Manfaat Semangka Untuk Asam Urat Kronis

Asam Urat merupakan zat hasil dari metabolisme purina dari makanan yang kita konsumsi maupun pemecahan sel darah merah dalam tubuh. Zat asam urat dalam kondisi normal dikeluarkan oleh ginjal melalui urin, namun dalam kondisi terentu ginjal tidak dapat mengeluarkan zat ini secara seimbang. Dalam kondisi normal, zat asam urat dalam darah seorang wanita adalah sebanyak 2,4-6 mg/dl sedangkan untuk pria adalah 3,0-7 mg/dl. Pria lebih beresiko terkena penyakit asam urat dikarenakan tidak memiliki hormone estrogen yang membantu pembuangan zat asam urat melalui urin.

artikel terkait:

Sedangkan penyakit asam urat merupakan penyakit kelebihan zat asam urat dalam darah yang menumpuk dan tertimbun di bagian persendian dalam bentuk kristal-kristal sehingga menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Resiko terjangkitnya penyakit asam urat ini dapat dialami oleh orang yang mengkonsumsi makanan dengan kadar asam urat tinggi dan minuman beralkhohol, penderita obesitas, diabetes, hipertensi maupun penyakit ginjal kronik. Penyakit asam urat dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter untuk, namun alangkah baiknya apabila penderita dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh melalui diet asam urat yang salah satunya adalah dengan konsumsi buah semangka.

Mengapa Buah Semangka dapat Mengobati Penyakit Asam Urat

Semangka (citrullus lanatus) merupakan buah golongan ketimun yang berasal dari Afrika bagian selatan. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau pekat atau muda dengan larik-larik hijau tua yang keras. Daging buah semangka mengandung 90% air dan berwarna merah atau kuning tergantung dengan kultivarnya.

Selain memiliki rasa yang manis, semangka juga memiliki kandungan gizi dan fitokimia di dalamnya yang dapat membantu untuk mengobati penyakit asam urat. Semangka memiliki kandungan aktioksidan yang dikenal dengan likopen yang mudah larut dalam air dan diserap tubuh untuk membantu dalam memangkal radikal bebas sebagai sumber penyakit. Selain itu, tingginya kandungan air pada semangka ini dapat melarutkan penumpukan kadar asam urat dalam darah serta  mengurangi pembengkakan sendi penderita asam urat. Manfaat semangka untuk asam urat memiliki sifat dapat meningkatkan produksi air kencing sehingga kadar purin nantinya tidak terlalu tinggi dan dapat diturunkan secara aman serta alami.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh STIKKES YARSIS terhadap warga Dupak Bangunsari, jus semangka dapat memberikan perngaruh penurunan kadar asam urat dalam darah pada sejumlah lansia yang mengalami kadar asam urat tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pada 16 orang yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperomen. Pada kelompok eksperimen, kadar rata-rata asam urat sbelum diberikan terapi jus semangka adalah sebesar 8,9 mg/dl dan menjadi sebanyak 5,5 mg/dl setelah pemberian terapi jus semangka. Pada kelompok kontrol, kadar asam urat dalam darah ketika kelompok eksperimen diberikan terapi jus semangka adalah sebanyak 8,8 mg/dl dan menjadi 8,7 mg/dl setelahnya.

artikel terkait: manfaat oatmeal untuk asam uratmanfaat jeruk nipis untuk asam uratmanfaat daun binahong untuk asam urat


Pemanfaatan Buah Semangka untuk Penyakit Asam Urat

Untuk mengobati penyakit asam urat, buah semangka dapat dimanfaatkan melalui konsumsi secara langsung. Anda juga mengkreasikan konsumsi buah semangka untuk mengobati penyakit asam urat ini dengan membuat jus semangka yang dicampur dengan beberapa buah yang memiliki khasiat yang sama terhadap penyakit asam urat. Namun, kami sarankan kepada Anda agar tidak mencampur jus semangka Anda dengan gula maupun susu dikarenakan dapat memperlambat proses pencernaan Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam membuat jus semangka sebagai obat penyakit asam urat.

  • Siapkan buah semangka segar
  • kupas kulit buah semangka tersebut namun jangan ikut kuliti kulit buah semangka yang berwarna hijau di bagian bawahnya
  • potong kecil-kecil buah semangka
  • blender buah semangka tanpa ditambahkan dengan air namun Anda juga dapat menambahkannya dengan perasan air lemon, jeruk maupun buah sirsak
  • minum jus semangka pada saat setengah jam sebelum makan di pagi maupn sore hari secara rutin

artikel terkait: manfaat buah naga merah untuk asam uratmanfaat viostin DSmanfaat jinten hitam untuk asam urat

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah semangka untuk mengobati penyakit asam urat. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

, , , ,
Post Date: Saturday 01st, October 2016 / 11:41 Oleh :
Kategori : Buah Buahan