Sponsors Link

Manfaat Sirsak untuk Diabetes Melitus

Sponsors Link

Buah sirsak (Annona muricata L.) memiliki kulit buah berwarna hijau dan daging buah berwarna putih dan lunak. Buah sirsak memiliki biji berwarna hitam. Tanaman sirsak baik buahnya, daunnya, maupun bunganya dapat digunakan untuk obat. Biji sirsak tidak boleh dikonsumsi karena beracun, namun bisa diolah menjadi bahan insektisida. Kandungan gizi yang paling banyak dalam buah sirsak adalah karbohidrat jenis glukosa dan fruktosa. Selain itu juga mengandung vitamin C yang tinggi, mineral (potasium, natrium, kalium, fosfor, kalsium), dan tinggi serat. Sirsak mengandung senyawa fitokimia yang disebut acetogenin yang mampu mencegah lonjakan gula darah dan menjaganya stabil. Hal ini efektif untuk penderita diabetes.

Diabetes adalah penyakit dengan defisiensi insulin yang menyebabkan kadar gula dalam darah tinggi. Diabetes sering dikenal juga dengan penyakit gula. Kurangnya insulin yang dihasilkan tubuh menyebabkan glukosa beredar dalam dalam darah dan sulit untuk masuk ke dalam sel. Kandungan gula pada sirsak juga lebih mudah dicerna dan diserap oleh sel sehingga tidak menambah tumpukan gula dalam darah.

baca juga :

Pada sebuah penelitian yang melibatkan hewan uji coba yang sudah diinduksi diabetes, pemberian ekstrak sirsak cukup efektif dalam menurunkan kadar gula. Kadar gula pada hewan uji coba mendekati normal , selain itu disertai dengan penurunan kadar lemak dalam darah, resiko kerusakan hati menurun, dan antioksidan sehat dalam darah meningkat.

baca juga :

Cara mengkonsumsi sirsak untuk obat diabetes

  1. Daging Buah Sirsak

Daging buah sirsak cukup tebal, warnanya putih dan terdapat biji – biji yang tersebar merata berwarna hitam. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan memakan daging buah sirsak atau dengan dihaluskan terlebih dahulu menjadi jus sirsak. Kandungan vitamin C yang tinggi memberikan rasa asam yang menyegarkan saat dikonsumsi.

baca juga : Manfaat Jus Mengkudu 

  1. Daun Sirsak

Sebelum mengolahnya, pastikan Anda mengambil daun sirsak yang masih muda. Daun sirsak yang masih muda memiliki kualitas kandungan yang lebih bagus. Bersihkan daun sirsak terlebih dahulu. Lalu, rebus daun sirsak dengan air kedalam panci sampai mendidih. Kemudian saring, pisahkan air dan daun sirsak dan tuangkan pada gelas. Minum air rebusan daun sirsak selagi hangat. Konsumsi minimal satu kali sehari setiap malam sebelum tidur.

baca juga : Manfaat Gambir

sponsored links

  1. Bunga Sirsak

Cara mengolah bunga sirsak sama dengan daun sirsak, yaitu dengan mengambil air hasil rebusannya dan meminumnya.

baca juga :

Selain untuk menurunkan kadar gula pada penderita diabetes, sirsak juga diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk penyakit darah tinggi, kolesterol dan juga kanker.

baca juga :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 07th, November 2016 / 02:46 Oleh :
Kategori : Buah Buahan