10 Manfaat Semangka Tanpa Biji untuk Kesehatan

Semangka tanpa biji merupakan salah satu hasil rekayasa genetik yang cukup menguntungkan petani. Pasalnya semangka jenis tanpa biji ini memiliki tingkat produksi yang lebih besar dari semangka biasa. Kultivar semangka jenis hibrida ini juga memiliki pertumbuhan yang kuat dan tidak mudah terserang jamur/fungi. (Baca Juga: Manfaat semangka kuning , Manfaat semangka untuk asam urat)

Berikut adalah beberapa manfaat semangka tanpa biji yang dapat kami ulas :

1. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi buah semangka tanpa biji ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan kandungan mineral kalium dan magnesiumnya. (Baca juga : Manfaat ketumbar untuk darah tinggi , Manfaat daun alpukat bagi hipertensi)

2. Mencegah dehidrasi

Karena kandungan air yang besar di dalam buah semangka ini, maka mengkonsumsinya dengan porsi yang tepat dapat mencegah dehidrasi. (Baca Juga: Manfaat komatsuna merah , Manfaat belimbing untuk hipertensi)

3. Memelihara kesehatan ginjal

Semangka mampu membantu memenuhi kebutuhan air did alam tubuh dengan kandungan airnya yang cukup besar dalam buah ini. Sehingga mengkonsumsi buah semangka dapat mengurangi resiko terkena penyakit ginjal. Tentu hal ini harus diimbangi dengan kebiasaan meminumair minimal 1,5 L sehari.

Baca Juga:

4. Menjaga kelembaban dan meremajakan kulit

Semangka tanpa biji memiliki kandungan lycopene yang cukup besar. Keberadaan senyawa lycopene ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi penyerapan sinar UV oleh kulit kita saat melakukan aktifitas di luar ruangan. (Baca Juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit , Manfaat Kulit Sapi)

5. Menambah kekuatan imun tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah semangka tanpa biji mampu memberikan supply kekuatan untuk imunitas tubuh kitA. Imun tubuh yang kuat akan membuat kita tidak mudah terserang penyakit. (Baca Juga: Manfaat jus strawberry jeruk , Manfaat buah kokosan )

6. Melancarkan pencernaan

Komposisi serat di dalam buah semangka tanpa biji ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Seperti yang diketahui bahwa serat sangat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar buang air besar. Sehingga resiko terkena wasir pun dapat diminimalisir. (Baca Juga: Manfaat mengkudu untuk hipertensi)

7. Menjaga kesehatan mata

Semangka tanpa biji juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup besar. Adanya vitamin A akan meningkatkan kesehatan mata kita. (Baca Juga: Manfaat vitamin A untuk mata , Manfaat teh untuk kesehatan mata)


8. Mengurangi resiko terkena diabetes

Kandungan gula yang rendah di dalam buah semangka tanpa biji, dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes karena dengan mengkonsumsi semangka tanpa biji yang rendah gula dan rendah kalori dapat menjadi alternatif pola makan sehat yang berkualitas. (Baca Juga: Manfaat buah ranti , Manfaat buah cupuacu)

9. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Buah semangka memiliki kandungan lycopene yang mampu melawan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. (Baca Juga: Manfaat kacang tanah untuk kesehatan jantung , Manfaat alpukat untuk kesehatan jantung)

10. Mengurangi morning sickness untuk ibu hamil

Mengkonsumsi buah semangka tanpa biji di pagi hari akan memberi efek segar pada ibu hamil, sehingga memberi energi dan mengurangi keluhan untuk ibu hamil khsuusnya di pagi hari atau yang biasa disebut morning sickness.

Baca Juga:

Meski buah semangka tanpa biji cukup populer dan digemari masyarakat, namun sebenarnya biji semangka memiliki berbagai kandungan zat nutrisi dan non nutrisi yang beragam seperti mineral, protein, asam lemak, folat, niacin, thiamin, tembaga, fosfor, seng, besi, mangan, kalium dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.

, ,
Post Date: Thursday 18th, May 2017 / 23:31 Oleh :
Kategori : Buah Buahan