Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Manfaat Senam Lantai Bagi Tubuh

Sponsors Link

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang dimana sebenarnya dapat dikatakan perlu adanya kemampuan atau keahlian khusus untuk dapat melakukan cabang olahraga ini, namun dapat pula dilakukan oleh semua orang tetapi harus berada dibawah penanganan orang yang telah ahli dalam senam lantai. Karena takutnya nanti akan ada terjadi insiden yang diinginkan, apalagi dalam gerakan senam lantai terdapat gerakan-gerakan yang diperlukan latihan khusus untuk melakukannya. Untuk menghindari adanya cidera maka diperlukan latihan yang khusus bersama dengan ahli dalam bidang senam lantai, agar tidak terjadi adanya kesalahan ketika melakukan senam lantai.

Maka dari itu dalam senam lantai terdapat beberapa manfaat bagi tubuh kita, hal itu didapatkan jika dilakukan dengan gerakan yang benar. Manfaat dari senam antai tersebut diantaranya:

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Buka hanya dengan melakukan fitness, dengan senam lantai pun mampu menjaga kebugaran tubuh. Dimana kebugaran tubuh membuat kita merasa lebih sehat, serta akan meningkatkan semangat dalam diri untuk melaksanakan aktivitas lainnya. karena ada dasarnya berdasarkan pengalaman, setelah melakukan senam atau olahraga lain tubuh mendapatkan respon lain yang membuat diri menjadi lebih semangat. Sehingga seluruh kegiatan dalam sehari-hari akan lebih mudah dan lancar tanpa ada hambatan apapun.

baca juga: manfaat olahraga guling lenting

  1. Kesehatan tubuh lebih terjaga

Segala bidang olahraga dapat menyehatkan tubuh, dimana hal itu dapat terjadi seperti adanya pembakaran lemak yang berlebih bagi penderita obesitas. Obesitas terjadi maka akan menibulkan bebarapa penyakit yang cukup tinggi terhadap kematian, penyakit tersebut seperti gula darah atau diabates, jantung, stroke dan lain-lain yang berkaitan dengan terlalu banyaknya lemak dalam tubuh manusia.

Maka melalui olahraga hal tersebut dapat diatasi, karena adanya proses pembakaran dalam tubuh yang meluruhkan lemak tanpa menghambat arteri atau saluran darah yang lain untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh. Hal itu pula berlaku pada olahraga senam lantai yang mampu membakar lemak dalam tubuh manusia. (baca juga: manfaat lemak)

  1. Memperbaiki bentuk tubuh yang kurang proposional

Bagi orang yang mengalami bentuk tubuh yang kurang proposional sangatlah menurunkan kepercayaan dirinya, maka untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dapat diatasi dengan manfaat senam lantai ini bagi mereka yang memiliki bentuk tubuh yang kurang proposional. Biasanya bentuk tubuh yang ada merupakan bentuk tubuh yang bungkuk, sehingga tulang belakang melengkung atau membengkok.

Hal itu dikarena bisa dari bawaan sejak lahir atau karena melakukan kegiatan-kegiatan lain yang mengubah bentuk tulang belakang. Maka senam lantai dapat mengatasi hal tersebut karena terdapat gerakan-gerakan yang memainkan punggung sebagai tumpuan nya, seperti roll depan, roll belakang dan lainnya. (baca juga : manfaat yoga)

  1. Mengurangi berat badan

Bagi yang ingin melangsingkan tubuh dengan mengurangi berat badan bisa dilakukan dengan latihan senam lantai secara rutin dan teratur, namun harus didampingin dengan orang yang sudah ahli dalam bidang senam lantai. Alasan senam lantai mampu menurunkan berat badan karena pada dasarnya seluruh rangkaian olahraga akan menurunkan berat badan, dimana pada saat kita melakukan olahraga terdapat pembakaran lemak dalam tubuh manusia yang membuat bobot tubuh manusia menjadi berkurang.

Dalam olahraga sendiri memiliki fungsi masing-masing untuk bagian mana yang akan diperkecil atau malah diperbesar namun masih dengan bobot badan yang ideal. Maka dari itu senma lantai pun dapat bekerja seperti itu, dengan adanya pembakaran lemak dalam tubuh yang membuat bobot atau berat badan kita menjadi berkurang. Maka tingkat kepercayaan diri menjadi lebih meningkat, karena memiliki badan langsing dan ideal. (baca juga: manfaat diet)

  1. Tubuh menjadi lebih lentur

Memiliki badan yang lentur bagi sebagian wanita adalah yang dimimpikan, karena dari badan yang lentur dapat membuat wanita lebih terlihat anggun. Dari berjalan pun akan berbeda bagi orang yang memiliki badan yang lentur. Memiliki badan yang lentur ketika dalam menari akan terlihat indah sehingga ada estetika dalam setiap gerakan tubuhnya ketika menari, bahkan dalam melentikan jari jemarinya pun akan berbeda terlihat lentur dan luwes.

Maka sebagian besar para atlet senam lantai mampu dengan baik ketika menari. Untuk meningkatkan kelenturan tubuh dapat dilakukan dengan senam lantai, sena lantai nya pun tidak perlu gerakan sulit dan juga berat, cukup saja dengan gerakan seperti cop roll atau dengan roll back roll dan roll depan. (baca juga: manfaat latihan kelenturan tubuh)

  1. Sebagai proses dalam pembentukan tubuh

Bukan hanya bagi penderita kelainan pada tubuhnya, hal ini pun dapat berlaku bagi semua orang. Baik pria maupun wanita hal ini dapat berlaku bai mereka, bagi pria hal itu akan mengambangkan otot yang dimilikinya. Sebagian besar atlit dari cabang olahraga ini kebanyakan memiliki bentuk tubuh yang ideal, dimana pria memiliki otot yang bagus sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya sendiri. Ketika memiliki otot yang lebih mengembang dan kebanyakan orang yang memiliki otot yang besar maka kekuatannya pun akan sama besarnya.

Sedangkan untuk wanita terdapat bagian tubuh yang ideal karena dibentuk oleh adanya latihan secara rutin dan teratur dalam latihan senam lantai ini, dengan dibarengi dengan pelatih yang sudah ahli dalam bidang senam lantai agar terhindar dari kesalahan gerakan yang menimbulkan cidera pada bagian tubuhnya. (baca juga: manfaat relaksasi otot progresif)

  1. Tinggi badan menjadi lebih bertambah

Pada setiap gerakan senam lantai memiliki manfaat lain dalam proses peninggian tubuh manusia, dimana dalam gerakannya bertumpu pada satu yaitu tulang punggung yang mampu meninggikan badan kita. Pada saat melakukan gerakan senam lantai seperti back roll ataupun roll depan, disana terjadi adanya penarikan dalam tulang tubuh manusia.

Hal itu dapat membuat tinggi badan kita bertambah, namun harus didampingi dengan orang yang sudah ahli dalam bidang senam lantai agar tidak adanya cidera bagian tubuh yang lain pada saat melakukannya. Memiliki badan yang tinggi adalah idaman bagi pria maupun wanita, hal itu membuat adanya nilai prestis lebih dalam dirinya yang membuat percaya diri dalam melakukan sesuatu. (baca juga : manfaat berenang)

sponsored links
  1. Membantu dalam penguatan tulang

Ternyata pada gerakan senam lantai memberikan manfaat lain yaitu dengan adanya pencegahan osteoporosis, osteoporosis terjadin karena tulang yang ada didalamnya mengalami kerapuhan akibat beberapa faktor. Dengan melakukan senam lantai hal itu dapat diatasi sejak dini melalui gerakan-gerakan senam lantai yang lainnya, sehingga hal itu dapat menguatkan tulang kita agar terhindar dari osteoporosis.

Dengan latihan yang rutin dan teratur serta dibawah pengawasan orang yang sudah ahli dalam bidang ini maka hal itu dapat diatasi sejak dini, sehingga tulang yang ada dalam tubuh menjadi lebih kuat dan memperlambat terjadinya proses pelapukan dalam tulang yang ada dalam tubuh yang mengakibatkan osteoporosis. (baca juga: manfaat olahraga bagi tulang)

  1. proses dalam melentukan bahu

salah satu gerakan pada senam lantai yaitu adalah sikap kayang, dimana sikap kayang ini merupakan sikap yang posisi kakinya bertumpu pada empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregangkan dan mengangkat oerut serta pinggung. Pada gerakan ini kaki lebih tinggi dengan memberikan penekan pada bahu dan juga pada pinggang, melalui gerakan ini mampu meningkatkan kelentukan pada bahu karena bahu sendiri yang menjadi tekanan nya lebih besar dan juga pada pinggang namun sedikit lebih kecil. Itulah yang menyebabkan kelentukan pada bahu bisa meningkat dari sebelumnya. (baca juga : manfaat kayang)

  1. sebagai detoksifikasi

detoksifikasi merupakan proses yang dimana mengeluarkan racun dalam tubuh melalui beberapa cara atau beberapa pengeluaran bisa melalui pengeluaran keringat atu pun melalui melalui air kencing, hubungan dengan senam yaitu dalam setiap olahraga ada pasti mengeluarkan keringat. Pada senam lantai pun sama akan menghasilkan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh dengan dibarengi dengan pengeluaran lemak melalui keringat.

Setiap gerakan pada manfaat senam lantai akan mengeluarkan keringat dimana keringat tersebut mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain mengeluarkan racun hal itu terjadi karena adanya pembakaran lemak lalu dikeluarkan melalui keringat, jadi kelurnya keringat itu ada dua zat yang dikeluarkan yaitu berupa hasil dari pembakaran lemak dan juga detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh melalui keringat dari dalam tubuh kita. (baca juga: manfaat detoksifikasi)

  1. meningkatkan kepercayaan diri

senam lantai ternyata mampu meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki setiap orang, karena biasanya suggest yang ada dalam diri akan meningkat dalam hal segi positif yang membuat orang menjadi lebih meningkat kesenangannya. Kepercayaan diri disini dapat meningkat karena bisa saja terjadi pada saat berat badan menurun, hal itu bagi orang yang melakukan diet akan senang, sehingga kepercayaan dirinya meningkat  karena ia telah berhasil dalam menurunkan berat badan.

Lalu bagi para pria yang menginginkan otot yang lebih mengembang, setelah melakukan secara rutin latihan senam lantai, maka hasil yang didapatkan adalah otot yang lebih mengembang dari sebelumnya, hal itu pun dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi pria tersebut. Maka senam lantai mampu memberikan peningkatan dalam kepercayaan diri seseorang agar mampu lebih bisa muncul dihadapan orang banyak. (baca juga: manfaat memiliki kekuatan otot)

Diatas merupakan beberapa manfaat senam lantai yang bisa kita terapkan dalam menjaga kesehatan kita, namun hal itu perlu dibarengi dengan pola hidup yang sehat pula agar seimbang dalam menjaga tubuh kita. Semoga bermanfaat..

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 24th, June 2016 / 06:13 Oleh :
Kategori : Olahraga