Manfaat Sirih Merah

Manfaat sirih merah telah banyak digunakan sebagai salah tanaman apotik hidup untuk mengobati berbagai keluhan permasalahan kesehatan. Sirih merah merupakan variasi dari tanaman sirih yang sudah diulas pada artikel manfaat sirih sebelumnya. Saat ini penggunaan sirih merah telah banyak digunakan karena, sirih merah telah dimanfaatkan khasiatnya oleh berbagai produsen obat-obatan sehingga penggunannya semakin mudah. Bagaimana sirih merah ini memberikan manfaat seperti tanaman apotik hidup yang lainnya? Berikut ini akan kami ulas selengkapnya.

Kandungan Alami Sirih Merah

Kegunaan sirih merah ini lebih banyak diketahui oleh para kaum wanita karena sirih merah ini mampu menyehatkan organ kewanitaan. Selain berguna bagi kaum wanita, manfaat sirih merah ini juga digunakan untuk berbagai kebutuhan karena kandungan senyawa alami yang terkandung pada tumbuhan ini. Berikut ini senyawa alami yang dikandung sirih merah :

  • Polivenol dan Flavonoid – Kandungan polovenol dan flavonoid pada sirih merah merupakan antioksidan yang melawan gejala kanker akibat zat karsinogen dalam tubuh yang juga ditemui pada manfaat pare . Kegunaan kandungan ini digunakan sebagai antiflamasi dan antiseptik sehingga kerap kali digunakan pada obat luka.
  • Kandungan minyak atsiri dan tanin – Minyak atsiri digunakan sebagai senyawa yang digunakan untuk berbagai macam penyakit seperti pada manfaat seledri dan zat tanin dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pencernaan.
  • Senyawa alkoloid – alkoliad ini membantu melawan sel-sel tubuh jahat dalam tubuh pada jenis penyakit seperti gejala kanker.

Manfaat Sirih Merah Untuk Berbagai Pengobatan

Kegunaan manfaat sirih merah diperoleh dari kandungan alami yang kaya. Dengan manfaatnya ini sirih merah digunakan alternatif pengobatan penyakit seperti gejala penyakit hipertensigejala penyakit diabetes dan juga gejala penyakit liver. Kombinasi kandungannya memperkuat sistem imun tubuh juga sehingga mampu menangkal serangan virus penyakit dari luar tubuh. Pemanfaatan sirih merah secara alami, dengan dibuat ramuan yang dikonsumsi secara rutin. Caranya sebagai berikut :

  1. Siapkan sirih merah segar sekitar 5 lembar (ambil daun yang bertemu ruas)
  2. Cuci bersih hinggandaunnya benar-benar bersih
  3. Rebus daun sirih yang ditambah 2 gelas air dengan api sedang
  4. Rebus sampai airnya tersisa setengahnya
  5. Saring rebusan kemudian dinginkan
Konsumsi air rebusan ini sehari sekali untuk pencegahan penyakit dan dua kali sehari untuk pengobatan. Untuk mengurangi rasa pahitnya tambahkan madu saat mengkonsumsinya. Perlu diketahui jika mengkonsumsi rebusan seperti ini dalam jangka waktu yang lama karena kurang baik juga bagi kesehatan karena sifat dasarnya sebagai antibiotik.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:37 Oleh :
Kategori : Tumbuhan