Sponsors Link

21 Manfaat Sereh Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Sereh WangiTanaman sereh wangi adalah tanaman yang menghasilkan atsiri dan mempunyai peranan penting untuk kesehatan serta mengatasi berbagai penyakit. Sereh wangi memiliki nama Latin Cymbopogon nardus L serta beberapa sebutan berbeda di setiap daerah seperti hisa-hisa di Ambon, Sere di Jawa, Sare di Makassar dan juga See di Ambon. Tanaman yang termasuk dalam jenis rumput ini berbeda dengan sereh biasanya yang mempunyai nama Latin Cymbopogon cytrates.

ads

Ada banyak manfaat sereh wangi yang bisa digunakan sebagai alternatif mengatasi berbagai penyakit dari yang ringan dan juga berat. Tanaman sereh wangi ini biasa tumbuh di beberapa daerah indonesia seperti Ujung Pandang, Solo, Palembang, Tasikmalaya, Bandung dan beberapa daerah lainnya.

Artikel terkait:

Kandungan Sereh Wangi

Di dalam tanaman sereh wangi ini memiliki berbagai kandungan seperti erpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida, sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen dan beberapa kandungan lainnya.

Artikel terkait:

Kegunaan Sereh Wangi

Beberapa bagian yang biasanya digunakan dalam tanaman sereh wangi adalah bagian akar yang berguna untuk peluruh keringat, obat batu, kumur dan sebagainya. Sedangkan untuk bagian daun berguna untuk menambah nafsu makan, meredakan kejang, menurunkan panas, mengeluarkan angin di area perut dan beberapa kegunaan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, akan kami jelaskan satu persatu berikut ini.

  1. Mengusir Serangga

Sereh wangi memiliki kandungan untuk mengusir serangga dan sudah masuk dalam daftar sebagai obat pengusir serangga bagus di Amerika Serikat sejak lama. Beberapa serangga yang bisa diatasi dengan sereh wangi ini diantaranya adalah nyamuk aedes aegypti sebagai penyebar penyakit demam berarah. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak sereh wangi pada tubuh setiap 1 jam sekali.

  1. Meredakan Nyeri

Ekstrak sereh wangi yang dibuat sebagai minyak juga sangat bermanfaat untuk pengobatan artritis secara alami dan juga mengatasi rasa nyeri di berbagai bagian tubuh. Untuk cara penggunaannya adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak sereh wangi dengan minyak kelapa yang dilarutkan bersama air hangat sebagai bahan perendam anggota tubuh yang terserang nyeri.

  1. Mengurangi Stress

Sereh wangi juga bermanfaat untuk meredakan stress dan menenangkan pikiran anda. Selain itu kandungan di dalam sereh wangi akan membantu tidur lebih nyenyak. Untuk cara penggunaannya bisa dioleskan langsung ke bagian tubuh sebagai obat pijat atau disemprotkan pada tempat tidur.

Artikel terkait:

  1. Memperbaiki Kinerja Pencernaan

Sereh wangi juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya bakteri di dalam saluran pencernaan dan juga membantu proses penyembuhan luka dan sakit lebih cepat. Ekstrak sereh wangi yang dibuat minyak sangat baik dalam membunuh organisme seperti cacing dan parasit dalam usus kecil serta usus besar. Anda bisa minum sedikit minyak sereh wangi untuk memberi perlindungan pada saluran pencernaan dan juga mencegah infeksi usus.

Sponsors Link

  1. Memperlancar Detoksifikasi

Sereh wangi juga memiliki sifat sebagai agen diaphoretic atau merangsang keringat dan juga agen diuretic atau merangsang kemih. Sereh wangi ini akan memperlancar pembuangan racun di dalam tubuh lewat keringat dan urin dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak sereh wangi dengan madu dan juga lemon yang dicampur dengan air hangat.

  1. Pengharum Alami

Aroma menyegarkan yang dihasilkan dari sereh wangi ini memiliki keharuman seperti lemon dan citronella yang sering digunakan sebagai bahan dasar membuat sabun, parfum, dupa dan juga lilin serta kosmetik. Berbagai bau tidak sedap di rumah seperti lemari es, pencuci piring dan mesin cuci bisa dihilangkan dengan melarutkan minyak sereh wangi dengan air dan disemprotkan pada peralatan rumah tangga yang bau.

  1. Melemaskan Otot

Minyak sereh wangi dapat membantu peningkatan aliran darah sekaligus menurunkan resiko terjadinya kejang otot, kram, nyeri dan juga pembengkakan. Pijatkan minyak sereh wangi yang sudah dicampur dengan minyak kelapa pada area otot yang sakit atau pada area perut untuk meredakan kram di saat menstruasi.

Artikel terkait:

  1. Membersihkan Dapur

Minyak sereh wangi juga bisa dipakai untuk membersihkan dapur sebab mempunyai sifat anti jamur. Berbagai peralatan di area dapur serta kamar mandi bisa dibersihkan menggunakan minyak sereh wangi tersebut.

  1. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Tidak hanya mencegah gigitan dari serangga, namun penelitian yang dilakukan membuktikan jika sereh wangi juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka seperti jerawat, kutil dan juga bisul dengan lebih cepat.

ads
  1. Merawat Kulit

Kandungan yang terdapat di minyak sereh wangi juga bisa digunakan untuk menyembuhkan dermatitis seperti menghambat penuaan dini, mengobati eksim, mengobati infeksi jamur pada kulit serta beberapa penyakit lainnya.

  1. Condisioner Alami

Salah satu kegunaan yang sudah dikenal luas dari sereh alami adalah sebagai condisioner alami rambut yang akan membersihkan sekaligus membuat tekstur rambut menjadi lebih lembut. Berbagai masalah rambut seperti minyak berlebih, ketombe dan juga gatal bisa diatasi dengan mudah hanya dengan mengoleskan minyak sereh wangi pada rambut.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Antiseptik Alami

Seperti minyak esensial lainnya, ekstrak sereh wangi yang dibuat menjadi minyak juga sangat bermanfaat untuk antiseptik alami, anti jamur dan anti mikroba yang sangat kuat sehingga bisa dipakai untuk mengurangi berkembangnya infeksi pada cidera internal maupun eksternal serta menyembuhkan luka lebih cepat.

  1. Anti depresan

Sereh wangi juga bisa digunakan sebagai anti depresan yang sangat efektif dan bisa menghambat seseorang dari depresi, meningkatkan mood dan juga mengusir kelelahan mental.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Sereh wangi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami yakni dengan mencampur beberapa tetes minyak sereh wangi pada air rendaman dan digunakan untuk mandi yang akan langsung memberikan aroma segar pada tubuh.

  1. Mengencangkan Pori Kulit

Mengaplikasikan minyak sereh wangi pada kulit sangat berguna untuk mengencangkan kulit pori dan juga kesehatan kulit lainnya seperti menghaluskan kulit, memperbaiki warna kulit, mengontrol minyak berlebih dan lain sebagainya.

Artikel terkait:

  1. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut

Kandungan yang terdapat di dalam sereh wangi ini juga sangat efektif dalam mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut. Caranya adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak sereh wangi pada botol yang diisi dengan air dan langsung disemprotkan pada area rambut dari ujung ke pangkal secara merata.

  1. Sebagai Antispasmodik

Sereh wangi juga bersifat antispasmodik sehingga bisa membantu sistem pernapasan serta sistem saraf dan juga memberikan kelegaan pada batuk, kram serta kejang otot.

  1. Anti Inflamasi

Sereh wangi juga berguna untuk memberikan efek menenangkan pada radang khususnya yang berkaitan dengan perut, hati serta usus dan beberapa sistem pencernaan lainnya. Radang yang disebabkan karena efek samping mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang serta makanan pedas juga bisa diatasi dengan menggunakan sereh wangi ini.

Artikel terkait:

  1. Diaphoretic

Sereh wangi juga memiliki sifat diaphoretic sehingga bisa meningkatkan produksi keringat yang membantu proses pembuangan toksin dari dalam tubuh serta beberapa zat berlebih lain seperti garam, air serta lemak. Dengan ini maka tubuh akan terasa lebih ringan dan melindungi tubuh dari beberapa infeksi.

Sponsors Link

  1. Febrifuge

Selain itu, sifat diaphoretic dalam sereh wangi juga akan mengurangi radang dan anti mikroba yang juga menjadi sifat dari sereh wangi sangat berguna melawan infeksi. Gabungan keduanya ini akan bermanfaat untuk mengatasi demam dan juga menurunkan panas pada tubuh saat sedang demam.

  1. Fungisida

Berbagai jamur juga bisa dibasmi dengan penggunaan sereh wangi sekaligus menghambat pertumbuhan dari jamur tersebut seperti infeksi jamur pada telinga yang umum terjadi.

  1. Mengurangi Patogen Makanan

Kandungan methyl isoeugenol dalam sereh wangi juga sangat bermanfaat untuk mengurangi patogen yang berasal dari asupan makanan dan juga bakteri berbahaya. Sehingga mengkonsumsi sereh wangi akan sangat baik untuk membunuh bakteri yang terbawa dari makanan yang kita santap setiap hari.

  1. Menenangkan Hewan Peliharaan

Untuk anda yang memiliki hewan peliharaan yang terlalu aktif dan berisik dan juga diserang kutu, maka bisa menggunakan minyak sereh wangi ini untuk membuat binatang peliharan lebih tenang sekaligus mengusir kutu yang ada di tubuh sekaligus melawan infeksi yang disebabkan dari jamur.

Artikel terkait:

Penggunaan dari sereh wangi ini sangat lengkap dan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari seperti melawan kuman penyakit, sebagai pengharum alami, cairan pembersih yang aman dan lain sebagainya. Pastikan anda menggunakan tanaman ini secara tidak berlebihan supaya manfaat sereh wangi bisa didapatkan dengan maksimal tanpa menimbulkan efek samping.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 22nd, June 2017 / 02:36 Oleh :
Kategori : Herbal