Sponsors Link

5 Manfaat Senam Ketangkasan Bagi Tubuh

Sponsors Link

Senam ketangkasan adalah senam yang menggerakkan semua anggota badan untuk melenturkan tubuh, memberikan kesehatan fisik dan kekuatan pada fisik tubuh. Senam ketangkasan biasanya di lakukan diatas lantai dengan di alas pada matras. Senam ketangkasan banyak di lakukan oleh semua kalangan karena selain bermanfaat untuk kesehatan juga dapat memperindah kecantikan fisik.

ads

Baca juga :

Berikut ini manfaat yang diperoleh dengan melakukan senam ketangkasan bagi kesehatan tubuh :

1. Menyehatkan fisik

Semua orang tahu manfaat olahraga bagi tubuh adalah untuk menyehatkan fisik tubuh. Olahraga dengan senam ketangkasan salah satu manfaat membuat banyak orang beralih ke senam ketangkasan setelah tahu manfaatnya. Kesehatan fisik merupakan kesehatan yang harus di jaga dengan baik.  Senam ketangkasan ini pada awalnya  anda akan di dampingi oleh pelatih berpengalaman untuk menunjukkan posisi senam dengan benar sampai anda bisa melakukannya seorang diri. Senam ketangkasan dapat menyehatkan fisik karena semua anggota tubuh ikut bergerak mulai dari tangan, bahu, kaki, lutut mendapat bagian masing – masing. Anggota tubuh yang banyak melakukan gerakan memberi dampak yang baik untuk kesehatan.

2. Mendapatkan keindahan tubuh

Jika anda rajin melakukan senam ketangkasan anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang indah. Kalau anda seorang wanita anda akan mendapat manfaat berupa keindahan tubuh yang membuat banyak orang lain iri pada anda. Tubuh anda akan seperti model jika rajin melakukan senam ketangkasan ini. Ini karena salah satu manfaat dari senam ketangkasan adalah untuk membentuk keindahan tubuh. Tidak hanya membentuk keindahan tubuh tapi juga mempertahankan keindahan tubuh. Senam ketangkasan memperindah tubuh dengan gerakan – gerakan yang dilakukan pada senam ketangkasan. Senam ketangkasan memiliki banyak gerakan dan nanti akan dijelaskan. Anda dapat memilih senam ketangkasan dengan menggunakan bantuan alat atau senam ketangkasan tanpa bantuan alat.

3. Menghilangkan lemak tubuh

Rajin ikut senam ketangkasan dapat menghilangkan lemak pada tubuh. Jika selama ini anda begitu cemas dengan berat badan. Profesi anda menuntut anda untuk banyak duduk di depan layar komputer untuk menyelesaikan sejumlah laporan. Saat libur akhir pekan gunakan waktu anda untuk latihan senam ketangkasan. Saat anda melakukan senam ketangkasan tubuh jadi lebih banyak bergerak dan menggunakan banyak kalori sebagai  sumber energi. Kalori tersebut di bakar di dalam tubuh dan menggunakan cadangan manfaat lemak di dalam tubuh. Secara bertahap lemak di dalam tubuh ayng berlebih akan hilang dan larut di bakar untuk kalori. Jadi cobalah senam ketangkasan ini di rumah ataupun di tempat yang menyediakan jasa ini.

Artikel tekait :

4.  Kebugaran tubuh

Kebugaran tubuh sangat penting saat anda akan melakukan aktifitas sehari – hari. Kebugaran tubuh sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Senam ketangkasan membuat tubuh bugar karena manfaatnya bagi tubuh. Tubuh yang bugar memungkinkan anda untuk tampil lebih cerah dan murah senyum saat berpapasan dengan rekan kerja di suatu tempat. Setelah senam juga jangan lupa untuk minum air karena manfaat air putih sangat banyak bagi tubuh. Setelah senam dapat dipastikan anda akan merasa haus. Jangan biarkan tubuh anda mengalami dehidrasi setelah melakukan gerakan senam ketangkasan ini.

Artikel terkait :

5.  Otot tubuh menjadi kencang

Otot tubuh yang kencang sangat baik anda miliki. Semasa muda adalah waktunya untuk sadar dan belum terlambat memahami manfaat otot tubuh. Salah satu manfaat senam ketangkasan adalah untuk mengencangkan otot tubuh anda. Dengan melakukan senam ketangkasan secara rutin manfaatnya bagi otot dapat mengencangkan otot tubuh dan membentuk otot tubuh.

Artikel terkait :

Macam-macam senam ketangkasan

Senam ketangkasan atau senam lantai ini di bagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Senam ketangkasan dengan bantuan alat

Senam ketangkasan dengan bantuan alat ini biasanya menggunakan alat bantu saat melakukan gerakan senam. Senam dengan alat bantu adalah :

  • Lompat dengan kaki terbuka

Lompat ini gerakannya adalah dengan kedua kaki terbuka dan melayang di atas matras yang digunakan saat melakukan senam ketangkasan.

ads

Cara-caranya adalah sebagai berikut :

a. Melakukan pemanasan dengan lari beberap langkah ditempat.
b. Tolak kedua kaki pada papan dengan posisi lengan berada di belakang dalam keadaan bergerak ke arah depan dan belakang.
c. Kedua tangan berpusat pada kuda – kuda.
d.Padangan anda tetap ke depan dan kedua kaki di buka.
e. Saat akan mendarat pastikan ujung kaki menahan sedikit dan tangan dibukakan keatas.

  • Lompat jongkok

Lompat jongkok di lakukan dengan cara – cara sebagai berikut :

a. Lari dengan cepat dan badan sedikit membungkuk ke depan.
b. Lompatkan badan pada papan lompat sekuat – kuatnya.
c. Pastikan pandangan anda lurus kedepan dan fokus.
d. Saat akan mendarat ujung kaki duluan dan tangan ada di posisi atas.

2. Senam ketangkasan tanpa menggunakan alat

Senam ketangkasan tanpa menggunakan alat ada juga senam ketangkasan tanpa menggunakan alat. Adapun gerakan senam tanpa menggunakan alat, di antaranya guling lenting dan lompat harimau.

  • Guling lenting

Guling lenting ini merupakan gerakan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat bantu. Berikut ini langkah – langkah sebelum melakukan gerakan guling lenting :

a. Berdirilah dengan posisi tegak lurus kemudian letakkan satu kaki di depan boleh kaki kirin ataupun kaki kanan.
b. Posisi kedua tangan diangkat keatas.
c. jadikan tangan sebagai tumpuan untuk melakukan guling lenting ke arah depan.
d. Selam guling kaki dalam posisi lurus dan rapat, siku di bengkokkan dan telapak tangan berada di samping telinga anda.
e. Pendaratan dengan kaki rapat

  • Lompat harimau

Cara melakukan gerakan senam ketangkasan lompat harimau adalah sebagai berikut :

a. Kedua kaki di dorong ke arah depan  dan badan terdorong kedepan.
b. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokkan dan mendarat dengan posisi kepala menunduk dan punggung memudahkan untuk melakukan gulingan ke depan.
c. Posisi tangan sesudah melakukan guling berada lurus di depan dan pandangan mata ke depan serta fokus.

Senam ketangkasan memiliki banyak manfaat dan sudah banyak panduan untuk langkah – langkahnya.  Senam ketangkasan ini dapat dilakukan di rumah. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk pergi ke tempat fitnes.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 04:04 Oleh :
Kategori : Kesehatan