Sponsors Link

10 Manfaat Sirip Hiu Bagi Kesehatan Manusia

Sponsors Link

Hiu merupakan salah satu jenis mamalia yang mampu hidup di air. Keberadaanya hanya berkisar sekitar 7% dari seluruh fauna ikan ikanan yang masih ada sampai saat ini. Dengan ukurannya yang dibilang cukup besar, ke anekaragaman hewan ini berada di perairan laut semua samudra yang ada di dunia. Sebenarnya cukup banyak jenisnya, misalnya hiu paus (Whale shark) yang merupakan salah satu jenis terbesar.

ads

Sejarah Hiu

Menurut sejarah yang selama ini sudah banyak berkembang, ikan hiu merupakan salah satu ikan yang hidup cukup lama sampai ratusan juta tahun lamanya. Bahkan ia merupakan salah satu hewan yang lolos seleksi alam, masih bertahan terlepas dari kepunahan layaknya dinosaurus.

Menurut tingkatan biologis dalam rantai makanan, ikan hiu masuk ke dalam kategori puncak atau di piramida tertinggi (setara dengan konsumen 3 atau 4). Perannya sebagai predator memang di nilai cukup berpengaruh significan dalam menjaga dan merawat keberlangsungan ekosistem laut. Bayangkan saja jika predatornya mulai punah, maka tingkat rantai makanan akan tumpang tindih. Konsumen 2 akan mengalami peledakan produksi hebat, sedangkan konsumen tingkat 1 mengalami kepunahan.

Kehebatan ikan hiu

Bentuk keistimewaan dari ikan hiu sendiri adalah keberadaanya memiliki 7 indera, yakni berupa penciuman yang mampu menempuh jarak beberapa mil, pendengaran yang tajam, peraba, penglihatan, pengecapan, rangsangan listrik, dan garis tepi serta organ organ titik yang sangat responsive untuk menangkap getaran lemah.

Kondisi tubuhnya yang kuat membuatnya mampu bermigrasi jauh melewati batas samudra demi memenuhi kebutuhan untuk mencari makan dan melakukan reproduksi. Jika dikalkulasikan menurut laporan Wild Aid, ikan hiu mampu berjalan sampai 9.500 kilo meter selama bertahun tahun. Yang terkenal dari ikan ini tentu manfaat sirip hiu yang sangat ampuh bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Cita rasa tinggi

Melihat betapa istimewanya ikan hiu, hebat, dan kekuatanya yang cukup menakjubkan di banding dengan hewan lain yang hidup di air. Tidak heran jika ikan ini ternyata memiliki cita rasa yang cukup tinggi. Bahkan jika anda pernah merasakan soup sirip ikan hiu, maka anda sudah memakan makanan termahal di dunia. Bagaimana tidak, satu mangkuk saja mencapai US$ 100,000 di seluruh restoran seafood di dunia

2. Badan menjadi lebih segar

Mengonsumsi sirip ikan hiu juga mampu membuat badan anda menjadi lebih segar. Nutrisi dan kandungan di dalam sirip ikan hiu menjadikan anda lebih bersemangat dan postif. Sehingga tubuh menjadi lebih segar kembali.

3. Tetap awet muda

Orang yang sering dan hobi memakan ikan ikanan memang sangat berkhasiat tinggi. Salah satunya untuk menjaga keindahan dan kehalusan kulit anda. Hal ini sangat baik untuk menjaga diri anda jauh dari kata penuaan. Inilah yang menyebabkan anda tetap awet muda

4. Menjaga dan merawat kulit

Sirip ikan hiu ternyata mampu dengan baik untuk menjaga kelembaban kulit. Bahkan mempertahankan kesehatan kulit agar tetap baik dan normal. Itulah mengapa banyak juga pengagum seafood sirip hiu yang di gunakan sebagai terapi untuk menjaga dan merawat kulit.

5. Baik untuk jantung

Jangan salah, ternyata sirip jantung juga cukup baik menjaga kenormalan dan kestabilan jantung anda. Hal ini sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita penyakit jantung dan kardiovaskuler lainya. Sebab serangan jantung mampu di kendalikan dan di cegah dengan makanan ini. Bagaimana bisa? Nutrisi dalam sirip mampu mengontrol darah anda.

6. Mengatur kenormalan kadar kolestrol

Selain itu manfaat dari sirip ikan juga mampu mengontrol kadar kolestrol dalam darah anda. Kandungan lemak jahat atau HDL dalam tubuh anda mungkin tidak terkontrol. Untuk itu perlu di turunkan dengan cara salah satunya mengonsumsi sirip ikan.

7. Bagus untuk paru paru

Sirip ikan di nilai cukup bagus pula untuk kesehatan paru paru. Kandungan yang ada di dalamnya memang baik untuk merawat paru paru anda agar tetap normal dan berjalan sebagaimana mestinya.

8. Meningkatkan nafsu makan

Anak anda kurang suka makan? Cobalah untuk mengonsumsi ikan sirip sebagai hidangan lauk pauknya. Mengapa? Ternyata manfaat ikan hiu juga berguna sebagai penambah nafsu makan. Mungkin si anak ogah ogahan meminum jamu temulawak. Tapi jawaban itu mungkin juga berbeda jika di berikan penambah nafsu makan berupa sirip ikan hiu.

9. Meningkatkan stamina

Anda merasa loyo? Ataukah letih? Layu? Lelah? Cobalah makan dan rasakan kenikmatan sirip ikan hiu. Saya yakin akan menambah stamina tubuh anda. Rasakan perbedaanya ketika anda mencicipinya.

10. Menambah kejantanan bagi kaum pria

ads

Merasa kurang puas di ranjang bersama ratu anda? Atau mudah lelah dan loyo di atas ranjang? Dari pada pahit pahit meminum jamu, tentu anda memilih makanan yang lebih nikmat dan lezat. Salah satuna adalah sirip ikan hiu. Ternyata membantu banyak dalam meningkatkan kejantanan anda di depan sang ratu. Cobalah para kaum lelaki!

itulah beberapa hal yang menjadi manfaat sirip hiu bagi kesehatan. Ingat, hanya siirip ternyata sudah memberikan banyak manfaat, apalagi di bagian tubuh lainnya bukan? Hanya saja harga sirip ikan hiu memang terlampau mahal.

Bahaya Sirip Hiu

Sayangnya, kenikmatan ikan hiu tidaklah cukup sampai disitu. Beberapa pihak dan pendapat menyebutkan bahwa ikan hiu juga memiliki kandungan berbahaya bagi tubuh dan kesehatan manusia. Apa sajakah hal tersebut?

  1. Salah satu jenis karnivora

Apa salahnya ikan hiu jika ia adalah golongan pemakan daging atau dikenal dengan sebutan karnivora? Justru itulah letak kesalahanya. Hewan laut pemakan daging akan memiliki kandungan logam berat metal merkuti yang lebih banyak dari ikan biasa.

  1. Mengganggu kesehatan reproduksi

Kesalahan pertama jika anda memakan makanan yang mengandung logam berat merkuri dalam jumlah banyak adalah akan timbulnya gangguan di bagian reproduksi anda. Untuk itulah penikmat seafood harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam perutnya seberapa banyak. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan jarang jarang memakan hewan laut yang mengandung logam berat merkuri.

  1. Merusak syaraf dan otak

Efek kedua jika anda di temukan terlalu banyak mengonsumsi logam berat merkuri di tubuh anda adalah terjadinya perusakan syaraf dan otak. Hal ini samgat mengganggu tingkat kecerdasan anda.

  1. Resiko keracunan

Menurut penelitian yang di lakukan oleh WHO dan Wild Aid menyebutkan bahwa ikan hiu bukan hewan laut yang pantas untuk di konsumsi. Hal ini terbukti dari kadar merkuri yang terlalu tinggi.

Dibalik manfaat sirip hiu bagi kesehatan, ternyata ada beberapa risiko kesehatan yang harus di waspadai agar anda berpikir ulang untuk mengkonsumsinya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 21st, September 2015 / 22:45 Oleh :
Kategori : Daging