Sponsors Link

14 Manfaat Serum Temulawak untuk Kecantikan Kulit

Sponsors Link

Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang cukup dikenal dan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Dengan manfaat yang dimilikinya tanaman ini sudah menyebar ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand, bahkan telah menyebar hingga ke Cina, India, Jepang, Amerika, hingga Eropa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat temulawak yang sangat baik baik kesehatan dan kecantikan sehingga temulawak banyak diolah sebagai manfaat jamu temulawak.

ads

Oleh karena itu produsen produk kecantikan tertarik untuk mengolah ekstrak temulawak menjadi serum yang dapat diaplikasikan pada wajah sebagai suplemen untuk menutrisi kecantikan kulit. Serum sendiri merupakan produk berbentuk gel yang lebih ringan daripada pelembab serta lebih mudah diserap oleh kulit. Di pasaran kita akan menemukan beberapa produk serum temulawak untuk kecantikan wajah yang mengklaim dapat memberikan berbagai manfaat bagi wajah.

Kali ini kita tidak akan membahas produk serum temulawak mana yang paling baik dan bermanfaat namun kita akan membahas berbagai manfaat serum temulawak bagi kecantikan kulit. Dengan kandungan manfaat minyak atsiri yang dimilikinya serta berbagai tambahan nutrisi seperti manfaat lidah buaya, manfaat vitamin C, manfaat vitamin A, manfaat kolagen, dan manfaat vitamin E penggunaan serum temulawak secara rutin dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kulit terutama kulit wajah diantaranya:

1. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Kulit wajah merupakan bagian yang selalu terbuka sehingga paling sering menerima sengatan matahari dan berbagai polusi. Padahal kulit wajah merupakan area sensitif yang lebih lembut dari bagian kulit lainnya sehingga seringkali kulit wajah menjadi lebih gelap daripada aslinya. Dengan menggunakan serum temulawak dapat membantu mencerahkan kulit wajah sehingga mengembalikan warna aslinya secara alami.

Baca juga: manfaat air putih

2. Menjadikan wajah lebih segar, berseri, dan awet muda

Wajah yang cerah tidak ada artinya jika terlihat kusam dan kuyu. Dengan pemakaian serum temulawak secara teratur dapat membantu menjadikan wajah lebih segar berseri dan terlihat awet muda.

Baca juga: manfaat masker bengkoang

3. Menutrisi kulit

Seperti bagian tubuh lainnya kulit juga membutuhkan nutrisi agar selalu sehat. Terkadang nutrisi dari makanan saja tidak cukup sehingga diperlukan nutrisi tambahan yang salah satunya bisa didapatkan dari serum temulawak ini. Berbagai vitamin dan kandungan lainnya pada serum temulawak dapat memberi asupan nutrisi pada wajah sehingga kulit wajah lebih sehat dan bernutrisi.

Baca juga: manfaat air laut untuk kulit

4. Menjadikan kulit lebih halus dan elastis

Tidak hanya enak dilihat kulit wajah yang baik haruslah enak disentuh dimana terasa halus dan elastis. Untuk itu anda dapat menggunakan serum temulawak secara rutin dan teratur sehingga kulit wajah terasa lebih halus, elastis, dan kenyal.

Baca juga: manfaat vitamin e

Sponsors Link

5. Membantu regenerasi sel-sel kulit

Sel-sel di dalam tubuh memiliki masa siklusnya masing-masing. Begitu pula dengan sel kulit. Untuk itu sel kulit yang telah mati perlu digantikan fungsi dan peranannya oleh sel kulit baru sehingga regenerasi sel merupakan hal yang penting. Dengan menggunakan serum temulawak dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit sehingga berbagai fungsi dan peranan masing-masing sel dapat dijalankan dengan baik.

Baca juga: manfaat wortel untuk kulit

6. Mencegah dan mengatasi jerawat

Kulit wajah yang kotor akibat debu dan polusi dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat sehingga menimbulkan peradangan yang disebut juga dengan jerawat. Untuk mencegah atau mengatasi jerawat yang sudah terlanjur muncul di wajah kita dapat memanfaatkan serum temulawak. Dengan pemakaian rutin dan teratur kulit wajah anda akan bersih dan terhindar dari jerawat.

Baca juga: manfaat acnol

7. Mengangkat sel-sel kulit mati

Selain membantu regenerasi sel-sel kulit serum temulawak juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak menumpuk di wajah yang dapat menjadi penyebab wajah menjadi kusam dan timbulnya flek-flek hitam pada wajah.

Baca juga: manfaat baking soda

8. Menghilangkan flek-flek hitam di wajah

Jika wajah anda terlihat kurang bersih dan memiliki flek-flek hitam maka serum temulawak adalah salah satu solusinya. Dengan berbagai kandungan vitamin dan sari temulawak dapat membantu menyamarkan dan menghilangkan flek-flek hitam yang membuat wajah terlihat kusam dan tidak bersih.

Baca juga: manfaat kunyit

9. Mengatasi tanda-tanda penuaan dini

Serum temulawak juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat perkembangan radikal bebas sehingga kulit wajah terhindar dari penuaan dini yang ditandai salah satunya dengan timbulnya kerutan-kerutan di wajah yang terlalu cepat.

Baca juga: manfaat wortel

ads

10. Menghilangkan komedo

Selain jerawat ada pula yang namanya komedo, versi ringan dari jerawat yang keberadaannya juga sangat menjengkelkan. Untuk menghilangkannya kita juga dapat memanfaatkan serum temulawak.

Baca juga: 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji

11. Mengecilkan pori-pori wajah

Meskipun pori-pori wajah yang besar bukanlah masalah serius namun hal ini sangat mengganggu penampilan. Ditambah lagi kulit wajah dengan pori-pori besar lebih beresiko terkena jerawat dan komedo sehingga sebagian besar perempuan melakukan berbagai cara untuk mengecilkan pori-pori wajahnya. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan serum temulawak yang bermanfaat membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Baca juga: 15 manfaat es batu untuk kulit wajah

12. Detoksifikasi

Penggunaan serum temulawak juga bermanfaat untuk mendetoksifikasi wajah sehingga wajah terbebas dari berbagai zat-zat racun yang menumpuk dan kulit wajah pun sehat kembali.

Baca juga: manfaat daun serai

13. Melembabkan kulit wajah

Kelembaban kulit merupakan sesuatu yang patut dijaga agar kulit wajah tidak kering dan rentan terserang kuman ataupun mengalami lecet. Untuk itu anda perlu menggunakan serum temulawak yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah anda.

Baca juga: manfaat anggur

14. Melindungi dari sinar UV dan radikal bebas

Sinar UV atau ultraviolet dan radikal bebas ada di sekitar kita dan sangat sulit untuk dihindari. Yang dapat kita lakukan hanyalah melindungi kulit dari berbagai efek buruk keduanya. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan rajin menggunakan serum temulawak secara rutin sehingga kulit terlindung dari sinar UV dan radikal bebas.

Baca juga: manfaat jambu biji

Cara Pemakaian

Produk yang berkualitas tidak akan memberikan manfaat maksimal jika tidak diaplikasikan secara benar. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari serum temulawak sebaiknya gunakan dengan cara yang benar. Berikut langkah-langkah menggunakan serum temulawak:

  1. Pastikan wajah yang akan diberi serum dan tangan yang akan memakaikannya dalam keadaan bersih.
  2. Teteskan beberapa tetes serum temulawak ke tangan dan aplikasikan pada wajah.
  3. Usap dan tepuk-tepuk lembut wajah untuk meratakannya.
  4. Diamkan beberapa saat agar serum terserap dengan sempurna.
  5. Gunakan serum temulawak pada pagi dan malam hari. Pagi hari sebelum menggunakan kosmetik apapun dan malam hari sebelum tidur.

Dengan pemakaian rutin dan teratur wajah sehat dan cantik akan menjadi milik anda. Karena ada beragam merek serum temulawak yang beredar di pasaran sebagai konsumen anda harus berhati-hati dalam memilih produk. Pastikan produk yang anda gunakan merupakan produk berkualitas dan telah lulus uji Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) sehingga aman digunakan. Jangan sampai anda dirugikan karena salah memilih produk berbahaya atau palsu. Bukannya kulit wajah yang sehat dan cantik yang didapatkan, bisa-bisa kulit wajah anda justru rusak dan membahayakan kesehatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 16th, June 2017 / 00:01 Oleh :
Kategori : kecantikan