kulit – Dengan berolahraga maka aliran darah menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar membuat kulit tampak lebih segar. Selain itu, olah raga juga membuat tubuh menjadi lebih kencang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa olah raga rutin dapat mempercantik kulit tentunya tetap diiringi dengan perawatan yang baik. Salah satu olah raga yang dapat dilakukan adalah squat.
  10. Sponsors Link

    Memperbaiki Postur Punggung – Berlatih squat berarti melatih pula otot punggung sehingga anda bisa memperbaiki postur punggung anda. Misalnya saja yang semula pada saat duduk, berdiri, maupun berjalan cenderung untuk membungkuk menjadi lebih tegak. (Baca juga: Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan)
  11. Memperlancar Pencernaan – Selain melatih otot punggung, gerakan squat juga melatih otot perut sehingga membantu pergerakan usus di dalam perut. Oleh karena itu, olah raga ini dapat membantu anda untuk memperlancar pencernaan.
  12. Meningkatkan Metabolisme Tubuh – Peningkatan metabolisme tubuh disertai dengan keaktifan tubuh dalam bergerak. Squat yang notabene merupakan olah raga aktif nan dinamis membuat metabolisme tubuh meningkat secara otomatis. (Baca juga: Manfaat Ester C)
  13. Membuang Racun dari Dalam Tubuh – Metabolisme tubuh yang meningkat mendorong peningkatan pembuangan racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan racun di dalam tubuh dibuang bersamaan dengan sisa metabolisme melalui urin, keringat, atau yang lainnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa squat juga membantu anda untuk membuang racun dari dalam tubuh.
  14. Meningkatkan Kemampuan Fisik – Seseorang yang rutin melakukan squat berarti rutin pula melatih otot-otot tubuhnya. Peningkatan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh yang baik membuat kemampuan fisik seseorang juga meningkat. Misalnya saja seseorang yang sebelumnya kesulitan melakukan lompat tinggi menjadi mudah melakukannya. (Baca juga: Manfaat Memiliki Kekuatan Otot)
  15. Meningkatkan Libido – Gerakan squat dapat memperlancar aliran darah bagian bawah mulai dari pinggang sampai dengan kaki. Aliran darah yang lancar ini dapat meningkatkan libido anda sehingga meningkatkan pula gairah seksual anda.
  16. Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron – Hormon testosteron merupakan hormon yang berperan dalam menonjolkan sifat kelaki-lakian. Berlatih squat secara rutin dapat membantu meningkatkan produksi hormon ini. (Baca juga: Manfaat Adrenalin)
  17. Meningkatkan Produksi Sperma – Pada seorang pria, banyaknya sperma yang sehat dipengaruhi oleh aktivitas produksi hormon testosteron. Dengan demikian, latihan squat juga membantu meningkatkan produksi sperma. Meningkatnya produksi sperma seseorang berarti meningkat pula kesuburan orang tersebut.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 15th, July 2017 / 04:36 Oleh :
Kategori : Olahraga