Sponsors Link

Manfaat Sirsak Untuk Asam Urat dan Rematik

Sponsors Link

Tanaman sirsak memang tidak ada habisnya untuk dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Tidak hanya daunnya yang dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, namun buah sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah yang memiliki rasa yang agak masam ini memiliki banyak kandungan di dalamnya yang ternyata dapat mengatasi masalah asam urat yang banyak diderita oleh banyak orang.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Buah Sirsak Untuk Mengatasi Asam Urat

Kandungan nutrisi yang ada dalam buah sirsak dapat membantu mengatasi masalah kesehatan seperti asam urat. Berikut beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah sirsak yang memiliki pengaruh untuk mengatasi asam urat :

  1. Kandungan Serat

Sudah tidak heran apabila di dalam buah sirsak memiliki kandungan serat. Hampir semua buah memiliki kandungan serat di dalamnya, hanya saja kadarnya berbeda. Kandungan serat yang terdapat pada buah sirsak ini mampu melancarkan kerja sistem pencernaan dalam usus. Selain itu, fungsinya untuk mengatasi asam urat yakni serat dapat mengontrol kadar kolesterol yang ada dalam darah. Kolesterol yang tidak terkontrol ini lah yang dapat menyebabkan masalah asam urat. Dengan adanya serat dalam buah sirsak, kolesterol dalam darah dapat terkontrol dengan baik. Serat ini juga dapat mengontrol nafsu makan agar terhindar dari peningkatan berat badan.

  1. Kalium

Selain mengandung serat, buah sirsak juga mengandung kalium yang dapat bermanfaat untuk beberapa bagian tubuh. Kalium dapat membantu kerja otot, menjaga kesehatan tulang, kontraksi, membantu sistem pencernaan dan juga dapat mengontrol tekanan darah. Karena dapat membantu kerja otot, dengan kandungan kalium dalam tubuh yang terpenuhi, maka akan mudah terhindar dari asam urat yang diderita.

  1. Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi untuk dapat melakukan segala aktivitas yang akan dijalani. Sirsak merupakan buah yang menghasilkan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat yang dihasilkan oleh buah sirsak lebih tinggi dibandingkan karbohidrat yang terdapat dalam soda dan kue. Karbohidrat dalam buah sirsak dapa memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalani segala aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

  1. Vitamin C

Seperti buah pada umumnya, tentu saja sirsak memiliki kandungan vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah sirsak sama halnya dengan buah lainnya yang dapat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, dengan banyaknya vitamin C yang terkandung dalam buah sirsak yang kita konsumsi dapat membantu menghindarkan berbagai serangan virus yang dapat menyebabkan berbagai macampenyakit.

  1. Mineral

Mineral yang ada di dalam buah sangat bermanfaat bagi tubuh. Sirsak mengandung kandungan mineral yang cukup bayak sehingga dengan mengkonsumsi buahnya dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Kandungan mineral dalam buah sirsaj mencapai 180 gram dalam setiap gelas buah sirsak. Kandungan mineral yang terdapat dalam buah sirsak yaknifosfor dan kalsium dimana keduanya juga baik untuk menjagakesehatan tulang dan dapat mencegah tulang dari keropos yang sering dialami. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah sirsak dapat menghindarkan kita dari penyakit osteoporosis.

  1. Lemak

Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Rendahnya kandungan lemak yang ada dalam buah sirsak, menjadikan buah sirsak merupakan salah satu buah yang baik untuk menurunkan berat badan.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk asmamanfaat daun sirsak untuk diabetesmanfaat daun sirsak untuk wasir

sponsored links

Buah Sirsak Untuk Asam Urat

Kandungan dalam buah sirsak yang sangat beragam membuat buah sirsak ini dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan salah satunya yakni asam urat. Buah sirsak dapat mengatasi asam urat dengan mengkonsumsinya secara rutin. Buah sirsak dapat mengatasi asam urat dengan menetralisir kadar zat purin dalam darah. Kandungan serat yang tinggi dan vitamin yang terkandung dalam buah sirsak dapat mengurangi masalah asam urat.

Tidak ada cara khusus untuk mengkonsumsi sirsak sebagai bahan alami mengatasi asam urat. Buah sirsak dapat dimakan secara langsung dan dapat juga diolah menjadi jus sesuai dengan selera penderita asam urat. Yang paling penting ketika hendak mengatasi asam urat menggunakan sirsak, yakni cobalah mengkonsumsi buah sirsak secara rutin.

Untuk menghindari asam urat yang diderita, tidak hanya perlu mengatasinya dengan bahan alami seperti sirsak saja, namun juga perlu diperhatikan makanan atau aktivitas yang dapat memicu timbulnya asam urat agar pengobatan yang dilakukan dapat efektif. Beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mencegah terjadinya asam urat yakni :

  • Hindari makanan yang menghasilkan purin. Makanan yang menghasilkan purin dapat memicu penyakit asam urat yang lebih parah. Karena kelebihan kadar purin dalam darah dapat memperburuk kondisi orang yang mengalami asam urat. Beberapa jenis makanan yang mengandung purin diantaranya yakni berbagai jenis ikan, seperti sarden, ikan tuna, dan ikan trout. Beberapa jenis makanan lain yang mengandung purin seperti hati hewan, jeroan, kaldu, lobster, kerang, daging, jenis kacang kacangan, kembang kol dan beberapa jenis lainnya yang mengandung purin.
  • Meminum Susu dan Air Putih Yang Cukup. Penderita asam urat dapat menurunkan asam urat dengan mengkonsumsi susu setiap harinya. Susu dipercaya dapat menurunkan asam urat dalam tubuh. Selain susu, air juga memiliki peran penting dalam menghindari asam urat. Air putih mengandung alkaline yang dapat membantu kerja ginjal untuk membersihkan beberapa zat yang dianggap tidak dibutuhkan oleh tubuh. Ginjal juga akan membuang asam uratberlebih dalam tubuh, sehingga kadar asam urat dalam tubu dapat menjadi normal.
  • Mengindari Minuman Beralkohol. Minuman beralkohol adalah jenis minuman yang mampu memacu meningkatnya kadar purin dalam darah. Penderita asam urat harus menghindari mengkonsumsi alkohol agar tidak memperparah asam urat yang diderita.
  • Menjaga Berat Badan. Memiliki berat badan berlebih juga dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit asam urat. Kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh juga dapat meningkatkan resiko terserang asam urat. Usahakan mentsabilkan berat badan agar terhindar dari penyakit asam urat.
  • Mengkonsumsi Vitamin. Vitamin berperan penting dalam menghindari penyakit asam urat. Mengkonsumsi vitamin dapat menurunkan resiko menderita penyakit asam urat.

artikel terkait:

Sirsak merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengurangi asam urat bahkan mengatasi asam urat. Kandungan di dalamnya mampu bekerja sebagai zat aktif yang dapat menurunkan kadar purin yang dapat memicu timbulnya asam urat. Namun juga perlu diperhatikan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang tidak menimbulkan penyakit asam urat, sehingga tidak menghambat kerja sirsak dalam mengatasi asam urat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 27th, October 2016 / 11:55 Oleh :
Kategori : Buah Buahan